Porsche 908-04 Concept Hadir Sebagai Perwujudan Impian Petrolhead

Porsche 908-04 Concept Hadir Sebagai Perwujudan Impian Petrolhead
0  komentar

AutonetMagz.com РKelahiran dari mobil konsep sejatinya mengacu pada grand desain dari rencana pabrikan itu sendiri, dan konsep sebagai preview dari sesuatu yang akan mereka hadirkan di kedepannya. Namun kali ini sedikit berbeda karena lahirnya konsep ini justru berasal dari tantangan  Kazunori Yamauchi, Pendiri dari Gran Turismo. Sebagai bagian dari program Gran Turismo Vision project, Yamauchi-san meminta para pabrikan untuk mendesain sebuah mobil balap GT ideal.

Porsche-908-04-vision-gran-turismo-2016-front

Umumnya permintaan dari Gran Turismo ini ditanggapi oleh para pabrikan dengan desain yang revolusioner, meski begitu tetap menggusung dari misi mereka kedepannya. Namun beda soal dengan Porsche yang tidak memberikan konsep GT Vision yang begitu radikal, Porsche malah memilih tema retro untuk sebuah mobil balap GT. Hal ini tentu menyenangkan bagi para petrolhead yang acap kali merindukan mobil GT dengan desain ala 60-70an yang sangat sleek.

Porsche-908-04-vision-gran-turismo-2016-back-lamp

Dengan proyek bernama Porsche 908-04 Vision Gran Turismo Concept, mobil yang tampilannya terinspirasi dari prototype yang dibuat oleh Gran Turismo ini digarap oleh 6 desainer independen ternama. Namun seperti yang kami singgung, apa yang ditonjolkan oleh Porsche bukanlah masa depan tapi retro alias “back to basic” project, sebuah mobil yang akan disukai oleh para maniak mobil dan petrolhead. “Genset” penggerak keenam desainer ini simpel saja, kecintaan mereka pada dunia balap.

Porsche-908-04-vision-gran-turismo-2016-race

Inspirasi yang mereka adaptasi berasal dari Porsche 908 LH 1969 yang menjadi kenamaan di dunia balap LeMans, bukan hanya dari segi tampilan, konsep mobil ini pun juga turut diadaptasi dari mobil historis tersebut. Cantiknya lagi dalam desain ini mereka memberikan sentuhan “long tail” yang menjadi ciri khas tersendiri dari balap ketahanan LeMans pada tahun itu.

Porsche-908-04-vision-gran-turismo-2016-back

Meski mengambil tema retro, desain Porsche modern tetap terasa pada konsep 908-04 Vision Gran Turismo ini, mobil ini menjadi salah satu kemasan antara gaya desain Porsche masa lampau dan masa sekarang. Selain itu dengan kemasan historis balap LeMans dari sang produsen mewah asal Jerman dipadu identitas desain, ini adalah benar-benar mobil manual (yang dirindukan oleh para antusias Porsche masa kini) dipadu dengan jiwa mekanisme mesin dan transmisi ala lampau. Entah apakah kita akan dapat melihat desain model mobil seperti ini di masa depan? Monggo berikan komentarnya di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: