Mitsubishi Xpander : LMPV Tercepat Yang Raih Penjualan 100 Ribu Unit

Mitsubishi Xpander : LMPV Tercepat Yang Raih Penjualan 100 Ribu Unit
0  komentar

AutonetMagz.com – Kehadiran Mitsubishi Xpander di Indonesia memang menjadi sebuah angin segar bagi segmen paling laris di tanah air ini. Pun begitu tentunya bagi pundi – pundi rupiah milik Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), karena penjualan dari LMPV ini cukup tinggi. Bahkan, penjualan dari Mitsubishi Xpander ini telah mencapai milestone yang membanggakan, yaitu 100 ribu unit. Nah, menariknya, capaian ini bisa terwujud dalam waktu yang cukup singkat.

Mitsubishi Xpander sendiri pertama kali meluncur pada tahun 2017 silam di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Nah, berhubung pelaksanaan dari GIIAS 2017 kala itu dilaksanakan di bulan Agustus, dan produksi dilakukan di bulan September, maka per bulan ini Mitsubishi Xpander sudah berusia kurang lebih 1,5 tahun lamanya. Dan selama 1,5 tahun ini pihak MMKSI telah berhasil menjual Mitsubishi Xpander dengan jumlah lebih dari 100.000 unit banyaknya. Capaian ini pun sekaligus menobatkan Mitsubishi Xpander sebagai LMPV yang tercepat dalam hal meraih penjualan di angka 100.000 unit.

Lantas, apakah prestasi ini adalah sebuah hal yang bisa dibanggakan? Menurut kami iya, walaupun capaian yang didapati oleh Mitsubishi Xpander belum terbilang signifikan dibanding rivalnya. Sebagai pembanding, sang rival terdekat dari Mitsubishi Xpander yaitu Toyota Avanza berhasil membukukan penjualan sebanyak 98 ribu dalam 2 tahun penjualannya, beda tipis kan. Namun ingat, kala itu Toyota Avanza memang bisa dikatakan minim rival, dan pasar LMPV bermesin 1.500cc ke bawah kala itu juga masih belum setinggi sekarang.

Berdasarkan data dari GAIKINDO, Mitsubishi Xpander sendiri pada tahun 2018 kemarin berhasil membukukan angka 75.772 unit, yang mana merupakan 76,5% dari total penjualan MMKSI di segmen mobil penumpang. Capaian ini membuat segmen mobil penumpang dari Mitsubishi meningkat pangsa pasarnya mencapai 174% dari tahun sebelumnya, capaian yang membanggakan. Nah, menurut kami, ada satu capaian lagi yang nampaknya perlu dijadikan motivasi bagi pihak MMKSI untuk dipecahkan rekornya. Capaian tersebut adalah rekor penjualan tahunan Toyota Avanza di tahun 2013 yang mencapai 2013 ribu unit dalam setahun.

Akankah Mitsubishi Xpander mampu melampaui capaian dari Toyota Avanza? Menarik untuk ditunggu. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: