Porsche : Semua Porsche Akan Tetap Menghadirkan Setir dan Pedal

by  in International&Porsche
Porsche : Semua Porsche Akan Tetap Menghadirkan Setir dan Pedal
0  komentar

AutonetMagz.com – Mungkin agak lucu membacanya, memangnya mobil apa yang nggak ada setir dan pedalnya? Sekarang ini sih belum ada, tapi ke depannya? Ingat, semua merek mobil berlomba-lomba menghadirkan teknologi self-driving yang bikin manusia kian malas menyetir, bahkan GM sudah membuat konsep mobil tanpa setir. Apa kabar dong mobil-mobil yang memang menjual pengalaman menyetir?

Porsche berani angkat bicara untuk hal ini. CEO Porsche Amerika Utara, Klaus Zellmer berkomentar saat acara Rennsport Reunion VI kepada Motor Authority soal sistem self-driving dan kaitannya dengan Porsche. Menurut Porsche, manusia masih harus memegang tanggung jawab pada mobil yang dibawanya, makanya mereka akan tetap menghadirkan setir dan pedal sebagai sarana kendali. Bahkan konsumennya juga mintanya begitu kok menurut mereka.

Semua sistem ini membantu anda dalam situasi lalu lintas tertentu agar mengemudi bisa lebih santai, dan ada situasi lalu lintas tertentu di mana situasinya sangat tidak menyenangkan. Adaptive cruise control kami misalnya, sudah terbilang sangat canggih, dan itulah mengapa dalam situasi lalu lintas tertentu, pelanggan kami akan menginginkan mobil itu untuk mengantar mereka pulang tapi sedang tidak mood untuk menyatu dengan mobilnya,”kata Zellmer.

Tapi Porsche belum tertarik untuk membuat mobil yang full bisa nyetir sendiri. Kalau di istilah otomotif, mobil yang bisa sepenuhnya nyetir sendiri disebut autonomous vehicle level 5 yang kadang tidak perlu setir dan pedal. Porsche akan memelihara keberadaan setir dan pedal-pedal di mobilnya, supaya pemiliknya bisa mengemudikannya sesuka hatinya kalau ingin dan membiarkan sistem self-driving menunaikan tugasnya kalau sedang tidak mood.

“Kami akan pertahankan setir dan pedal, bahkan kalau bisa kami ingin mempertahankan transmisi manual supaya rasa menyatu dengan mobil dan kuasa akan pengendalian tetap mumpuni. Tapi konsumen kami mintanya lumayan. Mereka ingin mobilnya bisa dipakai jalan santai dengan cara self-driving tapi ingin tetap bisa mengontrol mobil mereka dengan tangan dan kaki mereka sendiri,” ucap Zellmer.

Namun, sebagai bagian dari Volkswagen Group, Porsche juga memiliki akses ke teknologi milik Audi yang memang jago untuk merancang sistem self-driving, yang sudah sampai sistem Level 3 yang dapat menjalankan dirinya sendiri dalam beberapa situasi tetapi masih membutuhkan driver. Porsche bisa saja pakai sistem Level 3 dan Level 4 ketika pengemudi memilih, tetapi tetap pengemudi bisa mengambil alih. Memang kalau mobil sport enaknya dibawa sendiri ya. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: