Piaggio & Foton Berkolaborasi Buat Pikap Berukuran Mini

Piaggio & Foton Berkolaborasi Buat Pikap Berukuran Mini
0  komentar

AutonetMagz.com – Nama Piaggio jelas adalah nama tenar yang sudah banyak dikenal oleh para pecinta otomotif dunia, sedangkan untuk nama Foton sendiri memang tak sefamiliar merk pertama, namun jika kalian mengikuti pemberitaan mengenai kendaraan niaga, maka jelas nama Foton pernah kalian dengar. Nah, bagaimana jika kedua merk ini berkolaborasi, dan menghasilkan sebuah produk di masa depan? Cekidot.

Sejatinya kolaborasi kedua merk ini bukanlah hal yang sepenuhnya baru, karena sejak 2016 silam, Foton Motor dan Piaggio Group telah meneken Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerangka Kerja secara berturut-turut. Tahap akhir dari peresmian kerja sama ini melambangkan langkah kedua pihak yang telah menuntaskan kajian kelayakan proyek dan secara resmi memasuki tahap pelaksanaan kerja sama untuk mengembangkan produk baru. Nah, Pada 15 Mei 2018 kemarin, Foton Motor dan Piaggio Group meresmikan kerja sama pengembangan kendaraan komersial berbobot ringan di Italia. Perjanjian kerja sama diteken oleh Vice President,  Foton Motor Group merangkap CEO, Foton International, Chang Rui, dan Chairman & CEO, Piaggio & C. S.p.A. (PIA.MI), Roberto Colaninno.

Kerja sama antara Foton dan Piaggio Group kali ini menjadi tonggak yang cukup penting bagi ekspansi kedua pihak di pasar otomotif Eropa. Dengan memanfaatkan peluang ini, maka Piaggio Group akan bisa mewujudkan peningkatan mutu produk kendaraan komersial di pasar Eropa. Sedangkan Foton sendiri adalah merk kendaraan komersial dengan pangsa pasar yang besar di China, dimana kesempatan ini jelas akan semakin mengembangkan sayap pabrikan ini untuk pasar yang lebih luas yaitu pasar eropa. Selain Piaggio Group, Foton Motor juga telah membentuk sejumlah usaha patungan dengan produsen terkemuka dunia, termasuk Daimler, Cummins dan ZF. Saat ini sendiri Foton Motor sedang memadukan teknologi informasi dan manufaktur serta ingin mewujudkan berbagai produk mutakhir (intelligent products), pabrik mutakhir (intelligent plants) dan manajemen mutakhir (intelligent management).

Nah, produk kolaborasi antara Merk Italia dan Merk China ini sendiri nantinya akan mengambil wujud sebuah pikap berukuran mini dengan kapasitas angkut di angka 1,5 ton saja. Produk ini sendiri dikabarkan akan siap diperkenalkan pada tahun 2020 mendatang. Piaggio sendiri punya sejarah yang panjang pula jika mengungkit masalah mobil niaga, khususnya pikap. Piaggio pernah memiliki pikap tiga roda bernama Piaggio Ape di masa lalu. Selain itu, pabrikan asal Italia ini juga pernah bekerja sama dengan Daihatsu pada tahun 1992 untuk memproduksi Piaggio Porter dengan basis dari Daihatsu Hijet generasi ketujuh yang juga kita kenal di Indonesia sebagai Daihatsu Zebra bermesin 1.300cc.

Tentunya menarik untuk menantikan produk kolaborasi kedua merk ini, apakah hanya akan menjadi model rebadge saja seperti yang terjadi pada Piaggio Porter, ataukah malah ada model yang sepenuhnya baru yang dikembangkan dari basis kendaraan niaga milik Foton, kita tunggu saja di 2020. Bagaimana menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian.

Read Prev:
Read Next: