Perang Segmen SUV, Toyota Fortuner Tak Tergoyahkan

by  in Berita&Chevrolet&Honda
Perang Segmen SUV, Toyota Fortuner Tak Tergoyahkan
0  komentar

AutonetMagz.com – Kemarin – kemarin kita sudah membahas segmen LMPV dan small hatchback, maka kita sampai di segmen yang bisa dikatakan paling diminati di tahun 2017 ini, yaitu SUV. Kecenderungan pasar beberapa waktu terakhir yang mengagumi sosok tangguh ala SUV memang membuat pabrikan berlomba menelurkan produk di segmen ini, atau malah mendandani produk non-SUV supaya bisa crossover look atau SUV look.

Namun bagaimana dengan peforma penjualan SUV itu sendiri di Indonesia? Dikutip dari data wholesales Gaikindo dalam 11 bulan terakhir, Ada tiga produk SUV yang punya peforma penjualan yang mencolok, namun bukan berarti SUV lain diluar ketiganya ini tak terlual dengan baik, namun memang kenyataaanya ketiga SUV ini punya angka penjualan yang jauh diatas para pesaingnya. Ketiga SUV ini adalah Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport dan Honda CR-V. Yap, walau sempat dicaci maki karena merasa pendapatnya tak didengar oleh APM Toyota, nyatanya konsumen masih menempatkan Toyota Fortuner sebagai pemuncak dalam hal penjualan.

Toyota Fortuner berhasil mencatatkan angka 22.188 unit dari awal tahun 2017 hingga bulan November kemarin. Posisi kedua adalah seter abadinya yaitu Mitsubishi Pajer Sport, yang berhasil mencatatkan angka wholesales 17.102 unit. Untuk posisi ketiga adalah Honda CR-V, yang pada tahun ini mendapatkan update yang cukup masif, yaitu penggantian unit mesin 2.400cc lawasnya dengan mesin baru berkubikasi 1.500cc dengan Turbo. Mobil yang punya tenaga menembus angka 190 PS ini berhasil terjual sebanyak 13.893 unit, tentunya kombinasi dengan model yang dijual sebelumnya. Lalu bagaimana dengan posisi diluar tiga besar SUV ini? Siapa yang bercokol di posisi selanjutnya?

Kompatriot dari Honda CR-V yaitu Honda HR-V lah yang menempati posisi keempat dengan angka penjualan 5.361 unit. Sedangkan Nissan kali ini bisa tersenyum, karena SUV mereka yaitu Nissan X-Trail ada di posisi kelima dengan penjualan sebanyak 2.445 unit. Praktis, posisi keenam dan selanjutnya tak berhasil menjual produknya di atas 1.000 unit, karena pada posisi keenam diisi oleh Lexus RX200 yang berhasil terjual 959 unit, dan berikutnya Mitsubishi Outlander dengan 887 unit. Mazda masih belum berhasil menaikkan posisi dari Mazda CX-5 yang mencatatkan angka 700 unit, walau model terbarunya sudah dirilis di pertengahan tahun kemarin.

Isuzu MUX diposisi selanjutnya dengan 690 unit, disusul Chevrolet Captiva dengan 249 unit, Hyundai Tucson dengan 228 unit, Hyundai Santa Fe dengan 159 unit dan Suzuki Grand Vitara dengan 66 unit. Dari data – data ini, walaupun masyarakat punya kecenderungan untuk menyukai mobil SUV, nyatanya secara penjualan SUV sendiri menurun sebanyak 0,46 persen dibanding periode yang sama di tahun lalu. Jadi, menurut kalian, bagaimana perang penjualan SUV di tanah air ini? Yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: