Datsun : Kami Pertimbangkan Pemakaian Transmisi AMT, Tapi ABS Nanti Dulu

Datsun : Kami Pertimbangkan Pemakaian Transmisi AMT, Tapi ABS Nanti Dulu
0  komentar
Tanggapan Datsun Indonesia mengenai karat pada Datsun GO+

AutonetMagz.com – Di Gaikindo IIAS 2015 bulan lalu, Datsun Indonesia mengumumkan kalau semua variannya kini sudah punya airbag sebagai standar, meski hanya pengemudi yang berhak atas airbag tersebut. Sepertinya karena masih pensaran dengan pergerakan Datsun ke depannya, sebuah media online langsung bertanya ke Vincent Cobee, Global Head of Datsun tentang masa depan Datsun untuk produk dan konsumennya saat bertemu di markas Nissan di Jepang.

“Ketika saya melihat kondisi jalan India saat ini, ABS tidak mengurangi jarak pengereman, dan kecepatan rata-rata sangat rendah, jadi saya rasa ABS belum perlu. Kadang-kadang di jalan, saya sangat tertarik dengan fitur keselamatan yang lebih lengkap, tapi ternyata harganya lumayan tinggi Jika Anda benar-benar ingin menghindari kecelakaan, saya tidak begitu yakin apakah ABS akan memecahkan masalah dalam kondisi India jalan yang buruk dan kecepatan rata-rata yang rendah. Tapi sangat mungkin bahwa kita menemukan solusi pada kontrol mobil – dapat disebut ESP atau VDC, ” kata beliau. Eits, bukan berarti Datsun bakal dapat ESP atau VDC lho ya.

airbag-datsun-go-panca

Pertanyaan dianjutkan, dengan membandingkan kondisi di Afrika Selatan dengan kecepatan rata-rata yang lebih tinggi dibanding India mengenai aplikasi ABS pada Datsun GO, karena dengan kecepatan yang lebih tinggi otomatis butuh peranti pengereman yang lebih sip atas dasar keselamatan. Namun Cobee berkomentar, “Saya mengerti manfaat dari ABS, tapi hari ini saya tidak yakin tentang perbandingan antara nilai dan biaya pemasangan ABS.”

Masih soal rencana Datsun ke depan, Cobee pun merespon soal pemakaian transmisi AMT pada Datsun. Ia menjawabnya secara positif, tapi ia tidak akan terlalu menaruh harapan dengan Datsun bertransmisi AMT, dengan porsi maksimal 15% dari penjualan mobil di kelasnya. Katanya, transmisi AMT memang memberikan kemudahan dan kenyamanan, tapi itu artinya kami harus bekerja lagi untuk meraih konsumen di kategori yang lain.

Ulasan Datsun GO Panca test drive LCGC

Sekedar berbagi info, transmisi AMT di Indonesia bias dijumpai pada Proton Savvy dan Suzuki Karimun Wagon R GS AGS AMT (namanya panjang banget). Kami pernah mencoba Wagon R AGS, dan jujur saja, itu bukan transmisi terbaik atau terhalus yang pernah kami coba. Tapi mengingat ongkos pembuatan AMT yang murah, lebih murah dari CVT, rasanya memang pas kalau dipasangkan di mobil sekelas Karimun Wagon R.

Bagaimana? Jadi untuk sementara Datsun belum mau meng-install ABS, tapi varian bertransmisi otomatis AMT punya harapan untuk diwujudkan di esok hari. Apa pendapatmu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • doloren

    Nasib redi go bgmn?

    • Hillarius Satrio

      nah, udah dikabari yuda tuh di artikel baru

  • imamyudha

    kesimpulannya berdasar ocehan Vincent Cobee, datsun tidak akan disiapkan untuk merek dagang kendaraan premium, & diindonesia akan selalu ditempatkan dibawah kasta nissan. gw gk ngerti kenapa harus kelengkapan safety yg di kurangin untuk mengurangi cost produksi & harga jual. kenapa gk entertainment, atau kepraktisan atau lainnya yg dikorbankan. lebih mentingin layar audio touchscreen daripada nyawa yg cuma 1 gk ada ganti.

    • 206er

      Karena itu yang diminta konsumen Indonesia.

      Ada bocoran bahwa salah satu alasan Ertiga baru abs-nya dilepas adalah karena saat survei konsumen lebih pilih airbag

      Di eropa kendaraan wajib abs+ebd, makanya di sana mobil versi terendah biasa tanpa ac, audio, power window tapi sudah abs+ebd

      Masalahnya karena infrastruktur Indonesia yang masih belum merata (masih banyak jalan berlubang/berpasir atau malah belum diaspal sama sekali yang justru berbahaya untuk penggunaan abs, contohnya di Kalimantan atau Papua yang sopir travelnya sengaja lepas modul abs

      Tapi intinya,sSelama dari pemerintah belum ada ketentuan mengenai fitur keselamatan yang wajib ada di kendaraan pasti selalu ada fitur keselamatan yang dikorbankan demi harga murah.

      • Hillarius Satrio

        jawaban mantap

      • Enrile Indro Prasetyo

        Bagusnya sih enggak dilepas semua ABS-nya, karena masih ada yang butuh ABS ini. Dibedakan trimnya aja seperti sekarang, GX (ABS+EBD), GL (non ABS+EBD) ditambahkan airbag. Biar masyarakat membeli sesuai kebutuhan.

    • Pradita Utama

      Gw pengguna Goples, entertainment sudah stripped down om. single din. Semua fitur yang “gak ada pun gpp” ya gak ada haha

      Tapi ya “what do you expect?” dengan harga segitu, secara gw pilih ekonomis dan sudah bosan dengan si kembar di jalan 🙂

  • Himawan Ulul

    cuma prasaan ane atau enggak ya?
    Datsun tuh klo di dunia smartphone ibarat Xiaomi hehe
    tp strategi bisnis datsun kurang gesit, entah krna nissan takut kesaing sma anak buah sndiri kali ya.