VW Siapkan 2 Pabrik Khusus Untuk Produksi Mobil Listrik di China!

VW Siapkan 2 Pabrik Khusus Untuk Produksi Mobil Listrik di China!
0  komentar

AutonetMagz.com – Pada tahun 2018 silam, Volkswagen kembali dinobatkan menjadi pabrikan paling laku di China berkat kerja keras dari dua Joint Venture mereka, SAIC-VW dan FAW-VW. Gabungan keduanya membuat VW berhasil menghasilkan pendapatan dari jutaan unit mobil yang terjual dalam 1 tahun hanya di China saja. Nah, capaian ini tidak membuat pihak Volkswagen berpuas diri, malahan ada sebuah rencana ambisius lainnya yang baru – baru ini bocor ke publik.

Mengutip informasi via Reuters, Volkswagen dikabarkan sedang mempersiapkan 2 pabrik perakitan khusus di China yang akan bertugas untuk khusus memproduksi mobil listrik. Nah, menariknya, kedua pabrik ini akan mulai beroperasi pada tahun depan, dan per tahunnya mampu memproduksi sekitar 600 ribu unit kendaraan. Kedua pabrik perakitan ini berada di daerah Anting dan daerah Foshun. Pihak Volkswagen juga sudah memperlengkapi kedua pabrik ini dengan teknologi yang mumpuni sehingga keduanya bisa langsung beroperasi dengan maksimal ketika nantinya mulai memproduksi mobil.

Nampaknya, langkah yang dilakukan oleh Volkswagen ini bukan semata – mata untuk menggenjot penjualan mobil listrik di China yang sedang naik daun. Hadirnya Tesla dengan Gigafactory-nya yang mampu memproduksi 500 ribu unit kendaraan per tahun agaknya memberikan Volkswagen sedikit kegelisahan. Oleh karenanya, pihak Volkswagen nampak tidak mau tanggung – tanggung dalam menerapkan strategi mereka. Pabrikan asal Jerman ini juga diperkirakan sudah menghabiskan dana yang besar untuk mempersiapkan kedua pabrik di China ini. FYI, Volkswagen sendiri memang sedang giat mengubah fasilitas produksi yang mereka milik.

Fasilitas produksi yang mereka miliki perlahan mulai dialihfungsikan untuk memproduksi mobil listrik, ketimbang mobil ICE. Investasi yang digelontorkan oleh Volkswagen mencapai 33 Milyar USD untuk mewujudkan strategi e-mobility mereka di tahun 2023 mendatang. Nah, salah dua fasilitas yang juga akan dialih-fungsikan menjadi produsen mobil listrik adalah pabrik di Hanover dan Zwickau. Selain itu, pabrik Volkswagen di Emden dan Dresden di Jerman, lalu Mlada Boleslav di Ceko, dan Chattanooga di USA juga akan dialih fungsikan menjadi pabrik mobil listrik.

Tujuannya jelas, yaitu target untuk menjadi produsen mobil listrik nomor 1 di dunia pada tahun 2025 mendatang. Ambisius? Iya, tapi karena mereka mampu dan mau berinvestasi. Jadi, kita tunggu saja ya, kawan.

Read Prev:
Read Next: