Pesawat Penumpang Baru Hasil Kolaborasi Mitsubishi dan Toyota Mulai Mengudara

Pesawat Penumpang Baru Hasil Kolaborasi Mitsubishi dan Toyota Mulai Mengudara
0  komentar
pesawat mitsubishi mrj

AutonetMagz.com – Iya, kami tahu kok kalau kami media otomotif yang biasanya membahas mobil atau motor, tapi rasanya anda perlu tahu yang ini juga. Mitsubishi selain terkenal dengan mobilnya, mereka juga terkenal di industri perkapalan dan pesawat. Di masa perang, Mitsubishi sangat terkenal dengan pesawat tempur A6M Zero yang membumihanguskan Pearl Harbor di masa perang. Masih ada pesawat-pesawat tempur lainnya buatan Mitsubishi, yakni F-2, F-15 J dan ATD-X.

Untuk melebarkan sayap bisnisnya, Mitsubishi sekarang mencoba membuat pesawat untuk penerbangan komersial supaya tidak ketinggalan oleh Sukhoi buatan Rusia dan jet buatan China yang bisa memuat 168 orang dengan bodi sempitnya. Dengan bantuan dari Toyota Motor Corporation, Mitsubishi Aircraft Corporation meluncurkan pesawat MRJ, singkatan dari Mitsubishi Regional Jet.

pesawat penumpang mitsubishi mrj

Pesawat twin engine yang mesinnya terletak di tengah ini mampu menampung hingga 70-90 penumpang, dan kemarin baru saja menyelesaikan penerbangan perdananya dalam sesi Maiden flight dari bandara Nagoya, Jepang. “Pesawat MRJ berhasil terbang hari ini berkat kerjasama dan dukungan dari semua anggota yang terlibat,” kata Hiromichi Morimoto, Presiden Mitsubishi Aircraft Corporation.

Kami akan melakukan upaya maksimal kami terhadap akuisisi sertifikat tipe ini, memakai semua sumber daya kami untuk mengembangkan dan memproduksi pesawat jet regional terbaik untuk masuk layanan komersial pada 2017.” Perusahaan-perusahaan Jepang yang terlibat dalam proyek ini telah mengumumkan mereka akan terus melakukan tes penerbangan untuk pengiriman pertama yang dijadwalkan untuk kuartal kedua tahun 2017.

pesawat jet mitsubishi mrj

Menurut AFP, MRJ memiliki panjang sekitar 35 meter, hidung yang lancip, dan akan membawa sekitar 80 penumpang. Mitsubishi Aircraft mengklaim ia hemat bahan bakar sehingga bisa menurunkan biaya operasional, dan harus menaklukkan sektor jet regional setelah resmi masuk ke pasaran. Rencana Mitsubishi tampaknya berbuah manis sejauh ini, dengan lebih dari 400 pesanan sudah masuk ke pembukuan mereka.

Kira-kira di antara 400 pemesan itu ada maskapai yang asalnya dari Indonesia tidak ya? Ah, tapi kami jadi teringat kembali industri pesawat terbang kita yang sangat kita bangga-banggakan, karena kita mampu merakit pesawat dan helikopter dengan kualitas yang bersaing dibanding negara lain. Apa ada di antara anda yang khatam soal dunia penerbangan? Sampaikan informasi yang anda tahu atau opini anda dalam kolom komentar dan simak video pesawat Mitsubishi MRJ ini!

Read Prev:
Read Next:
  • Rudi

    Sayang turbo prop N250 mati muda sebelum berkembang, kayaknya PT DI perlu niru mitsu neh, maen jet jgn baling baling terus untuk penerus N250, bravo PT DI pasti bisa.

    • Hillarius Satrio

      N250 terakhir nasibnya ditelantarin ya?

      • farid

        Sebenarnya pesawat N250 rencananya juga diproduksi namun batal karena krisis moneter 1997.Sebenarnya pesawat ini juga lebih membanggakan karena sesuai namanya “N” yg artinya nusantara.pesawat ini asli rancangan indonesia,berbeda dgn pesawat buatan pt DI lain yg hasil kerjasama antara pt DI dgn CASA spanyol dan perusahaan lain

        • Himawan Ulul

          mungkin kalo terealisasi N250 bisa jadi LCGP (low cost green plane) ya om wkwk

      • Apri

        Masih ditelantarin, lagi fokus ke N219

      • 206er

        Ditelantarin + dipretelin (elektronik sama mesinnya harusnya masih bisa dipake lagi)

        Dulu tiap mau ke kantor selalu lewat jalan tembus yang lewat depan PTDI. Miris rasanya lihat sisa-sisa bodi+sayap N250 yang udah karatan

        N219 kalo kata Pak Habibie “mainan” soalnya kecil, tapi semoga bisa jalan terus terutama untuk bantu pengembangan Indonesia Timur

        • yudi

          Politik bro..ngganggu lapak boeing n airbus

          • 206er

            Rasanya sih ga, karena Boeing dan airbus fokus di pesawat jet kapasitas 150+

            Toh PTDI juga jadi salah satu sub kontraktor airbus

            N250 waktu itu kan distop gara2 syarat pinjaman IMF

      • Fakhri

        Iya politik, dari pesawat2 kecil, bisa merambah jadi pesawat2 besar. It means, bakal makan pangsa pasar boeing dan airbus. Apalagi dengan hak hak patennya prof habibie. Belom lagi ada atr dan bombardier yang akan kehilangan orderan (karena memang sekelas)

  • farid

    Sebenarnya indonesia gak kalah karena indonesia punya perusahaan produsen pesawat seperti pt DI,walau hanya memproduksi pesawat turbo prop namun kita harus apresiasi.tapi sayang juga pesawat N250 hanya sebatas prototipe dan gak jadi diproduksi,padahal pesawat itu spek nya cukup canggih dibanding pesawat buatan pt DI yg lain

  • rezza

    welldone.. dari tambang, alat tulis, elektronik, mobil, pesawat, satelit..
    sayang kebanyakan bisnis, mobil2nya ga diseriusin (lancer, pajero )

  • Andi

    Jadi inget sama N2130 (pesaing 737), yang dibredel sama IMF. 2130 juga jadi penyebab N250 gagal terbang..

    Dua2nya gagal gara2 Bo*ing atau Air*us ketar ketir sama PTDI….

    • hanum

      N2130 adalah pesawat jet pertama didunia yang pake winglet, habis itu ditiru sm boeing dan airbus karena winglet terbukti menghemat bahan bakar pesawat

      • sedikitt meluruskan bro. winglet tujuan utamanya sebenarnya bukan menghemat bahan bakar. tapi mengefisienkan gaya angkat dari sayap. karena sayap tanpa winglet. maka pada ujung sayap akan menghasilkan vortex (pusaran angin) yang merusak gaya angkat pada bagian ujung sayap. sehingga sayap tanpa winglet sebenarnya hanya 2/3 bagian dari sayap yg menghasilkan gaya angkat. sementara 1/3 tidak berguna karena adanya vortex ini. misal panjang sayap adalah 30 meter, maka hanya 20 meter yang menghasilkan gaya angkat. nah dengan adanya winglet. maka vortex di ujung sayap bisa diminimalisir dan hampir keseluruhan sayap bisa menghasilkan gaya angkat. jadi dengan winglet maka sayap cukup dibuat 20 meter saja (lebih pendek) tapi menghasilkan gaya angkat yang sama dengan sayap 30 meter tanpa winglet.

  • anony

    mantap lah mitsubishi…
    mulai dari pensil,penghapus,kulkas,tv,ac,mobil,kendaraan militer,bank,industri industri kimia,satelit,bahkan pesawat2 dan kapal laut….
    luar biasa besar perusahaan ini…ckckck

  • Himawan Ulul

    sory komen rada OTT, just info nih, yg mau tau keandalan psawat tempur Mitsubishi A6M Zero yg brhasil ngebom pearl harbour tonton ja film Eternal Zero. keren poolll hehe

    • anony

      Wah ga ush ditanya boss,A6M zero tuh pesawat paling mematikan bagi amerika sebelum keluar pesawat hellcat generasi baru yg kemampuannya diatas zero….dulu blom ada yg segesit dan mematikan kyk zero pasca pengeboman pearl harbour

  • Yuda48

    Tinggal nunggu kabar Honda Jet, apakah mau di kembangin bikin public passanger plane or tetep jet pribadi…. Jadi kepikiran mungkin ntar mesin jet-nya dikasih sistem hybrid biar lebih hemat avtur… :v ato mungkin ngembangin jet bahan bakar hidrogen :v

  • antman

    “Pesawat twin engine yang mesinnya terletak di tengah”…

    Engg… ini gimana ya bang maksudnya? ane mumet nih…

    • Hillarius Satrio

      karena ada pesawat yang mesin jetnya di belakang, gitu.. ada yang di tengah (deket sayap utama) dan yang di belakang (deket ekor)

  • imronims

    info buang bang hilsat dan temen2, Pa Habibie bersama anaknya lagi buat pesawat R80, nama perusahaannya kl gak salah PT RAI, milik anak nya habibie. Pesawat ini bakal uji terbang perdana di Bandara Kertajati Majalengka (BIJB) bandara yang sedang dibuat untuk menggantikan Bandara Husein di Bandung, buat yang mau tau infonya silahkan bisa googling atau silahkan main ke forum SSCI, skyscrapercity