Teaser KIA Carens Muncul, Bakal Jadi LSUV 3 Baris?

by  in Berita&International&Kia
Teaser KIA Carens Muncul, Bakal Jadi LSUV 3 Baris?
0  komentar

AutonetMagz.com –Siapa yang masih ingat dengan nama KIA Carens? Selama beberapa tahun sejak awal 2000-an, nama KIA Carens selalu muncul di line up KIA Indonesia sebagai opsi MPV kompak dengan desain yang khas bernuansa Korea. Bahkan, KIA Carens terakhir yang dijual di Indonesia menurut kami masih menjadi salah satu MPV dengan desain yang cantik. Kali ini, nampaknya KIA ingin menghidupkan kembali sosok KIA Carens dengan komposisi yang sedikit berbeda. Sebuah teaser muncul di India, dan diduga kuat merupakan sosok dari generasi terbaru KIA Carens. Yuk kita bahas lebih lanjut.

Rilis Pertengahan Desember

Seperti yang kami ungkap di paragraf sebelumnya, KIA India baru – baru ini mengunggah sebuah teaser yang memperlihatkan sebuah mobil yang cukup bongsor dengan siluet LED DRL-nya. Nah, mobil ini dipastikan akan menggunakan nama KIA Carens, dan akan diperkenalkan secara resmi di tanggal 16 Desember 2021 mendatang. Mengutip informasi via GaadiWaadi, KIA Carens generasi terbaru akan menggunakan 2 opsi mesin, yaitu mesin 1.500cc Bensin dan mesin 1.500cc Diesel. Mobil ini sendiri sebelumnya dikenal dengan codename KIA KY. KIA Carens atau KIA KY ini sendiri kabarnya menargetkan konsumen yang membutuhkan ruang yang lega untuk memuat banyak orang. Oleh karenanya, isu yang beredar adalah mobil ini akan mengusung format 3 baris. Yap, sebuah format yang tentunya disukai oleh pasar India, dan juga tentunya pasar Indonesia. Belajar dari pengalaman KIA Seltos dan KIA Sonet, nampaknya sangat tidak mungkin bagi PT Kreta Indo Arta (KIA) untuk melewatkan sosok KIA Carens ini.

Apalagi, tahun depan saudara sebangsa dan segrupnya yaitu Hyundai juga akan memperkenalkan Hyundai Stargazer, yang kabarnya juga menggunakan platform yang sama dengan KIA Carens. Oiya, dari foto juga terlihat bahwa proporsi KIA Carens nampak lebih ke arah LSUV dibandingkan LMPV. Atau, bisa juga KIA Carens adalah LMPV dengan styling SUV. Tapi, sadarkah kalian kalau makin ke sini, segmen pasar 7 seater makin rancu antara LMPV dan LSUV? Kalau iya, maka kalian sefrekuensi dengan kami. Kembali ke maslaah KIA Carens, mobil ini nampaknya akan dibekali mesin 1.500cc naturally aspirated bensin dengan tenaga 115 PS dan torsi 144 Nm. Opsi keduanya adalah mesin 1.500cc Diesel dengan tenaga yang sama persis, namun torsi badak sebesar 250 Nm. Untuk transmisi, tentunya opsi manual dan otomatis akan hadir di KIA Carens generasi terbaru ini. Seperti apa bentuknya? Lebih baik sabar dan kita tunggu hingga tanggal 16 Desember mendatang.

Siap Masuk Indonesia?

Kalaupun nantinya All New KIA Carens diboyong ke Indonesia, maka mobil ini harus siap berdarah – darah dengan ketatnya persaingan segmen 3 baris di Indonesia. Sejauh ini, segmen ini memang paling tinggi penjualannya, paling ketat persaingannya, dan ada beberapa produk yang statusnya masih kinyis kinyis. Hadirnya KIA Carens generasi terbaru nampaknya bisa menjadi nilai tambah bagi konsumen yang ingin membeli mobil dengan 7 penumpang namun ogah menggunakan brand mainstream. Oiya, di India sendiri nampaknya All New KIA Carens baru akan dipasarkan di awal tahun 2022. Jadi, jangan teralalu berharap All New KIA Carens akan meluncur di Indonesia dalam waktu dekat. Dan kalaupun iya, bisa dipastikan statusnya adalah CBU dari India. Mampukah All New KIA Carens bersaing jikalau masuk pasar Indonesia?

Sampaikan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: