Mobil Listrik Nissan Leaf Kini Bisa Dipesan, Ini Harganya!

by  in Mobil Baru
Mobil Listrik Nissan Leaf Kini Bisa Dipesan, Ini Harganya!
0  komentar

AutonetMagz.com – Baru kemarin akun Instagram Nissan Indonesia menebar teaser kehadiran mobil listrik mereka, Nissan Leaf. Nah, hari ini (2/8) ternyata Nissan sudah membuka pesanan untuk salah satu mobil listrik paling laris di dunia ini. Pemesanan alias pre-booking dibuka mulai tanggal 2 Agustus hingga 17 Agustus 2021, lalu bagaimana dengan harganya? Harga Nissan Leaf di Indonesia adalah sekitar 649 juta Rupiah, itu berlaku selama masa pre-booking.

Banderol Nissan Leaf tersebut otomatis menjadikannya lebih terjangkau daripada Hyundai Ioniq yang harganya sekitar 670 juta Rupiah. Selama masa pre-booking ini, Nissan menawarkan Home Charger gratis untuk setiap pemilik Nissan Leaf. Setelah cukup memperkenalkan sensasi mobil listrik melalui Nissan Kicks e-Power, Nissan Leaf pun jadi bukti keberanian Nissan menghadirkan mobil listrik murni di Indonesia. Seperti apa mobil ini?

Baterai Nissan Leaf Menghasilkan Tenaga Besar

Nissan Leaf memakai baterai lithium ion yang bobo manis di balik lantai mobil. Kapasitasnya lebih besar daripada mobil listrik buatan Korea, yakni 40 kWh. Baterai itu menyuplai listrik ke motor listrik berjenis AC3 Synchronous Motor, tenaganya 150 PS dan torsinya 320 Nm. Kami sudah pernah menguji mobil ini di sirkuit, dan kecepatan maksimal Nissan Leaf bisa mencapai 144 km/jam saat digeber habis. Akselerasi? Lari dari 0-100 kira-kira tidak sampai 10 detik.

Namun karena ini mobil listrik, yang penting untuk kebanyakan orang adalah jarak tempuhnya. Nissan Leaf bisa berjalan sejauh 311 km menurut hasil tes NEDC, cukup memadai. Urusan charging, mobil ini bisa normal charging atau fast charging. Normal charging menggunakan colokan jenis Type 2 bisa mengisi baterainya dari kosong hingga penuh dalam 11-12 jam, sementara fast charging dengan colokan jenis CHAdeMO bisa mengisi baterai dari 0 ke 80 persen dalam 40 menit saja. Oh ya, pengisian daya maksimal dengan listrik AC adalah 6,6 kW.

Fitur Andalan Nissan Leaf Bernama e-Pedal

Nissan selalu menanamkan fitur e-Pedal di mobil listriknya (dan juga di Nissan Kicks e-Power). Fitur e-Pedal memungkinkan mobil untuk bergerak dan berhenti total hanya berbekal input dari pedal gas saja. Saat fitur e-Pedal di Nissan Leaf aktif, kita bisa menjalankan mobil hanya menggunakan kaki kanan saja, tidak perlu injak pedal rem, karena saat kita lepas gas mobil akan melaksanakan regenerative braking yang bisa memperlambat laju mobil lebih baik hingga benar-benar berhenti dan mengisi ulang baterainya berkat energi pengereman.

Selain fitur e-Pedal, fitur Nissan Leaf yang lain bisa dibilang cukup normal untuk ukuran mobil modern tahun 2021. Ada cruise control, 6 buah airbag, ABS, EBD, BA, hill start assist, stability control, intelligent trace control dan rem parkir elektronik. Sayangnya, Nissan Leaf spek Indonesia belum dibekali teknologi ProPILOT Nissan yang termasuk adaptive cruise control dan lane keep assist, jadi jangan harap ia bisa jaga jarak sendiri atau memainkan setirnya sendiri saat melaju di tol.

Harga Nissan Leaf 649 Jutaan, Mobilnya Seperti Apa?

Resmi menjadi mobil listrik termurah di Indonesia, Nissan Leaf tampil sebagai sebuah hatchback bersahaja yang desainnya agak mirip Toyota Yaris, namun ukurannya setara Honda Civic Turbo atau Mazda 3. Nissan Leaf yang dijual di Indonesia bisa dibeli dengan warna bodi tunggal atau warna bodi ganda alias two-tone. Pelek Nissan Leaf berukuran 17 inci dan dibalut ban berukuran 215/50 R17. Rem depan-belakang sudah pakai cakram, lampu depan LED namun lampu belakang hanya bohlam biasa.

Interior Nissan Leaf konon memakai bahan plastik hasil daur ulang, sementara jok dan setirnya sudah dilapis kulit. Head unit Nissan Connect bawaannya sudah mendukung Apple CarPlay dan Android Auto, fitur Around View Monitor alias kamera 360 derajat pun sudah ada. Untuk mendapat posisi duduk nyaman, perlu diingat kalau setir Nissan Leaf hanya bisa diatur naik-turun dan tidak bisa diatur maju-mundur. Yaaah…

Nissan Leaf dapat memuat hingga 5 orang, tapi akan terasa lebih manusiawi jika diisi 4 orang saja. Bagasinya lega berkat kapasitas yang mencapai 435 liter, jadi sangat praktis. Urusan garansi, Nissan Indonesia memberi garansi untuk baterai Nissan Leaf selama 8 tahun atau 160.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dulu. Sip, makin seru kan kancah mobil listrik di Indonesia. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Oh iya, di bulan September 2019 lalu, kami pernah membuat video review & first drive Nissan Leaf. Ini jika ingin mengenal lebih dekat dengan mobilnya.

Read Prev:
Read Next: