Penjualan Global Toyota Kembali Jadi Yang Terbanyak, Volkswagen Group Berusaha Keluar Dari Krisis

Penjualan Global Toyota Kembali Jadi Yang Terbanyak, Volkswagen Group Berusaha Keluar Dari Krisis
0  komentar
penjualan-toyota-lawan-volkswagen

AutonetMagz.com – Toyota boleh berbangga diri. Raksasa otomotif dari Jepang itu sudah mengeluarkan angka penjualan resmi mereka dari bulan Januari hingga September 2015. Secara global, mereka meraih penjualan sebanyak 7.498.000 unit mobil, melebihi VW yang hanya bisa menjual 7.430.800 unit dalam periode yang sama. Sebelumnya, antara Toyota dan VW Group penjualannya selalu susu bubuk (susul-susulan gebuk-gebukan).

Tapi untuk sekarang, sepertinya Toyota tidak mengalami kesulitan berarti untuk menyalip angka penjualan VW Group. Jelas, VW Group sedang tidak berdaya, mereka terlilit kasus dieselgate yang menyebabkan turunnya citra merek, anjloknya nilai saham dan penjualan makin tersendat. Jadi mudah saja bagi Toyota untuk berakselerasi.

lini-toyota-hybrid-jepang

Meski begitu, penjualan Toyota dan VW tahun ini sebenarnya menurun 1,5% dibanding tahun lalu. Padahal, jumlah produksi kendaraan Toyota secara global di bulan September mencapai 921.589 unit, naik 0,5% dari tahun lalu. Itu pun belum ditambah dengan produksi dari Daihatsu dan Hino. Rupanya memang penjualan mobil tahun ini agak kurang bersemangat ya dibanding tahun 2014.

Soal kasus dieselgate, Bloomberg melaporkan bahwa menurunnya penjualan Volkswagen di pasar terbesar mereka, China juga berkontribusi dalam total angka penjualan mobil-mobil VW Group. Di negeri tirai bambu itu, penurunan mencapai 7,4% dalam waktu 9 bulan pertama di tahun 2015.

vw-polo-tsi

Berbicara soal publikasi bisnis, analis otomotif bernama Koji Endo dari Advanced Research Japan berkata,”Tahun ini Toyota bakal jadi nomor satu.” Tambahnya,”VW bakal menjumpai kesulitan dalam penjualan akibat skandal yang mereka buat, khususnya di Eropa dan Amerika Serikat. Saya pun tidak merasa kalau pasar di China bakal pulih dalam waktu yang cepat.”

Wah, selamat ya Toyota, sudah berhasil menyalip raksasa otomotif Jerman lagi. Untuk VW, segeralah selesaikan kewajiban recall dan bangun kembali citra mereknya, supaya persaingan tetap seru dan bisa menyalip Toyota lagi. Bagaimana pendapatmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: