KIA Sportage Facelift Gunakan Mesin Diesel 1.600cc Baru

by  in Berita&International&Kia
KIA Sportage Facelift Gunakan Mesin Diesel 1.600cc Baru
0  komentar

AutonetMagz.com – Masih ingatkah kalian jika KIA baru saja memperkenalkan sosok KIA Sportage Facelift pada bulan Mei 2018 silam. Sosok KIA Sportage Facelift memang tak banyak berubah secara bentuk, namun ada beberapa detil menarik dari SUV ini di model facelift-nya. Pertama adalah adanya opsi mesin dengan teknologi mild hybrid, dan yang kedua adalah varian mesin diesel baru yang berkubikasi 1.600cc. Nah, mesin diesel mungil inilah yang akan kita bahas kali ini, cekidot.KIA Sportage Facelift mendapatkan opsi mesin diesel baru yang punya kubikasi 1.600cc. Mesin ini sendiri hadir untuk menggantikan mesin 1.700cc Diesel yang digunakan di generasi prefacelift. Nah, pihak KIA sendiri menamai teknologi di mesin 1.600cc Diesel KIA Sportage Facelift ini dengan nama SmartStream. Mesin 1.600cc SmartStream ini sendiri diklaim oleh pihak KIA sebagai mesin diesel paling bersih untuk saat ini. Selain itu, engineer dari KIA juga memberikan beberapa sentuhan magis pada mesin ini yang membuat mesin ini menjadi lebih efisien. Dan komponen yang dikerjakan ulang adalah penambahan Integrated Thermal Management System (ITMS) baru. Selain itu, mesin berkubikasi 1.600cc ini juga lebih ringan mencapai 18 kg dibandingkan dengan pendahulunya.

Mesin diesel baru KIA Sportage Facelift sendiri dijual untuk pasar Korea Selatan dan juga Eropa. Untuk mesin ini sendiri memiliki dua opsi keluaran tenaga, yaitu yang bertenaga 115 PS dan 136 PS. Kedua opsi tersebut dipadukan dengan sistem gerak roda depan yang memiliki pilihan transmisi manual dengan enam percepatan. Lalu, bagaimana dengan varian dua pedal? Pihak KIA juga memberikan opsi transmisi otomatis dengan teknologi Dual Clutch 7 percepatan, namun hanya pada varian yang bertenaga 136 PS. Di varian tersebut juga ada opsi sistem gerak AWD. Nah, untuk urusan kehematan bahan bakar, mesin baru KIA Sportage Facelift ini mampu mencatatkan capaian di angjka 16,3 km per liter dalam skema WLTP, walau pihak KIA tak merinci varian apa.

KIA Sportage Facelift sendiri akan memuai debutnya secara global dalam kuartal ketiga tahun ini, alias antara bulan Juli hingga September 2018 ini. Akankah KIA Sportage Facelift ini masuk ke Indonesia? Bisa jadi, namun tak menggunakan mesin SmartStream. Nah, sebagai bocoran, KIA Sportage Facelift sendiri akan mejeng di Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2018 mendatang. Lho? Kok bisa? Bukannya KIA Indonesia absen di gelaran GIIAS 2018? Memang KIA absen di gelaran ini, namun secara mengejutkan KIA Sportage Facelift akan dipajang di salah satu booth dari industri pendukung otomotif. Booth apa? Tunggu saja kejutannya di GIIAS 2018 minggu depan.

Nah, jadi bagaimana menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: