Renault Arkana : Poor Man’s X4 Khusus Untuk Kawasan Asia

Renault Arkana : Poor Man’s X4 Khusus Untuk Kawasan Asia
0  komentar

AutonetMagz.com – Gelaran Moscow Auto Show 2018 tengah berlangsung, dan ada sebuah produk yang mencuri perhatian, dan produk ini adalah sebuah mobil konsep yang sudah mendekati versi produksi. Yap, mobil ini adalah Renault Arkana yang hadir di gelaran tersebut dalam status pre-production prototype dan yang menarik, mobil ini adalah sebuah Coupe SUV. Lalu seperti apa bentuknya? Mari kita bahas lebih jauh.

Dari bentuk luar, terlihat jikalau Renault Arkana mengusung bahasa desain terbaru dari Renault, apalagi di sisi depan yang menggunakan lampu ala Renault Koleos. Renault mengatakan bahwa Renault Arkana sendiri merupakan sebuah gabungan antara nilai elegan dari sebuah saloon, dan ketangguhan sebuah SUV, apakah begitu menurut kalian? Kembali ke selera masing – masing. Namun secara keseluruhan kami akui tampilan Renault Arkana memang cukup oke, bak sebuah BMW X4, namun dengan harga yang lebih murah tentunya sehingga tak salah bila mobil ini disebut sebagai Poor Man’s X4. Di sisi depan, tampilan paling menarik mobil ini terlihat dari grille yang seolah menyambung dengan lampunya dan membentuk sebuah lengkungan yang cantik. Bumper depannya tak neko – neko, dengan detail yang bagus dan laburan warna silver, plus skid plate berwarna silver di sisi depan. Kap mesinnya terlihat berotot dengan lekukan – lekukannya.

Dari samping, mobil ini tak sepenuhnya enak dipandang, bagi beberapa orang. Bentuknya benar – benar seperti menggabungkan sebuah saloon dengan SUV, jadi bak 50% ke sisi bawah termasuk kaki – kaki dan juga penggunaan body molding-nya adalah ciri khas SUV, namun dari 50% keatas menggambarkan sebuah sedan, bak Renault Talisman tapi lebih kecil. Untuk sisi belakangnya sendiri kami no complain, karena bentuk lampunya yang menyambung ke sisi tengah dan mengapit logo-nya terlihat cantik, walaupun bumper belakangnya agak overkill dan juga kami masih curiga apakah aksen knalpot ganda tersebut asli atau palsu. Nah, Renault Arkana sendiri akan diperkenalkan secara resmi di Russia pada tahun 2019 mendatang, dan segera setelahnya akan dipasarkan di negara – negara lain di Asia, namun mobil ini tak akan menyambangi Eropa. Lho? Kenapa? Belum ada penjabaran pastinya, namun nampaknya Renault Arkana akan difokuskan di pasar Asia.

Oiya, yang menarik, Renault Arkana juga sudah dibekali dengan panoramic sunroof yang menambah kesan mevvah dari mobil ini selain velg 19 inci yang digunakan. Sayangnya belum ada foto resmi terkait interior dari Renault Arkana ini, mungkin untuk kejutan di masa depan. Lalu, mengapa pihak Renault ingin memasarkan terlebih dahulu Renault Arkana di Russia? Kenyataanya, Renault punya pangsa pasar yang bagus di Russia dengan marketshare mencapai 28% alias hampir sepertiga dari penjualan total di sana. Capaian itu terjadi berkat penjualan yang mencapai 448.270 unit sepanjang 2017 kemarin, dan pada tahun 2022 pihak Renault menargetkan Russia sebagai pasar nomor satu mereka. Sejauh ini, belum ada detil untuk spesifikasi teknis dari Renault Arkana. Renault Arkana sendiri dikembangkan oleh tim Renault Russia, dan nampaknya akan diproduksi di pabrik Renault di Moscow dimana mereka juga memproduksi Renault Captur.

Jika benar, bisa jadi Renault Arkana akan berbagi platform dengan crossover Renault yang punya sistem gerak AWD tersebut. Nah, kita tunggu saja seperti apa sosok Renault Arkana versi produksi nantinya. Karena pihak Renault menyebutkan akan berfokus di Asia, maka kita bisa lah sedikit berharap SUV Coupe ini untuk mampir di Indonesia kelak. Bagaimana menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian.

Read Prev:
Read Next: