R Club, Komunitas Honda Civic Type R Invasi Sirkuit Sentul

R Club, Komunitas Honda Civic Type R Invasi Sirkuit Sentul
0  komentar

AutonetMagz.com – Ada yang sedikit beda di sela-sela seri terakhir Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) pada tanggal 26 November 2017. Terlihat, ada delapan Honda Civic Type R yang sudah membentuk R Club mengadakan National Gathering pertamanya dengan melakukan Sunday Track Day dengan Civic Type R mereka di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor. FYI, R Club adalah nama komunitas para pemilik Type R.

R Club sendiri baru resmi dideklarasikan pada tanggal 5 November 2017, bersamaan dengan penyerahan 7 unit Honda Civic Type R dari Honda. Komunitas ini didirikan oleh Luckas Tjandra dan komunitas ini menjadi wadah untuk melakukan berbagai kegiatan positif dan memperluas jaringan pertemanan. Sementara, yang terlihat hanya Civic Type R FK8, namun entah kalau komunitas ini mau menerima pemakai Type R lain seperti Integra Type R, Accord Euro R atau Civic Type R generasi lawas.

Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Terlibatnya R Club di ajang ISSOM merupakan wujud dukungan kami terhadap komunitas, sebagai salah satu konsumen yang loyal terhadap produk Honda. Uji coba di sirkuit ini juga membuktikan ketangguhan Honda Civic Type R di lintasan balap, sekaligus memberikan unique experience bagi pemiliknya. Kedepannya kami akan terus mendukung keberadaan komunitas melalui berbagai kegiatan yang bermanfaat.”

Di Indonesia, Honda Civic Type R membukukan penjualan sebanyak 48 unit di bulan pertama penjualannya, dengan pangsa pasar 38%. Itu berarti kuota 50 unit yang dialokasikan dari Honda UK untuk Indonesia kemungkinan besar ludes tak bersisa, sebab 2 unit sisa pun pasti jadi incaran. Mungkin ini respon dari kesenangan para enthusiast driver yang menunggu Type R hadir resmi di Indonesia sejak muncul Type R pertama via NSX-R.

Namun perjalanan Honda Civic Type R di Indonesia bakal menemui beberapa rival kuat. Kami tidak membicarakan mobil sport murni seperti Toyota 86 atau Mazda MX-5 karena beda konsep, mereka sportscar murni sementara Civic Type R adalah hot hatchback. Kami berbicara rival dari Eropa semisal VW Golf GTI, Mercedes AMG A45 atau Renault Megane RS. Bagaimana opinimu andai Type R dihadapkan dengan hot hatchback Eropa lain? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: