Honda Civic Type-R FL5 Dirilis di Filipina!

by  in  Berita & Honda & International
Honda Civic Type-R FL5 Dirilis di Filipina!
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah memulai debutnya di Vietnam, Honda Civic Type-R generasi keenam (FL5) memulai debutnya di Filipina. Tepatnya di Showroom Karrera di Alabang, dimana Honda Cars Philippines (HCPI) meluncurkan Civic Type R (FL5) pada 19 Januari lalu. Entah mengapa pasar dengan setir kiri lebih cepat kebagian dibandingkan negara ASEAN lainnya yang bersetir kanan – padahal sama seperti Jepang. Sementara yang di Thailand International Motor Expo (TIME) 2022 itu hanya dipajang saja, belum diluncurkan resmi.

Hanya ada 40 Unit Kloter Pertama!

Saat Honda Cars PhiIipines meluncurkan Honda Civic Type R, mereka juga mengumumkan harganya yang dibanderol PHP 3.880.000 (Rp 1,06 miliaran). Yang berarti lebih mahal PHP 900.000 (Rp 246 jutaan) lebih mahal dibandingkan dengan Honda Civic Type R (FK8) pada tahun 2017. Saat ini, Honda sudah membukukan lebih dari 100 pesanan bahkan sebelum peluncuran resmi dari Honda Civic Type R FL6. Dan hanya ada 40 unit di batch awal, 39 akan dijual umum, dan satu unit akan digunakan sebagai press car.

Dikutip dari Autoindustriya, Masahiko Nakamura selaku presiden Honda Cars Filipina mengatakan mereka sudah membicarakan untuk unit gelombang kedua dari Jepang. Berbeda dengan FK8 yang dibuat di pabrik Swindon, Inggris yang sekarang sudah tidak beroperasi, FL5 dibuat di Saitama, Jepang. Kekurangan suku cadang membuatnya sulit. Baru hari ini diketahui bahwa Honda telah menutup sementara order book Civic Type R di Jepang karena tingginya permintaan.

Target Selanjutnya Lebih Banyak

Tentu saja, Honda Cars PhiIipines akan menargetkan batch berikutnya yang lebih banyak. Nakamura mengatakan sekitar dua kali lipat batch awal. Itu berarti ada sekitar 80 unit jika mereka dapat diberikan alokasi tersebut. Itupun belum bisa memenuhi permintaan di batch satu yang mencapai 100 pemesanan. Sepertinya praktek goreng-menggoreng harga juga akan terjadi disana, bahkan mungkin sampai dua kali lipat dari harga beli.

Bagaimana dengan kondisi di Indonesia? Honda pertama kalinya menjual Civic Type-R secara resmi pada generasi FK8 dengan memperkenalkannya pada IIMS 2017 lalu. Untuk generasi sebelumnya biasanya merupakan eks. dagangan importir umum. Sejauh ini belum ada kabar bahwa Honda Indonesia akan memboyong mobil ini secara resmi. Namun bila dalam waktu dekat ini ada importir umum yang menjualnya sepertinya not surprised. Selama harganya tidak berbeda jauh dengan negara-negara tetangga dan bisa dijual lebih tinggi lagi.

Bagaimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar.

Read Prev:
Read Next: