Volkswagen Inggris Nyatakan Mesin Bensin, Diesel V6 dan V8 Bebas Dari Software Licik Pengecoh Emisi

by  in Audi&Berita&International
Volkswagen Inggris Nyatakan Mesin Bensin, Diesel V6 dan V8 Bebas Dari Software Licik Pengecoh Emisi
0  komentar
vw-golf-gti-mk7

AutonetMagz.com – Seraya penemuan software yang mampu memanipulasi emisi pada kondisi tes gas buang pada mesin diesel EA189 milik VW, mesin-mesin lain yang berukuran lebih besar praktis jadi perhatian juga, karena bukan tak mungkin mereka memakai sistem licik serupa. Kemarin VW sudah meminta maaf atas tindakannya, dan sekarang recall terhadap mesin yang bermasalah sedang dilangsungkan.

Di sela-sela polemik dieselgate ini, rupanya ada secercah kabar baik. VW Inggris mengajukan pernyataan bahwa mesin diesel TDI berkonfigurasi V6 dan V8 berikut mesin-mesin bensin mereka bersih dari software jahat yang membuat mesin bisa berbohong saat uji emisi. Dengan demikian, bisa diasumsikan kalau model-model Porsche yang kerap memakai mesin besar bebas dari kasus dieselgate.

porsche-cayenne-2015

Menurut hasil dari investigasi internal, hanya mesin EA189 berspesifikasi 2.000 cc 4 silinder turbo diesel berstandar Euro 5 yang disisipi software tadi. Di model-model Volkswagen, mesin ini menghuni engine bay milik Golf Mk6, Passat generasi ketujuh, Tiguan generasi pertama dan lain-lain. Akan tetapi, mesin baru yang berstandar Euro 6 dinyatakan bebas dari isu miring ini.

Seperti yang kita tahu, sebanyak 11 juta model VW yang berkeliaran di seluruh dunia harus menghadapi recall untuk membereskan masalah ini. Lebih jelasnya, ada 5 juta mobil dari VW, 2,1 juta mobil dari Audi, 1,2 juta mobil dari Skoda, 700.000 mobil dari SEAT dan sekitar 1,8 juta kendaraan komersil.

audi-rs3

Di samping recall, Volkswagen juga harus memberikan solusi teknis sebagaimana dituntut oleh pemerintah Jerman pada bulan Oktober ini. Volkswagen juga sudah meluncurkan website khusus untuk menjawab FAQ soal dieselgate, recall dan penanganannya. Kita bisa pegang omongan Volkswagen, toh mereka sudah minta maaf dan bertanggung jawab, tapi kalau mesin-mesin yang katanya “bersih” setelah diuji ternyata “kotor”, awas saja ya.

Bagaimana pendapatmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • evjeth

    sekotor-kotornya mesin diesel disana masih kotoran mesin diesel angkutan umum jakarta lha wkwk

  • zul ari

    disana mesin diesel euro5 aja masih kurang bersih….lha di indonesia diesel kopaja yang asepnya banyak masih bisa seliwiran di jalan