Toyota Yaris Gunakan Mesin Baru 3NR-FKE di Thailand

Toyota Yaris Gunakan Mesin Baru 3NR-FKE di Thailand
0  komentar

AutonetMagz.com – Toyota Yaris sedan menjadi salah satu produk yang cukup penting di pihak Toyota Thailand. Alasannya cukup sederhana, karena mobil yang di sana memiliki nama Toyota Yaris Ativ ini masuk dalam skema Thai Eco Car. Artinya, Toyota Yaris Ativ bak menjadi LCGC-nya Toyota Thailand dengan mesin yang efisien, dan harga yang murah meriah berkat adanya insentif. Nah, baru – baru ini, pihak Toyota memberikan dapur pacu baru bagi Toyota Yaris Ativ, mari kita bahas.

Sebelumnya, Toyota Yaris Ativ menggunakan mesin berkode 3NR-FE dengan kubikasi 1.200cc dan dukungan teknologi Dual VVT-i. Tak asing dengan kubikasi dan kode mesin tersebut? Jelas saja, karena mesin lawas milik Toyota Yaris Ativ tersebut juga dijadikan basis oleh mobil ‘murah’ dari grup Astra di Indonesia, seperti Astra Daihatsu Sigra, Astra Daihatsu Ayla, Astra Toyota Agya, dan juga Astra Toyota Calya. Hanya saja, ada sedikit perbedaan spesifikasi dengan kuartet LCGC milik Astra tersebut dan membuat kode mesin berubah menjadi 3NR-VE. Lantas, apa kode mesin baru dari Toyota Yaris Ativ?

Jadi, Toyota Yaris Ativ terbaru menggunakan mesin 3NR-FKE. Untuk kalian yang sudah menghafal kode – kode mesin dari Toyota, maka kalian jelas tahu bahwa FKE adalah kode untuk mesin dengan atkinson cycle. Dan benar saja, mesin baru dari Toyota Yaris Ativ ini memang menggunakan teknologi tersebut dengan bantukan teknologi VVT-iE. Beberapa ubahan yang muncul jikalau dibandingkan dengan 3NR-FE adalah peningkatan rasio kompresi yang awalnya 1:11,5 menjadi 1:13,5. Sedangkan tenaga yang dihasilkan pun naik dari 88 PS menjadi 92 PS. Sedangkan torsinya naik menjadi 109 Nm pada 4.400 rpm.

Sebagai catatan, pihak Toyota Thailand juga memberikan ubahan di sisi fitur dan trim. Toyota Yaris Ativ kini hanya memiliki 3 trim, dari yang sebelumnya ada 5 trim. Sedang fitur, kini mobil ini mendapatkan push start stop button, dashcam di sisi depan dan belakang, head unit baru, dan juga opsi untuk menambah body kit menjadi versi GT Edition dengan biaya 7.000 Baht. Mesin 3NR-FKE sendiri adalah mesin yang sepenuhnya baru dan mobil ini menjadi yang pertama menggunakannya. Bisa jadi, mesin ini akan menjadi masa depan bagi dapur pacu mobil Eco seperti mobil – mobil di segmen LCGC di Tanah air.

Bagaimana kalau menurut kalian, kawan? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: