Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Baru Mitsubishi Indonesia

by  in Berita&Mitsubishi&Nasional
Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Baru Mitsubishi Indonesia
0  komentar

Jakarta, AutonetMagz – Dengan dinamika pasar otomotif Tanah air yang berjalan dinamis, tentu pabrikan otomotif di Indonesia harus terus berkembang dan berinovasi. Teknologi dan juga sarana diperlukan guna mendukung proses produksi tiap pabrikan, tak terkecuali Mitsubishi Indonesia di bawah PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI). Dan terbaru, Mitsubishi Motors Indonesia meresmikan bengkel baru mereka per tanggal 25 april 2017 lalu. Acara ini pun cukup mengundang perhatian, karena turut dihadiri orang nomor satu di NKRI, yaitu Bapak Presiden Joko Widodo.

Selain Bapak Presiden Jokowi, hadir pula Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto, lalu Carlos Ghosn, Chairman of Mitsubishi Motors Corporation (MMC), dan Osamu Masuko selaku CEO MMC. Pabrik baru ini sendiri berlokasi di Greenland International Industrial Center Deltamas yang berada di Kabupaten Bekasi. Pabrik ini sendiri memakan waktu pembangunan selama 2 tahun sejak 2015 lalu, dan menghabiskan dana sebesar 65 miliar yen atau jika kita kurs-kan ke rupiah, maka menyentuh angka 7,76 triliun rupiah.

Nantinya, pabrik Mitsubishi ini akan menjadi wadah bagi 3000 orang karyawan per maret 2018 nanti, yang akan menghasilkan kendaraan sebanyak 160.000 unit per tahun. Pabrik dengan luas 30 hektar ini sendiri akan memproduksi jagoan utama Mitsubishi di segmen SUV, yaitu Mitsubishi All New Pajero Sport CKD. Selain itu, kendaraan niaga Mitsubishi, yaitu Mitsubishi L300 juga akan diproduksi di pabrik ini. Dan terakhir, calon LMPV Mitsubishi berbasis XM Concept juga nantinya ikut dilahirkan di pabrik yang aktivitas produksinya sudah dimulai per bulan April 2017 ini.

Peresmian pabrik ini juga menjadi tonggak bahwa Mitsubishi Motors Corporation serius dalam strateginya untuk mengembangkan bisnis di kawasan ASEAN. Hal ini pun didukung oleh aliansi Renault – Nissan yang memiliki saham 34% di MMC. Carlos Ghosn sendiri menyatakan bahwa pihaknya cukup percaya diri di pasar Indonesia dan ASEAN dengan pembukaan pabrik ini. Sedangkan Osamu Masuko mengamini hal tersebut dengan mengatakan bahwa pabrik tersebut membuat pihaknya tergerak menjadi pemimpin pasar, utamanya di segmen SUV ladder frame.

Dengan jumlah penduduk yang besar, dan rasio kepemilikan kendaraan bermotor yang diperkirakan akan bertumbuh dengan cepat, maka Mitsubishi Motors Indonesia pun percaya diri dengan kekuatan terbarunya ini. Dan yang paling dekat, yang bisa dirasakan konsumen tentu adalah Mitsubishi All New Pajero Sport lokal yang tentu biaya produksinya bisa ditekan lebih minim. Jadi, Mitsubishi telah serius menggarap pasar Indonesia, dan tentu menjadi warning untuk pabrikan lain yang produknya juga head-to-head  dengan prosuk pabrikan asal Jepang ini. Bagaimana tanggapanmu terkait hal ini? sampaikan komentarmu di bawah ya.

Read Prev:
Read Next: