Setir Bermasalah, Renault Kwid Direcall di India

Setir Bermasalah, Renault Kwid Direcall di India
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah beberapa lama kita tak membahas perkara recall sebuah mobil, kini sebuah isu recall kembali berhembus dan tentunya menarik untuk kita bahas lebih lanjut. Isu recall kali ini berhembus dari India, namun bukan menyangkut mobil merk lokal India, melainkan salah satu pabrikan asal Eropa yaitu Renault. Yap, Renault harus mengumumkan kampanye recall untuk salah satu produknya yaitu Renault Kwid karena ada masalah pada bagian setirnya.

Renault India sendiri diketahui melakukan recall pada Renault Kwid melalui surat yang dikirimkan pada konsumennya. Kami melampirkan foto dari surat yang kami kutip dari TeamBHP yang dikirimkan oleh seorang pemilik Renault Kwid bernama Abhinav Rohatgi. Dalam surat tersebut, pihak Renault India mengabarkan pada sang pemilik mobil untuk mengikuti kampanye recall secara sukarela karena adanya masalah di bagian steering rack. Selain memberitahukan adanya kampanye recall, pihak Renault India juga memberikan rekomendasi dealership Renault India terdekat dengan posisi dari sang konsumen.

Walau sudah menyebar surat mengenai kampanye recall, hingga kini Renault India masih belum merilis secara resmi berapa banyak Renault Kwid yang terdampak masalah yang sama. Sejauh ini, mencermati dari surat yang disampaikan, unit Renault Kwid yang bermasalah dengan steering rack-nya tersebut adalah Renault Kwid dengan varian mesin 800cc. Apakah masalah ini juga berpengaruh dengan Renault Kwid bermesin 1.000cc? Kita tunggu saja rilis resmi dari Renault India. Namun di India sana, Renault Kwid merupakan salah satu tulang punggung penjualan Renault India. Bahkan tak hanya sebagai tulang punggung, mobil ini juga mencatatkan penjualan yang signifikan.

Di India, Renault Kwid terjual sebanyak hampir 30.000 unit setiap bulannya, hampir tiga kali dari penjualan Toyota Avanza di Tanah air. Angka tersebut bisa diikuti oleh Maruti Suzuki yang menempatkan Maruti Alto di angka 20.000-an unit per bulannya. Tentunya jika ada masalah terkait Renault Kwid, bisa jadi jumlah yang harus di-recall tidaklah sedikit. Pihak Renault India sendiri belum merilis pula masalah apa yang terjadi di steering rack mobil ini. Dan jika melihat sejauh ini varian yang di-recall adalah varian bermesin 800cc, maka nampaknya Renault Kwid yang dijual di Indonesia masih aman dari maslaah yang sama, karena mobil yang dijual di Indonesia adalag varian bermesin 1.000cc.

Tentunya menjadi tantangan yang besar bagi Renault India untuk menjaga nama baik Renault Kwid, terlebih setelah sang jagoan menjadi salah stau mobil terlaris di India. Dan memberikan recall secara sukarela seperti ini menunjukkan bahwa mereka bertanggung jawab, bahkan pada mobil murah yang penjualannya masif seperti Renault Kwid. Bagaimana kalau menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: