Porsche Cayenne Coupe Goyang Pasar SUV Coupe Indonesia

Porsche Cayenne Coupe Goyang Pasar SUV Coupe Indonesia
0  komentar

AutonetMagz.com – Bukan rahasia kalau segmen SUV coupe premium adalah monopoli merek Jerman di hampir seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Porsche nampaknya juga tergoda untuk terjun membuat mobil sejenis, dan maka dari itulah muncul Porsche Cayenne Coupe untuk pertama kalinya. Saat ini, Porsche Center Jakarta resmi meluncurkan Porsche Cayenne Coupe, dan yang terlihat ini adalah varian Cayenne S.

Adanya huruf “S” setelah nama Cayenne berarti ia memakai mesin yang lebih bertenaga dibandingkan Cayenne standar. Adalah mesin 2.900 cc V6 twin turbo bertenaga 440 PS dan torsi 550 Nm, lebih besar dibandingkan Cayenne biasa yang bermesin 3.000 cc V6 turbo tunggal 340 PS dan dan 450 Nm. Diperkuat dengan transmisi 8 percepatan dan penggerak AWD, akselerasi Porsche Cayenne S untuk 0-100 cukup 5 detik saja dan kecepatan maksimalnya 263 km/jam.

Meski larinya bisa sekencang itu, Porsche Cayenne Coupe tetaplah sebuah SUV besar. Muka Cayenne Coupe tak beda dengan Cayenne biasa, namun mulai dari pilar A ke belakang barulah ada perbedaan. Pilar A Cayenne Coupe lebih rebah daripada Cayenne biasa untuk menciptakan atap rendah dan penampilan sporty. Seperti SUV coupe lain, bagian atap belakang bongkok dan menukik. Yah, paling tidak jadi lebih gampang kalau mau mencuci atapnya, tidak perlu naik terlalu tinggi.

Ngomong-ngomong atap, semua Porsche Cayenne Coupe dilengkapi dengan atap panoramic sebagai standar untuk memberikan kesan lega, menetralisir efek sempit akibat ruang atap yang menukik. Sebenarnya ada Lightweight Package untuk Cayenne Coupe yang memberikan kita atap serat karbon, pelek 23 inci yang bobotnya lebih ringan dan absennya jok belakang tengah, menjadikan Cayenne yang sebelumnya 5-seater jadi 4-seater.

Namun Porsche Indonesia tidak memasangkan Lighweight Package sebagai standar karena konsumen Cayenne lebih menyukai format 5 seater. Namun pada unit ini, terpasang rem PSCB alias Porsche Surface Coated Brake yang ditandai dengan kaliper putih dan piringan cakram yang kilapnya benar-benar menyerupai cermin, jadi bisa ngaca di piringan cakramnya. Porsche mengklaim rem ini lebih awet, tidak mudah aus dan ampas debu remnya jauh lebih sedikit dibanding steel brake biasa.

Khusus untuk Porsche Cayenne Coupe, di bagian pintu bagasi terdapat spoiler yang ukurannya sangat besar kalau terbuka. Kita bisa membuka atau menutupnya sendiri via layar sentuh, tapi saat dipacu di kecepatan tinggi, spoiler ini akan terbuka lebih jauh demi membantu stablitas dan menambah gaya tekan ke bawah bagi SUV besar berbobot 2 ton ini. Animasi saat buka-turup spoiler juga tampil di layar interior.

Masuk ke dalamnya, interior Porsche Cayenne sarat akan bahan-bahan bagus dan berkualitas. Seperti biasa, anda bisa memilih kombinasi bahan dan warna apa saja jika anda berminat membeli Porsche manapun, termask Cayenne Coupe ini. Spek Indonesia sudah dilengkapi dengan Sport Chrono Package, bisa dikenali dengan adanya jam di tengah dashboard dan switch untuk mengganti mode berkendara di setir mulai dari Normal, Sport, Sport Plus dan Individual.

Untunglah pengaturan kisi AC Porsche Cayenne tidak seribet Panamera, sebab pengaturannya masih tradisional dan bukan pengaturan via layar sentuh yang merepotkan. Layar besar di tengah bisa mengatur banyak hal di samping media, radio dan Apple CarPlay, sebab ia juga bisa mengatur tinggi-rendah suspensi udara, mengaktifkan sport exhaust dan membuka-tutup spoiler. Sebenarnya kami harap kontrol mobil seperti 3 hal tadi diatur via tombol biasa, bukan layar sentuh.

Panel black gloss di tengah dengan haptic feedback untuk semua fungsi lain juga sebenarnya indah dan sedap untuk dipandang, tapi ia rentan baret jika kena kuku atau benda tajam lainnya. Sisanya, Cayenne Coupe ini masih tipikal Porsche. Posisi duduk mantap, diameter lingkar setir pas dan takometer analog besar di tengah membuat kesan sporty makin kuat. Duduk belakangnya relatif sama dengan Cayenne biasa, namun dengan ruang kepala yang sedikit berkurang.

Konsumen sudah bisa memesan Porsche Cayenne Coupe di Indonesia, dan harga awalnya mulai di atas 3 M Rupiah untuk varian Porsche Cayenne Coupe biasa yang standar, bukan yang S dan belum termasuk layanan custom pribadi Porsche Exclusive Manufaktur. Unit Cayenne S di foto ini dilengkapi berbagai fitur dan personalisasi dan harganya sudah melampaui angka 4 M Rupiah. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: