Pilihan Tenaga Mesin KIA Sportage Mulai 115 PS Hingga 184 PS, Ada Pilihan Transmisi Kopling Ganda!

by  in Berita&International&Kia
Pilihan Tenaga Mesin KIA Sportage Mulai 115 PS Hingga 184 PS, Ada Pilihan Transmisi Kopling Ganda!
0  komentar

KIA Sportage baru 2016AutonetMagz.com – Beberapa waktu kemarin kita sudah menyimak segala detail mengenai All New KIA Sportage yang desainnya menurut beberapa orang – khususnya pembaca kami – sangat mirip dengan crossover Jerman, khususnya Porsche. Untuk hari ini, seluruh detail mengenai mesinnya sudah dirilis, dan pilihan mesinnya seperti biasa, cukup variatif dengan pilihan diesel dan bensin yang ada dalam berbagai jenis kapasitas.

Untuk yang bensin, varian permulaan adalah varian bermesin 1.600 cc tanpa turbo yang tenaganya 132PS dan torsinya 161 Nm. Mesin ini masih mesin Sportage lama sebenarnya, namun untuk sekarang sudah punya sistem auto start-stop seperti Mazda 2 atau Mitsubishi Delica. Karena mesinnya kecil, ini jelas tidak bias dipakai untuk kebut-kebutan.

interior-all-new-kia-sportage

Untungnya. KIA punya versi turbonya. Mesin 1.600 cc 4 silinder turbo T-GDI yang dipinjam dari saudaranya, Cee’d GT. Hasilnya, tenaga 177 PS dan torsi besar 265 Nm jadi jaminan, dan bias dipastikan akselerasinya bakal sip berkat torsi yang besar. Oh ya, khusus varian 1.600 cc turbo, transmisinya sudah berteknologi kopling ganda.

Di lain sisi, versi diesel entry level-nya mungkin kedengaran tak begitu wah. Varian diesel termurah mengusung mesin diesel 1.700 cc CRDi 115 PS. Jika butuh yang tenaga dan torsinya sangar, pilihlah mesin diesel 2.000 cc turbonya. Pilihan output-nya ada 2, yakni yang 136 PS dan 373 Nm serta 184 PS dan 400 Nm. Simak deh output yang terakhir, torsinya besar sekali ya? Tenaganya apalagi. Transmisinya hanya tersedia 6-speed manual atau otomatis bertipe torque converter.

kia-sportage-2016-red-rear

Selain mesin, KIA telah mengubah struktur bangun Sportage supaya lebih mantap pengendaliannya. Penggunaan sasis dengan bahan metal yang tingkat kekakuannya tinggi dalam jumlah yang lebih banyak membuat rigiditas torsionalnya naik 39% dari yang sekarang, termasuk revisi pada sistem rem, suspensi dan setir.

Bisa jadi ini hal yang bagus, karena kami memuji Sportage yang baru untuk hal kenyamanannya, tapi tidak untuk kemantapan pengendaliannya. Bagaimana menurut para pembaca, sebaiknya mesin yang mana yang pas untuk Sportage versi Indonesia? Yang kapasitasnya kecil biar pajaknya murah atau yang tenaganya badak biar puas berkendaranya? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • AUTOMOTIVE

    TENAGANYA BADAKK!!!!

  • youqhero

    Kalo aku sih “YES”…! 😀

  • farid

    tapi saya gak suka dgn kia,soalnya merek kia di indonesia suka sunat2tan dan lebih parah lagi dibanding atpm lain,malah cuma jual desain doang karena desainernya peter shcreyer kaya kia carens yg hampir disunat habis fiturnya karena alasan biar harga terjangkau.emang berapa mahal sih mobil yg dirancang desainer eropa tapi fitur lengkap sampe fiturnya disunat biar murah ?

  • antman

    penasaran dimensi live nya nih…