Hyundai Akan Pensiunkan Penamaan Model i?

by  in  Hyundai & International
Hyundai Akan Pensiunkan Penamaan Model i?
0  komentar

AutonetMagz.com – Hyundai kalau di luar negeri, lebih tepatnya di Eropa menamakan modelnya dengan awalan huruf “i”. Contoh, Hyundai  Elantra hatchback di Eropa dipanggil Hyundai i30 yang sebentar lagi akan keluar versi N-nya untuk melawan VW Golf GTI, Renault Megane RS dan beberapa hot hatch lain. Lalu, Hyundai Tucson dipanggil ix35, Sonata dipanggil i40, Creta dipanggil ix25 dan lain sebagainya.

Pemakaian nomenklatur seperti ini mirip dengan yang dilakukan Audi, BMW, Mercedes Ben, Jaguar dan Volvo. Tapi rupanya Hyundai menganggap nomenklaturnya kurang rapi, malah lebih simpel pakai nama saja seperti Tucson, Elantra, Avega, Sonata dan Santa Fe. Menurut warta dari Go auto, Hyundai segera menyudahi pemakaian nomenklatur berawalan “i” dan menggantinya dengan nama biasa saja yang simpel.

Hyundai-i40-Station-wagon

Mengenai hal ini, adalah Scott Grant yang menjabat sebagai COO Hyundai Australia yang berbicara kepada sumber soal pembenahan ini. “Yang kita tahu, Hyundai i Series sudah sukses besar di Australia, konsumen menyukainya dan mereka sangat berarti bagi kami, tapi penamaan ini tidak akan mendunia. Cara ini tidak sukses di Eropa dan Amerika, dan karena pasar kedua region itu sangat besar dan dominan, kiblat kami akan diarahkan ke sana,” katanya.

Dengan dirapikannya nomenklatur Hyundai, ix35 jadi Tucson, i40 jadi Sonata dan lain sebagainya, tapi tidak dengan i30. Hyundai i30 generasi berikutnya akan tetap dipanggil i30 di Eropa, bukan jadi Elantra juga. Entah apa alasannya, tapi sepertinya berkaitan dengan divisi Hyundai N. Ngomong-ngomong, Hyundai i30 generasi ketiga akan muncul bulan Oktober nanti di Paris Motor Show 06, mungkin sekalian dengan versi performa tingginya, Hyundai i30 N.

Prototipe Hyundai i30 N

Padahal aneh juga, soalnya saudara sebangsa dan setanah airnya Hyundai, yakni KIa tidak punya masalah dengan penamaan. Rio ya Rio, Sportage ya Sportage, Optima ya Optima, Sorento ya Sorento, di manapun merek dijual, namanya sama. Kalaupun ada beda, sedikit saja, misal di nama KIa Picnto dan KI Morning, tapi selebihnya mereka tidak terlalu bermasalah dengan nomenklatur. Menurutmu, lebih baik Hyundai pakai nomerklatur berawalan “i” atau pakai nama biasa saja? Sampaikan di kolom komentar.

Read Prev:
Read Next: