Otomotif Lesu, Penjualan Porsche Malah Naik 10% di 2019

Otomotif Lesu, Penjualan Porsche Malah Naik 10% di 2019
0  komentar

AutonetMagz.com – Kita bisa sepakati bersama bahwa tahun 2019 kemarin bukanlah tahunnya sektor otomotif. Walaupun ada banyak kejadian penting di sektor otomotif global dan lokal, namun penjualan otomotif di tahun 2019 terbilang lesu dan menurun dibandingkan dengan tahun 2018, walaupun tidak semuanya. Nah, salah satu pabrikan yang mencatatkan penjualan yang positif di tahun 2019 kemarin adalah merk mobil kentjang, Porsche. Alih – alih turun, penjualan dari Porsche malah melejit di tahun 2019 kemarin.

Mengutip informasi via CarAdvice, pihak Porsche berhasil membukukan peningkatan penjualan secara global di angka 10% selama tahun 2019 kemarin. Peningkatan tersebut dihasilkan dari 280.800 unit mobil Porsche yang terjual secara global tahun lalu. Tentunya kalian kepo alasan dibalik peningkatan penjualan Porsche ini kan? Alasannya sederhana, karena permintaan produk Porsche di kawasan Eropa dan Asia meningkat kuat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Secara detail, Porsche berhasil menjual Porsche Cayenne dan Cayenne Coupe sebanyak 92.055 unit, yang mana meningkat 29% dibandingkan tahun sebelumnya.

Sedangkan Porsche Macan terjual sebanyak 99.944 unit yang mana naik 16% dibandingkan dengan tahun 2018 silam. Mengapa dua nama mobil ini kami sebut? Karena keduanya merupakan penyumbang terbanyak pada total penjualan Porsche di tahun 2019 silam, dimana keduanya model ini mampu menyumbangkan sekitar 70% dari total penjualan Porsche. Sayangnya tidak ada data mengenai penjualan model lain seperti Porsche Panamera maupun si pendatang baru, Porsche Taycan. Di Eropa sendiri penjualan Porsche naik sebesar 15% menjadi 88.975 unit dalam setahun, sedangkan di Asia-Pasifik/Timur Tengah/Afrika naik 7% menjadi 116.458 unit.

Di Amerika penjualan Porsche naik 8% ke angka 61.568 unit dan terakhir di China penjualan Porsche naik 8% menjadi 86.752 unit. Salah satu petinggi eksekutif di bidang Sales & Marketing Porsche AG, Detlev Von Platen, menyebutkan bahwa pihaknya puas dengan capaian ini, yang mana menunjukkan adanya peningkatan ketertarikan konsumen atas produk mereka. Platen juga menambahkan bahwa pihaknya optimis bisa terus melanjutkan penjualan dengan angka yang lebih tinggi di tahun 2020 ini, apalagi jikalau melihat tingginya angka pemesanan dari mobil listrik pertama mereka, Porsche Taycan.

Jadi, bagaimana menurut kalian? Ternyata walaupun penjualan lesu, namun bukan berarti seluruh merk mengalami penurunan penjualan ya.

Read Prev:
Read Next: