Renault Kwid Automatic Akhirnya Meluncur Dengan 5 Percepatan

by  in Renault
Renault Kwid Automatic Akhirnya Meluncur Dengan 5 Percepatan
0  komentar

AutonetMagz – Renault Kwid yang baru saja diluncurkan di Jakarta pada bulan lalu, rupanya mendapatkan varian bertransmisi otomatis di negara asalnya, India. Renault melengkapi KWid dengan transmisi AMT yang mirip dengan Suzuki Karimun Wagon R AMT.

Transmisi automatic pada Renault Kwid ini berbeda dengan transmisi automatic kebanyakan yang menggunakan torque converter, Renault Kwid menggunakan transmisi AMT atau transmisi manual yang dibuat secara otomatis dengan mekanisme robot, atau dikenal dengan robotized gearbox agar harganya lebih terjangkau.

Renault Kwid

Transmisi ini merupakan pengembangan antara Bosch dan FEV yang disambungkan ke transmisi manual 5 percepatan. Berbeda dengan transmisi umumnya yang biasanya menggunakan tuas untuk perpindahan posisi. Renault Kwid justru menggunakan sebuah dial atau switch berputar untuk mengubah posisi transmisi yang terdiri dari 3 buah pilihan, mulai dari N, D dan R.

Renault Kwid yang bertransmisi AMT ini hanya tersedia dalam pilihan mesin 1.000 cc saja, untuk mesin 800 cc yang menjadi varian termurah di tersedia. Mesin 1.000 cc tersebut memiliki tenaga 68 Ps pada 5.500 Rpm dan torsi 91 Nm pada 4.250 Rpm. Mesin ini juga menjadi mesin bagi Renault Kwid yang diluncurkan di Indonesia bulan lalu.

Renault-Kwid-Belakang

Sebagai mobil Renault tersukses di India, Renault berhasil mencatatkan angka penjualan lebih dari 90.000 unit sejak September 2015 silam. Tercatat, penjualan Renault Kwid perbulannya menembus angka 9.000 hingga 10.000 unit. Sejak Kwid diluncurkan, penjualan Renault di India naik secara signifikan hingga 600 persen. Lucunya, kesuksesan Renault Kwid tidak diikuti dengan Datsun Redi-Go yang menjadi saudara kembarnya. Tercatat, Datsun Redi-GO hanya mampu terjual sebanyak 20.000 unit sepanjang  Juni hingga Oktober 2016.

Lantas, apakah Renault Kwid ini akan diluncurkan di Indonesia? Hingga saat ini belum ada kabar terbaru, karena mobil ini baru saja diluncurkan di Indonesia bulan lalu. Sebaiknya sih Renault tidak menunggu lama untuk meluncurkan mobil ini di Indonesia, karena pasti sudah banyak orang-orang yang ingin membeli Renault KW India bertransmisi automatic ini. Betul?

Read Prev:
Read Next: