Mazda CX-5 2019 Resmi Pakai SkyActiv Turbo 230 PS!

Mazda CX-5 2019 Resmi Pakai SkyActiv Turbo 230 PS!
0  komentar

AutonetMagz.com – Dengan Mazda 6 2018 yang resmi pakai mesin SkyActiv Turbo di Amerika, adalah logis jika mengharapkan mesin sejenis turun ke Mazda-Mazda lain. Betul saja, sekarang SUV andalan Mazda yakni Mazda CX-5 kini sudah resmi memakai mesin SkyActiv Turbo. Mesin 2.500 cc 4 silinder turbo ini praktis menjadikan Mazda CX-5 sebagai yang paling bertenaga dibandingkan SUV Jepang atau Korea lain, tapi memangnya dapat berapa sih?

Mesin Mazda CX-5 Turbo bisa mendapatkan 230 PS di 4.250 rpm dan torsi maksimum 420 Nm di 2.000 rpm. Jelas bahwa di atas kertas, Mazda CX-5 Turbo bisa meninggalkan sesama SUV Jepang non premium yang tenaganya rata-rata masih belum sampai 200 PS dan mengejar SUV Premium Eropa atau Jepang dari segi mesin. Menurut tes WLTP, konsumsi bensinnya bisa meraih angka 12,6 km/liter.

Seperti Mazda CX-5 yang ada sekarang, mesin 2.500 cc 4 silinder turbo milik Mazda CX-5 Turbo dipasangkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan, tapi khusus Mazda CX-5 diesel Mazda masih menawarkan transmisi manual. Sama seperti Mazda 3, Mazda CX-5 Turbo punya G-Vectoring Control (GVC) yang bisa mengerem sedikit roda bagian luar saat mau keluar dari belokan, demi rasa berkendara yang lebih nikmat di tikungan.

Fitur GVC itu sekarang jadi standar di semua varian Mazda CX-5, nanti akan menyusul ke model-model lain. Sistem SCBS alias rem otomatis Mazda kini bisa mendeteksi pejalan kaki di malam hari dan mengaktifkan sistem remnya bila perlu. Apple CarPlay dan Android Auto sudah ada juga, termasuk sistem kamera 360 derajat. Semoga yang ini bagus, soalnya kamera 360 di Mazda 6 baru resolusinya rendah sekali.

Selain sedikit update dengan mesin turbonya yang kuat, Mazda CX-5 juga punya Exclusive Mode. Ini adalah varian baru dengan pelek 19 inci dengan cat gloss black, bahan kulit Red Nappa di kabin, trim kayu asli di interior, kaca belakang frameless, jok depan berpendingin, panel instrumen 7 inci dan lampu kabin LED. Varian Exclusive Mode ini ada dalam pilihan bensin atau diesel. Hmm… Andai Mazda sudah membolehkan mesin turbonya dijual di Indonesia…

Read Prev:
Read Next: