Produksi Mobil Listrik Volkswagen di China Resmi Dimulai

Produksi Mobil Listrik Volkswagen di China Resmi Dimulai
0  komentar

AutonetMagz.com – Pada penghujung bulan Oktober silam, kami sempat mengabarkan bahwa ada 2 pabrik yang sedang dipersiapkan oleh pihak Volkswagen di China untuk memproduksi mobil listrik mereka. Nah, tak butuh waktu lama bagi pabrikan paling laris di China ini untuk merealisasikan rencana tersebut, karena baru – baru ini salah satunya sudah resmi beroperasi. Pabrik SAIC-VW di Anting, China telah resmi memulai produksi mobil listrik mereka.

Mengutip informasi via PaulTan, pabrik Volkswagen yang digarap bersama dengan JV mereka yaitu SAIC di Anting, China adalah pabrik yang khusus dibangun untuk memproduksi mobil listrik dengan teknologi Modular Electric Drive Matrix (MEB) lansiran Volkswagen AG. Nah, tahap pre-produksi dari pabrik Volkswagen di Anting sendiri sudah dimulai, dengan fokus utama untuk memproduksi mobil Volkswagen I.D. pertama yang dikhususkan untuk pasar China. Sedangkan untuk model lain yang juga menggunakan platform MEB sendiri baru akan diproduksi di bulan Oktober 2020 mendatang.

Herbert Diess, Petinggi dari Volkswagen menyebutkan bahwa pihaknya memiliki target untuk meningkatkan volume mobil listrik hingga mencapai 22 juta unit di seluruh dunia per tahun 2028 mendatang. Nah, dari angka tersebut, pihak Volkswagen menargetkan China bakal menyokong 50% dari keseluruhan, yang mana angka tersebut jelas sangat besar. Namun, Herbert Diess cukup optimis, bahkan menyebutkan bahwa pasar China adalah pasar yang krusial bagi strategi elektrifikasi milik Volkswagen. Pasar otomotif China disebut akan mengambil bagian terpenting untuk mewujudkan target carbon neutral di tahu 2050 mendatang.

Pabrik Volkswagen di anting ini juga akan menjadi rumah bagi 15 model mobil berbasis MEB pada tahun 2025 mendatang, yang tentunya tak hanya berasal dari Volkswagen saja tapi dari beberapa merk di bawah naungan VW Group. Seperti yang kami sebut di awal, Pabrik di Anting hanya salah satu dari 2 pabrik mobil listrik VW di China. Pabrik lain adalah hasil kolaborasi antara Volkswagen dan FAW yang berlokasi di Foshan, China. Kolaborasi antara dua pabrik dari Volkswagen ini diklaim akan menghasilkan 600.000 unit mobil per tahunnya dalam kapasitas maksimal. Pabrik di China ini juga akan menyokong pabrik mobil listrik Volkswagen di Jerman yang juga baru diresmikan.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: