Honda Insight 2019 Diresmikan, Berniat Halau Laju Prius?

Honda Insight 2019 Diresmikan, Berniat Halau Laju Prius?
0  komentar

AutonetMagz.com – Saat Toyota melenggang di segmen mobil hybrid dengan meluncurkan Prius, Honda berusaha mengikuti jejak yang sama melalui Honda Insight. Sayangnya, mobil hybrid Honda itu hanya mampu mengekor Prius seujung kuku saja, tak banyak yang benar-benar mau melirik Insight ketimbang Prius. Hasilnya, sementara Prius lanjut sampai generasi terbaru, Insight malah sempat stop produksi karena penjualannya menyedihkan.

Mencegah hal yang sama terulang kembali, Honda Insight 2019 akhirnya diperkenalkan kembali untuk menjadi sedan hybrid baru Honda. Bicara penampilan, mobil ini sudah melangkah ke bentuk yang jauh lebih baik daripada Insight lama yang aneh. Detail desain Insight mengacu ke Honda modern, khususnya muka Solid Wing Face, lampu LED pipih di depan-belakang dan garis rendah atap seperti coupe bisa dilihat di mobil ini.

Jujur saja, kami merasa mobil ini malah lebih ganteng daripada kakaknya, Honda Accord. Posisi Honda Insight sendiri nanti akan duduk di atas Civic namun di bawah Accord. Interior Honda Insight diklaim berbahan soft touch dan punya jahitan asli, dengan desain yang condong ke Accord. Fitur standar untuk pasar Amerika Serikat sudah termasuk paket safety Honda Sensing yang mencakup seabrek fitur keselamatan aktif maupun pasif, plus ada Apple CarPlay dan Android Auto.

Karena Insight diposisikan untuk mengganggu Toyota Prius, Honda memberikan mesin hybrid generasi ketiga dengan kombinasi mesin 1.500 cc bersiklus Atkinson, 1 motor listrik dan baterai lithium-ion. Tenaga maksimal Honda Insight ada di kisaran 151 hp dan torsi 267 Nm. Meski Insight berbagi platform dengan Civic Turbo, Honda sengaja memberikan mesin hybrid buat Insight saja, tidak buat Civic. Oh ya, selain Insight, Accord juga ada varian hybrid.

Honda Insight ini akan punya 3 mode berkendara (Normal, Econ, Sport), dan Honda mengklaim kalau Insight 2019 bisa menghasilkan efisiensi sebesar 55 MPG. Kalau dikonversikan, 55 MPG Amerika Serikat itu sekitar 23,3 km/liter. Harganya belum diumumkan, tapi dipastikan di antara Civic dan Accord dan produksinya akan berlangsung di pabrik Honda di Indiana, tempat CR-V dan Civic Turbo diproduksi. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: