Perodua Ativa, Ini Kembaran Daihatsu Rocky dan Toyota Raize

by  in  Berita & Daihatsu & International
Perodua Ativa, Ini Kembaran Daihatsu Rocky dan Toyota Raize
0  komentar

AutonetMagz.com – Malaysia sebagai negara tetangga Indonesia sudah beberapa kali mendapat produk kembaran Toyota-Daihatsu yang sering dijual di bawah merek Perodua. Beberapa tahun yang lalu, Perodua menjual SUV Perodua Aruz yang sebenarnya adalah Toyota Rush dan Daihatsu Terios, bahkan sebelumnya lagi ada Perodua Axia, saudara kembar Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang di sana juga menjadi mobil murah.

Sekarang, logis bukan jika ada produk kembaran Toyota-Daihatsu lagi yang menarik Perodua untuk segera dijual di Malaysia menggunakan logo mereka? Benar saja, ingatkah anda terhadap SUV kecil kembar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky? Kini Perodua sudah meresmikan versi mereka sebagai Perodua Ativa, di mana sebelumnya SUV ini berkode D55L dan sekarang sudah disiapkan untuk dijual di Negeri Jiran tersebut.

Sistem Keselamatan Canggih

Perodua Ativa nampaknya akan dipersenjatai dengan fitur keselamatan aktif yang ada di level Mazda di Indonesia, dan Perodua menyebutnya Advanced Safety Assist (ASA). ASA ini sudah hadir di Perodua MyVi, tapi untuk Perodua Ativa sistemnya akan lebih canggih. Ambil contoh kehadiran alarm Pre-Collision Warning yang memberi peringatan sebelum tabrakan dan rem otomatis yang akan menghentikan kendaraan sendiri untuk berusaha menghindari insiden.

Perodua Activa dengan ASA kini juga bisa mencegah mobil “lompat” jika pedal tak sengaja diinjak, baik itu maju maupun mundur. Pada varian termahalnya, bahkan Perodua akan membekali Ativa dengan Lane Departure Warning and Prevention, Lane Keep Control, Blind Spot Monitor, RCTA dan bahkan Adaptive Cruise Control. Fitur ini sungguh luar biasa banyak jika benar-benar hadir di SUV kecil macam Perodua Ativa.

Mesin Turbo dan CVT

Perodua Ativa akan jadi Perodua pertama di Malaysia yang pakai mesin turbo. Tepatnya adalah mesin 1.000 cc 3 silinder turbo, dan jika speknya sama dengan mesin Raize dan Rocky, kita bisa mengharapkan tenaga 98 PS dan torsi 140 Nm. Angka segitu kira-kira mirip tenaga dan torsi mesin 1.400 atau 1.500 cc biasa non turbo. Mesin turbo ini akan menggerakkan roda depan melalui transmisi CVT.

Perodua juga menjanjikan teknologi auto start-stop untuk mematikan mesin kala mobil berhenti sempurna demi menghemat bensin, mirip-mirip i-Stop Mazda atau ISS-nya Honda deh. Konsumsi BBM diklaim sekitar 18,9 km per liter. Selain itu, Perodua Ativa juga dipastikan pakai platform baru DNGA yang memang jadi tulang punggung Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. Mobil ini akan segera dijual di Malaysia dengan harga yang menarik. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: