Sempat Terlupakan, Molina Ezzy II Kembali Sebagai RI 1

by  in Berita&Merek Mobil&Nasional
Sempat Terlupakan, Molina Ezzy II Kembali Sebagai RI 1
0  komentar

AutonetMagz.com – Sebagai warga Surabaya, lebih – lebih sebagai salah satu mahasiswa di kampus perjuangan, ITS, maka bagi penulis, sosok Molina Ezzy II bukanlah sosok yang asing. Mobil listrik garapan jurusan Teknik Mesin ITS ini memang bukan produk yang baru, karena sudah mulai dikembangkan sejak tahun 2013 silam. Dan sempat lama tak terdengar, kini Molina Ezzy II kembali sebagai RI 1, alias mobil yang membawa Presiden Indonesia, Bapak Joko Widodo.

Yap, dalam acara peresmian Jalan Tol Surabaya Mojokerto ( Tol Sumo ), Presiden Joko Widodo menggunakan mobil ciptaan arek – arek ITS, yaitu Molina Ezzy II. Mobil Listrik yang memiliki bentuk small hatchback ini sengaja digunakan oleh Presiden Joko Widodo untuk mengenalkan mobil listrik produksi anak bangsa kepada industri. Selain mencoba mengendarainya, Presiden Joko Widodo juga mengapresiasi hasil riset mahasiswa ITS ini. Molina Ezzy II sendiri memiliki spesifikasi teknis berupa baterai bertenaga sebesar 20 kWH yang akan menyokong motor listriknya.

Dengan baterai tersebut, Molina Ezzy II bisa berjalan sejauh 130 km, dengan kecepatan maksimal yang dapat diraih adalah 180 km/jam merujuk pada situs resmi Molina. Presiden Jokowi sendiri mengatakan bahwa kehadiran Molina Ezzy II ini merupakan langkah yang baik, dan akan terus dikejar sehingga bisa segera masuk ke ranah produksi. Namun memang harapan ini bukanya tanpa masalah, Presiden Jokowi pun mengakui bahwa masalah pada desain dan harga, serta sisi kompetitif dari mobil listrik karya anak Bangsa adalah beberapa titik yang harus dijadikan fokus, sehingga nantinya bisa bersaing dengan baik.

Molina Ezzy II sendiri bukanlah produk pertama dari arek – arek ITS, karena ada Molina Ezzy generasi pertama yang disempurnakan dengan Molina Ezzy II ini. Selain itu, ada pula bus listrik yang juga dikembangkan dan digunakan sebagai sarana transportasi mahasiswa di dalam kampus. Belum lagi GESITS yang kita tahu digarap anak – anak ITS bersama dengan Garansindo yang juga sempat menjadi viral, dan sedang dinanti – nantikan kehadirannya. Tentunya kehadiran mobil listrik lokal bisa menjadi momentum yang pas disaat Indonesia juga mulai mencanangkan kebijakan tentang mobil listrik, bisa curi start.

Presiden Jokowi sendiri memang akhir – akhir ini cukup diperhatikan oleh Media, khususnya media otomotif karena kegemarannya menggunakan kendaraan yang berbeda – beda saat meninjau suatu proyek. Seperti saat Presiden Jokowi menggunakan Kawasaki KLX dan Land Rover Defender antik beberapa waktu yang lalu. Dan kali ini, saat Molina Ezzy II menjadi RI 1, kita punya harapan bahwa nantinya mungkin Molina bisa eksis dengan lebih besar, dan membawa nama baik Indonesia. Bagaimana kalau menurut kalian? Yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Read Prev:
Read Next: