Komparasi Pajero Sport vs Ford Everest vs Toyota Fortuner Terbaru

by  in Berita&Ford&International
Komparasi Pajero Sport vs Ford Everest vs Toyota Fortuner Terbaru
0  komentar
fortuner-vs-pajero-sport-vs-everest

Jakarta, AutonetMagz – Perang terbesar abad ini di dunia otomotif sebenarnya bukanlah di segmen yang memiliki pasar gemuk seperti LMPV atau Crossover yang sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Melainkan trio SUV ladder frame yaitu Pajero Sport, Everest dan Fortuner yang mendapatkan lompatan teknologi sangat luar biasa pada model baru mereka untuk bersaing menjadi raja di yang peminatnya mulai menurun belakangan ini. Penasaran seperti apa jika kita bandingkan? Yuk mari di simak!

Desain

komparasi-pajero-sport-ford-everest-toyota-fortuner

Ketiga mobil ini adalah mobil baru yang di desain ulang dari awal, sehingga bisa dipastikan kita bisa menilainya tanpa harus membayangkan generasi sebelumnya. Dimulai dari Mitsubishi Pajero Sport, Mitsubishi mengubah karakter Pajero Sport yang sebelumnya misterius dan kalem menjadi agresif dan futuristik.

Kita tidak menemukan garis desain Pajero Sport terdahulu yang membulat, namun kini menjadi tajam dan modern berkat penggunaan garis desain dynamic shield seperti Mitsubishi Outlander tanpa embel-embel sport yang baru saja mendapatkan facelift. Soal teknologi, model depan dari Pajero Sport sudah mendapatkan LED Positioning Lamp, lampu HID dan headlamp washer.

Sekarang mari kita lihat penampilan All New Ford Everest, kami sangat mengapresiasi bagaimana Ford membuat Ford Everest Concept sama persis dengan model produksinya, bahkan sama sekali tidak ada bedanya. Mobil ini lebih ganteng jika kita lihat sendiri (karena saya sudah lihat langsung di Bangkok Motorshow tahun lalu), dan juga kami yakin mobil ini desainnya akan timeless karena sangat maskulin dan sangat meyakinkan bahwa ini adalah mobil dengan aura “American Style“.

Macho, gagah dan tangguh, kesan itulah yang hadir ketika melihat Ford Everest, namun sayangnya desain depan dari mobil ini sama persis dengan Ford Ranger facelift terbaru (hanya berbeda di bilah grille sebanyak 3 buah), begitu pula dengan interiornya yang hanya berbeda warna saja, duh!. Dari depan, lampu mobil ini sudah menggunakan HID dan headlamp washer, Ford tidak ingin ikut-ikut tren LED seperti duo Jepang terbaru.

Toyota Fortuner, tampangnya mungkin agak kontroversial dari depan, tapi kami yakin akan lebih banyak yang suka dibandingkan dengan yang benci dengan desain depannya. Lantas bagaimana dengan saya? Oh, tentu saja saya lebih suka model ini dibandingkan dengan model yang lama, meskipun menurut saya tampilan depannya masih lebih baik Pajero Sport dan Ford Everest (secara pribadi), namun kembali ke selera masing-masing.

Menurut saya, desain Toyota Fortuner ini sudah bagus, hanya saja ada beberapa bagian yang kurang pas seperti housing foglampnyadan logo Toyota yang terlalu besar. Padahal tidak perlu sebesar itu, kita sudah tahu bahwa itu adalah Toyota Fortuner. Di bagian depan, Toyota Fortuner sudah dilengkapi dengan LED DRL namun belum dilengkapi dengan headlamp washer dan HID.

komparasi-pajero-sport-everest-fortuner

Sekarang mari kita bahas desain belakang, jika sebelumnya saya merasa desain depan Pajero Sport mungkin yang paling futuristik, tapi kalau ditanya soal bentuk belakang Pajero Sport terbaru mungkin akan menjadi sebaliknya, karena bentuknya aneh dan tidak proporsional dan tidak ada gagahnya sama sekali. Lihat tarikan garis kaca belakang, bumper belakang yang tipis dan lampu belakang seperti Honda Jazz terbalik…. Mungkin desainernya butuh Aqua.

Melihat bentuk belakang Ford Everest, Ford mencoba mengambil desain yang lebih kalem dan bermain aman. Bentuknya bagus, tapi nggak bagus-bagus banget, bahkan kelihatan seperti Toyota Fortuner generasi yang kita kenal saat ini. Tapi menurut kami ini adalah desain paling mendingan dan mudah diterima dibandingkan dengan kompetitornya.

Fortuner? Desain belakangnya masih soal love and hate, tarikan garisnya yang tajam dan kurang proporsional ini mungkin akan membuat beberapa orang akan suka, namun akan ada yang benci dengan desain belakangnya, namun sekali lagi, kami yakin akan lebih banyak orang yang suka dibandingkan yang benci. Buat saya sih, desainya oke banget, namun jika model lampunya dibuat tidak terlalu sipit dan tarikan kaca belakangnya tidak seaneh itu, mungkin tampilannya bisa jauh lebih baik lagi. Tapi its okay, lebih okelah dibandingkan dengan model sebelummnya.

Interior

komparasi-sport-everest-fortuner

Masuk ke dalam interior Mitsubishi Pajero Sport kini di desain lebih simpel dan modern dibandingkan dengan model sebelumnya, meskipun masih terasa aura-aura Strada Triton di bagian atasnya, tarikan garis chrome dari mobil ini membuat tampilannya menjadi berbeda dan jauh lebih bagus lagi meskipun sama-sama menggunakan warna hitam. Kami sangat senang dengan konsol transmisi yang kini mendapatkan banyak tombol futuristik, termasuk electronic parking brake, tombol mengatur AWD dan permukaan tanah, serta setir yang digunakan juga menjadi lebih mewah dan lengkap.

Sayangnya masih ada beberapa bagian yang kami kurang suka dari interior Pajero Sport ini seperti lubang AC tengahnya yang aneh, head unit yang tidak indash dan terkesan murahan, dan tombol pengatur AC yang terlihat seperti berbagi komponen dengan Mirage, selebihnya sih oke banget.

Masuk ke dalam kabin Ford Everest, sebenarnya mobil ini memiliki desain interior paling mewah dibandingkan dengan kompetitornya, lihat saja perpaduan warnanya, detailingnya dan tarikan garisnya yang tegas, simpel, namun mewah. Head unitnya juga canggih, full touch screen dengan Ford SYNC 2 by Microsoft, tombol-tombol tertata rapi dan jahit-jahitan pada dashboardnya juga memberikan kesan mewah yang lebih dari kompetitornya.

Namun karena dashboard ini ternyata juga diaplikasikan di Ford Ranger yang memiliki perbedaan hanya pada warnanya saja, mobil ini terasa tidak begitu eksklusif dan kurang menarik. Menurut opini saya, seharusnya Ford juga membedakan tampilan depan dan interior mobil ini sebagaimana Pajero Sport dan Strada Triton atau Fortuner dengan Hilux agar kesan mewahnya lebih terasa.

Toyota Fortuner, lagi-lagi soal dashboardnya masih urusan love and hate. Saya sebenarnya tidak begitu suka dengan desain dashboard yang tegak lurus seperti itu, apalagi bagian tengahnya tidak di desain secara rapi. Namun menurut saya dashboardnya masih terasa bagus, bahkan lebih bagus menurut saya dibandingkan dengan milik Mitsubishi Pajero Sport pada beberapa bagian. Model dashboard yang tegak seperti ini sebenarnya bisa kita dapatkan di model Toyota terbaru lainnya seperti Toyota Corolla Ngaltis yang sudah kita review.

Fitur

comparison-pajero-sport-ford-everest-toyota-fortuner

Bicara soal fitur, ketiga mobil ini mendapatkan lompatan fitur yang sangat luar biasa dibandingkan dengan model sebelumnya yang sangat miskin fitur jika dibandingkan dengan model terbaru ini. Dengan sedikit catatan, kita tidak akan membahas fitur 4WD di ketiga mobil ini karena untuk pasar Indonesia, varian 4WD jarang sekali hadir (atau hadir namun penjualannya sedikit).

Mari kita mulai dari Mitsubishi Pajero Sport. Pada interiornya kini Mitsubishi Pajero Sport sudah mendapatkan AC Digital dengan dual zone climate control, head unit touch screen canggih dengan Multi Around Monitor (seperti Nissan X-Trail) dan Pajero Sport adalah satu-satunya mobil yang menawarkan roof mounted monitor untuk entertainment penumpang belakang.

Di sisi pengemudi, kita mendapatkan cruise control, push start stop button, paddle shifter, 8 way electric driver seat dan leather steering wheel. Sayangnya, mobil ini adalah satu-satunya di kelasnya yang belum menggunakan power liftgate untuk membuka pintu belakang secara otomatis, dan saya sangat menyangkan AC double blower mobil ini kembali pindah ke bagian samping kanan penumpang baris ketiga seperti Mitsubshi Pajero Sport zaman dahulu sebelum facelift.

Ford Everest, mobil ini mungkin adalah yang paling canggih dibandingkan dengan kompetitornya. Contohnya saja lihat pada head unitnya yang sekaligus menjadi MID dan pengendali opsi-opsi yang bisa kita atur di dalam kendaraan. Semua tipe Ford Everest sudah dilengkapi dengan 9 buah speaker + 1 buah subwoofer dan sound system ini juga memiliki fitur active noise canceling seperti layaknya headphone, lalu mobil ini sudah memiliki panoramic moonroof tanpa harus mengeliminasi ventilasi AC diatas plafon, kemudian kita juga mendapatkan power back door, termasuk electric folding seat untuk kursi ketiga.

komparasi-speedometer-pajero-sport-everest-fortuner

Canggih bukan? Eits tidak sampai disitu saja, seperti layaknya mobil mewah Eropa, 4 kaca pintu mobil ini memiliki auto up and down, umumnya fitur ini hanya ada pada pengemudi saja. Terakhir, meskipun Ford Everest sudah memiliki hampir semua fitur yang ada pada Fortuner dan Pajero Sport, agak disayangkan mobil ini tidak memiliki paddle shifter meskipun telah disediakan shifter manual di transmisinya.

Masih membahas Ford Everest, kami sangat senang bagaimana Ford mendesain speedometernya yang sangat canggih dengan dua buah layar LCD berwarna di sebelah kanan dan kirinya yang bisa menampilkan informasi intuitif, di setir mobil ini kita mendapatkan tombol navigasi 4 arah untuk mengatur MID di sebelah kiri speedometer yang dapat digunakan untuk mengatur entertainment dan pengaturan mobil, ini mengingatkan kami akan speedometer mobil-mobil BMW yang pernah kita coba sebelumnya.

Terakhir Toyota Hilux, Rasanya karena tadi sudah membahas fitur Pajero Sport, kemudian Ford Everest, membahas Toyota Fortuner menjadi anti-klimaks. Namun jika dibandingkan dengan model sebelumnya, improvement di Toyota Fortuner ini cukup banyak. Sebut saja paddle shifter, AC dual zone, MID yang lebih advanced pada speedometernya, cruise control, push start stop button.

Namun kita harus mengapresiasi juga kepada Toyota Fortuner yang sekarang sudah diberikan elemen-elemen mewah seperti kulit pada bagian dashboard tengahnya lengkap dengan jahitan yang cukup banyak, serta aksen kayu di console tengahnya. Yup, Toyota Fortuner memiliki desain yang cukup rumit dengan berbagai macam lekukan, berbeda dengan Everest dan Pajero Sport.

Safety

komparasi-fitur-pajero-sport-ford-everest-toyota-fortuner

Pembeli Pajero Sport model baru bisa berbangga hati karena mobil ini sudah dilengkapi dengan sistem keselamatan yang sangat canggih dan lengkap, sebut saja fitur-fitur seperti Multi Around Monitor, Forward Collition Mitigation System (atau disebut Active City Stop pada Ford Everest), bahkan lebih hebatnya lagi, mobil ini sudah dilengkapi dengan Ultrasonic Missacceleration Mitigation System yang bisa menahan laju kendaraan jika pengemudi menginjak pedal gas secara tidak sengaja ketika di depan mobil ada objek yang menghalangi.

Kemudian yang kami senang, seluruh mobil yang kita komparasi ini sudah dilengkapi dengan 7 buah airbags, ABS, EBD, Hill Start Assist, Hill Descent Control (hanya 4WD saja), kamera mundur, Traction Control dan Electronic Stability Programe. Khusus untuk Pajero Sport dan Ford Everest, kedua mobil ini sudah dilengkapi dengan Blind Spot Monitoring System.

Khusus untuk Fortuner, mobil ini merupakan mobil satu-satunya yang dilengkapi dengan Trailer Sway Control yang berfungsi menjaga traksi trailer jika ditarik dengan mobil ini. Memang fitur ini jarang digunakan untuk pasar Asia maupun Eropa, mungkin ini karena Toyota akan menjual Fortuner ke Amerika dimana mobil SUV seringkali digunakan untuk keperluan menarik trailer.

Terakhir agar kalimat penutup masalah safety ini menjadi klimaks, Ford Everest menjadi mobil satu-satunya yang dilengkapi dengan Active Park Assist yang akan membuat mobil dapat parkir dengan sendirinya dengan melepas tangan seperti halnya Lexus LS460. Selain itu, Ford Everest juga telah dilengkapi dengan Rear Cross Alert yang akan memperingatkan anda ketika keluar dari parkiran secara mundur namun ada mobil melaju dari samping di titik buta dan terakhir, mobil ini dilengkapi dengan Roll Stability Control, yaitu fitur yang akan mendeteksi kemiringan mobil berdasarkan sensor Gyro seperti sebuah smartphone agar mencegah mobil terguling, canggih bro!

Mesin

komparasi-mesin-pajero-sport-ford-everest-toyota-fortuner

All New Pajero Sport adalah the best all rounder disini, dengan mesin berbekal mesin 2.400 cc baru yang bertenaga 181 PS di putaran mesin 3.500 Rpm dan torsi sebsar 430 Nm di 2.500 Rpm. Sudah jelas Pajero Sport memiliki tenaga yang lebih bengis dibandingkan dengan Pajero Dakar sekalipun. Apalagi transmisinya menggunakan 8 percepatan yang merupakan pertama di kelasnya.

Ford Everest memiliki 2 pilihan mesin mulai dari mesin 2.200 cc hingga 3.200 cc diesel. Mesin 2.200nya tidak sehebat Santa Fe yang bisa menghasilkan tenaga hingga 197 Ps, atau mungkin seperti Pajero Sport di angka 181 PS. Namun angkan 160 Ps pada 3.200 Rpm dan torsi 385 Nm pada 1.600 hingga 2.500 Rpm bisa dipastikan bahwa mesin ini memiliki respon putaran bawah yang sangat instan. Kurang puas? Tenang, masih ada mesin 3.200 cc bertenaga 200 Ps pada 3.000 Rpm dan torsi sebsar 470 Nm di putaran mesin 1.750 – 2.500 Rpm, diatas kertas, mesin ini pasti tidak akan terkalahkan dibandingkan dua rivalnya dari Jepang, namun tentunya dengan mesin yang lebih besar, anda harus menebus harga mobil ini lebih mahal. Kedua mesin tersebut memiliki transmisi automatic 6 percepatan triptonic, hanya saja Ford Everest satu-satunya yang belum dilengkapi dengan apddle shifter.

All New Toyota Fortuner, lagi-lagi kita harus antiklimaks seperti saat membahas fitur. Toyota selalu menjadi yang terlemah di kelas ini meskipun daya tahannya…. hmmm… Mitsubishi dan Ford juga memiliki mesin diesel yang lebih cadas buat di tambang sih. Okelah tapi dibandingkan dengan mesin model sebelumnya, mesin ini merupakan lompatan teknologi bagi Toyota, karena mesin 2.400 cc Toyota Fortuner mampu mengeluarkan tenatga hingga 150 PS di putaran 3.400 Nm dan torsi sebesar 400 Nm mulai dari 1.600 hingga 2.000 Rpm. Pastinya lebih asik dibandingkan model sebelumnya bukan?

Butuh tenaga yang lebih besar? Tenang saja, Toyota juga menyediakan mesin 2.800 cc yang memiliki tenaga lebih besar dibandingkan dengan Ford Everest 2.200 cc dan mendekati tenaga mesin Pajero Sport. Mesin tersebut memiliki tenaga hingga 177 Ps di 3.400 Rpm dan torsi 450 Nm pada 1.600 hingga 2.400 Rpm. Dengan torsi yang lebih besar 20 Nm dibandingkan dengan Pajero Sport, mesin ini seharusnya bisa menjadi penantang serius bagi mobil tersebut.

Kesimpulan

2016-Toyota-Fortuner-Thailand-Front

Sebenarnya kami tidak bisa menyimpulkan siapa juara di komparasi ini, karena ketiga mobil ini belum diluncurkan di Indonesia, belum memiliki harga jual yang pasti dan tentu saja kami belum mencoba jalan dengan mobil ini untuk menguji performa, kenyamanan serta akomodasinya. Sehingga kami hanya bisa memberikan gambaran dari spesifikasi, fitur dan desain yang bisa dilihat melalui foto saja.

Okay, secara keseluruhan di atas kertas, Ford Everest unggul hampir di segala sisi, namun kompetitornya juga tidak bisa dianggap remeh. Kami sangat suka dengan kerja keras Toyota yang memberikan desain berani dan fitur yang diluar kebiasaan mereka yang umunya minim, lalu Mitsubishi yang bekerja keras untuk memberikan fitur safety, bentuk depan yang keren dan mesin yang juara untuk all rounder. Ketiganya baik, ketiganya bagus dan kami senang SUV segmen ini mendapatkan improvement secara signifikan dibandingkan dengan mobil di kelas lainnya.

ford-everest-new

Sedikit catatan untuk Ford Everest, mobil tersebut adalah mobil yang bagus dari konsepnya, hanya saja mereka terlalu lama meluncurkannya dan terlalu sesumbar dengan fitur yang akan dibekali mobil tersebut sejak tahun 2013 silam. Sehingga kompetitornya sudah berbenah dan belajar dari mobil konsep tersebut, makanya ketika mobil ini diluncurkan, rasanya Ford Everest sudah tidak wow lagi mengingat duo Jepang akan hadir sudah memiliki teknologi-teknologi yang dimiliki oleh Ford Everest. Padahal jika mobil ini diluncurkan bersamaan dengan All New Ford Ranger di tahun 2012 silam, pasti Ford Everest akan laku keras mengingat pasar sudah jenuh dengan Pajero Sport dan Fortuner. Kalau diluncurkan dengan jarak yang berdekatan seperti ini, sudah jelas Ford Everest harus bertempur habis-habisan dengan duo SUV Jepang ini.

Read Prev:
Read Next:
  • aero

    komparasi bung ridwan sangat bermanfaat. bahasa yg lugas, dlengkapi gambar2 pembanding. joss pokok e. trimakasih berbagi infonya Autonetmagz, jaya terus (y)

  • Gemilang

    Mantab reviewnya. Lengkap abies dan sudut pandangnya netral.
    Bacanya sampai kelenger hahaha
    Thx to seluruh kru autonetmagz khususnya penulis (Ridwan)

  • Nama Akun Ini Disensor

    Toyota Fortuner unggulnya di brand karena mobil ini cukup laris, Mitsubishi Pajero Sport unggulnya di performa karena powernya galak, dan sementara Ford Everest unggulnya di design karena Ford designnya main aman aja. Sekilas dari kesimpulan komparasi versi saya

    • Raynald

      Fortuner ga cuma brand dari desain dia berkelas jadi kalo cuma di bilang brand buat apa orang beli????

      • terios

        Saya tahu anda pecinta fortuner,dr artikel sebelumnya sdh ketauan karena anda bela fortuner mati”an saat dicemooh

        • Raynald

          Saya belum membela apa” jadi di jaga penulisan anda

      • Erik Hananiel Limbara

        Sorry bro Raynald, sy sudah pernah memiliki ketiga merk ini versi sebelumnya.
        Sekarang lg inden utk new everest dan all new ranger,
        Kalo bro udah pernah punya dan lama pake emang ford very valuable for money.

        Meski purna jualnya bikin sakit hati.

        • erick sp

          Ya bro Erick…. Saya suka komen terakhir anda… Emang beli mobil untuk dijual! Mobil dibeli untuk dipakai…. Bagi saya sudah terbalas dengan kenyamanan, kekuatan dan valuable for moneter…Hahahaha

          • roynold

            Besar omong aja..kalau nilai jual jatuh ya buat org menengah terasa bung..mau upgrade mobil 3 tain kemudian jd susaha…mobil bekasnkita gak ada nilainya..mau upgrade harga mobil mkn selangit..kecuali dibeliin ortu ya gpp mau jatuh kek mau bagus kek nilainya..hrs tau lo..cr duit bukan gampang bung

        • Raynald

          Ane pernah pake ford tpi yang lama memang saya akuin ford itu hebat! Ini saya rencana mau beli fiesta eco boost buat dipake harian

        • Evan Nsas

          klo ford lebih aman dibanding rivalnya, tapi fortuner sparepart ya lebih murah dibanding rivalnya, jadi lebih irit klo fortuner solar 1;15 pajero solar 1;9.. dulu aku pernah beli jazz gen2 manual ternyata sparepart 10km (2,5jt) sama stnk pajak (4,1jt) makin mahal dan bensin1;11 boros klo tangki 43lt jadi langsung jual, ganti mobil baru all newyaris. tapi alhamdulillah yaris lebih irit dr jazz, pertamax 92 1;16 tapi tangki kecil 38, trus sparepart mah gampang sama pajak 2,9jt.. menurut aku toyota hemat jadi ga masalah harga toyota mahal tapi masyarakat tetep mau beli toyota lohhh

        • Michael Suhardianto

          jadi gmn menurut bapak dengan harga everest yang baru ?

        • Michael Suhardianto

          jadi gmn menurut bapak dengan harga everest yang baru ?

      • tim

        Emg bukan cm brand, aftersales service and spareparts jg ngaruh. Klo desain sih relatif, cm rata” yg beli fortuner klo ditanya knp pilih fortuner pasti jawabnya “karena merknya toyota”

        • Raynald

          Iya ane setuju kebanyakan orang bilang harga jual tinggi sparepart murah sparepart gampang di cari, lebih bagus toyota desain lebih keren itu kebanyakan yang bilang umur hampir 50 tahunan

      • tim

        Emg bukan cm brand, aftersales service and spareparts jg ngaruh. Klo desain sih relatif, cm rata” yg beli fortuner klo ditanya knp pilih fortuner pasti jawabnya “karena merknya toyota”

    • Raynald

      Seperti Iphone mereknya brand modelnya oke cuman fitur kalah sama samsung yang ga begitu brand

      • raden fatah

        Iphone merek gk guna,sampah!harga selangit tp fitur kyk hape 3 jutaan,cm menang gengsi doang

        • weezy

          ini sih biasanya org kyk gini pengen beli iphone tp gaada duit

          • raden fatah

            Sorry gw tetep setia pake asus,fitur bnyk harga acceptable…

        • tim

          Walopun ente salah tempat tpi ane setuju sama ente hehe..

        • Raynald

          Makanya itu saya bilang iphone mereknya brand tpi fitur kalah sama samsung

        • ulanbatoor

          HP gue bukan iphone, pernah punya tp kecopetan. Gue akuin HP lain buanyaaakkk yg fiturnya jauh lebih bagus, lebih menarik, lebih canggih, dan lebih murah. HP gue sekarang juga gitu (samsung). Tp harus gue akuin iphone jauuhhh lebih awet dari samsung. Setiap ada update jarang banget ada bug atau something yg bikin jadi lemot. Sorry to say tp android bugnya masih buanyak, dan masih lebih rewel dibanding ios. Gue gak bela ios karena gue sendiri pake android. Just my two cents

        • Appleclub

          Memang iphone sama samsung dan android lainya kalo speknya ditulis diatas kertas spek iphone pasti kalah, tapi performanya jauh lebih bagus dari hp android lainya, dan sy yakin orang2 yang bilang iphone sampah dll, pasti seumur hidupnya blm pernah pake iPhone

      • Muhammad Rifki

        Ga nyambung gan malah pada ngomongin smartphone, disini rubrik otomotif bukan smartphone. Ga nyambung dong wkwkwkk āœŒ

        Ributin masalah smartphone mah tuh di tabloid khusus ngebahas hp, bukan disini tempatnya. Cmiww

        • Raynald

          Itu cuma di bandingkan saja gan

    • Bengkel Offroad

      klw power masih unggul Ford Everest gan

  • lambokz

    Bacanya, kok kayak denger Motomobi lagi review di youtube. Anyway keren ulasannya, cukup detail, jadi ada bayangan mobil nya seperti apa ntar.. mantapp

  • Raynald

    Mantap bang komperasinya! Ane suka tpi ane lebih prefer ke ranger sama fortun

  • Anymous

    Sptinya ada yg kurang dari artikel diatas :
    Belum termasuk sunat menyunat fitur negara tercinta ini Hahaha
    Ayo min kita main tebak2xan fitur apa aja yang hadir nanti

    • Raynald

      Yang fortun yang disunat cuma trailer mengingat ga mungkin mobil mahal di buat angkut gituan

    • Raynald

      Kalo ford nah suka ane pasti ga ada sunat

    • petrolhead

      eaaa…. tebakan yuk mana yg suantannya paling banyak šŸ˜‰

      • tim

        Semua sdh tau jawabannya bang šŸ˜€

      • tim

        Semua sdh tau jawabannya bang šŸ˜€

    • Nama

      Bau2nya sih kali ini Pajero Hahahah kalo enggak bisa 500jt lewat tuh.

      • Nama

        Maksudnya yang bakal kena sunat paling banyak

      • Nama

        Maksudnya yang bakal kena sunat paling banyak

      • bro, semua fasilitas yg disebutin diatas sepertinya untuk tipe tertingginya dari masing2 merek. tentu tipe tertinggi ini pasarnya sangat segmented. dan bisa jadi juga pasar yg segmented ini tidak melihat harga. jadi harga diatas 500 sepertinya tidak masalah…he..he..

    • Nama

      Bau2nya sih kali ini Pajero Hahahah kalo enggak bisa 500jt lewat tuh.

  • Raynald

    Bang ijin ambil gambarnya

  • Ainur Rofiq

    bung ridwan mantab jaya … (y)

  • pescarolo

    Depannya Pajero Sport ga ada yg ngalahin sh mnurut saya.
    Cuman kalo beda tiap aspek antar ketiganya ga ada yg trlalu dominan dan masih nyisain love and hate, bakal susah ngalahin Fortuner kalo tiga2nya masuk sini. Sekalipun banyak sunatan dan dikasih harga nyaris sama. Ada semacam “Toyota Aftersales Factor” yg main d pasar Indonesia.

    • ngga juga bro. disini tidak dibahas fitur 4wd nya sih. jadi saya kurang tahu apakah fortuner diesel ini ada versi 4wd nya apa ngga. karena selama fortuner nda punya varian 4wd diesel, saya rasa 2 merek yang lain masih bisa mengalahkan fortuner. karena pengalaman saya di daerah dan sering bergaul di pertambangan, suv (bukan d-cab loh ya) yg dipakai di tambang hanya 2 yg dominan. kalau nda pajero sport tentu ford everest. dan sektor tambang juga penyumbang terbesar konsumen segmen SUV ini.

  • AUTOMOTIVE

    gw rasa everest yg menang kwkw

  • alfieri

    maaf mas ridwan,saya ingin perbaiki bahwa pd pajero sport terbaru,electric seat jg ada d kursi penumpang depan,dan ia juga ada trailer stability assist,saya dpt sumber dr web mitsubishi thailand,trimakasih

  • Chang Wi Siang

    Sayangnya di pameran nanti cuman bisa lihat all new ford everest aja,,,,di berita2 banyak di katakan fortuner model baru dan pajero model baru juga gak launching atau di perkenalkan di pameran nanti,,,kecewanya,,,

  • aldrianrey

    “hanya saja Ford Everest satu-satunya yang belum dilengkapi dengan apddle shifter.” ,,, paddle shifter kali bang . semangat banget sampe typo haha .

    • Chang Wi Siang

      Paddle shift menurut saya tidak mendesak untuk ada di setiap kendaraan bro,,,yang penting fitur airbag lengkap, sistem brake yang lengkap dari abs, ba, anti crash/sistem sensor biar gak nabrak,,,dan irit bingit,,,itu yang menurut saya penting,,,

    • Chang Wi Siang

      Paddle shift menurut saya tidak mendesak untuk ada di setiap kendaraan bro,,,yang penting fitur airbag lengkap, sistem brake yang lengkap dari abs, ba, anti crash/sistem sensor biar gak nabrak,,,dan irit bingit,,,itu yang menurut saya penting,,,

  • Erik Hananiel Limbara

    Udah inden new everest harga titaniumnya 611 jt,
    Dan ford ranger wildtrak 480 jt.
    Serah terima september.

    • Chang Wi Siang

      Weleh2,,,mahal bingit,,,beneran bro,,,harga segitu,,,? Udh fix? Tipe everest apa harga segitu? Maksudnya yang mesin berapa cc

    • Chang Wi Siang

      Weleh2,,,mahal bingit,,,beneran bro,,,harga segitu,,,? Udh fix? Tipe everest apa harga segitu? Maksudnya yang mesin berapa cc

      • Michael Suhardianto

        Harga Ford Everest terbaru memang mahal dengan harga mulai 560 juta Rupiah untuk tipe Trend dan 634 juta Rupiah untuk tipe Titanium. Namun dengan harga yang cukup tinggi tersebut, kita mendapatkan fitur yang sangat lengkap.

      • Michael Suhardianto

        Harga Ford Everest terbaru memang mahal dengan harga mulai 560 juta Rupiah untuk tipe Trend dan 634 juta Rupiah untuk tipe Titanium. Namun dengan harga yang cukup tinggi tersebut, kita mendapatkan fitur yang sangat lengkap.

  • Sporky

    Yg beruntung sebenarnya yg beli Trailblazer 2.8 awd 4×4 waktu big diskon 100jt dr harga aslinya 579jt sebelum discontinued krn fiturnya udah lengkap banget.

    • Chang Wi Siang

      Discontinued agak seram bro tuk suku cadangnya,,,nanti kalo di toko onderdil gak ada dan di dealer lg kosong (alias gak ada), indent lama dan harga mahal,,,dulu pernah saya pesan penjepit spakboard belakang untuk yaris saya di dealer pusat,,,ampe tunggu 5 hari,,,tp ujung2nya 2 minggu nunggunya,,,krn jarang orang pesan kalo udah ilang/lepas,,,nah ini apa lagi kalo dah discontinued

      • Sporky

        Tapi coba deh cari iklan sekennya Trailblazer.. jarang banget yg yg pasang iklannya, apalagi liat harga SUV sekarang yg makin mahal jd makin sayang buat menualnya. Kalo Toyota Yaris indennya mingguan sih saya prihatin krn Yaris termasuk mobil pasaran/laku. Kalo Chevy sih sepengalaman saya utk yg udah discontinued kadang utk yg slow moving parts memang harus inden 1 sd 3 hari kerja di jakarta. Masih wajarlah mengingat Chevy bukan merk pasaran/laku spt Toyota.

      • Sporky

        Tapi coba deh cari iklan sekennya Trailblazer.. jarang banget yg yg pasang iklannya, apalagi liat harga SUV sekarang yg makin mahal jd makin sayang buat menualnya. Kalo Toyota Yaris indennya mingguan sih saya prihatin krn Yaris termasuk mobil pasaran/laku. Kalo Chevy sih sepengalaman saya utk yg udah discontinued kadang utk yg slow moving parts memang harus inden 1 sd 3 hari kerja di jakarta. Masih wajarlah mengingat Chevy bukan merk pasaran/laku spt Toyota.

    • Chang Wi Siang

      Discontinued agak seram bro tuk suku cadangnya,,,nanti kalo di toko onderdil gak ada dan di dealer lg kosong (alias gak ada), indent lama dan harga mahal,,,dulu pernah saya pesan penjepit spakboard belakang untuk yaris saya di dealer pusat,,,ampe tunggu 5 hari,,,tp ujung2nya 2 minggu nunggunya,,,krn jarang orang pesan kalo udah ilang/lepas,,,nah ini apa lagi kalo dah discontinued

  • tim

    Utk hrg jual kemungkinan ANPS yg paling kompetitif, everest paling mahal.. jd dari segi value for money sebenernya ANPS yg terbaik, tpi itu kalo di thailand. Di indo sendiri belum tau karena belum launching, jd cm bisa menduga” aja sebelum dijadikan meme

  • TechnoGat

    mantaaap, yg ane suka pajero sport sama ford everest..

  • Drex

    Kalo skrg..cm dr baca dan liat foto2nya…gw pilih Pajero Sport gan.. Rugged yg futuristik. Mantap bgt. Everest kok agak jd konservatif ya kl selera gw. Fortuner..Gak tau, kyk kurang gagah aja mnrt gw. Dalemnya jg gw lbh prefer PS…Tp blm final lah hehe.

  • Oki Ngew

    Kalo membandingkan fitur-penampilan, udah jelas banget : 1. Everest 2. Pajero sport 3. Fortuner tapi harga PS di thailand kayaknya menggiurkan banget, kalo dihitung jatuhnya lebih murah ketimbang fortuner.

  • Oki Ngew

    Kalo membandingkan fitur-penampilan, udah jelas banget : 1. Everest 2. Pajero sport 3. Fortuner tapi harga PS di thailand kayaknya menggiurkan banget, kalo dihitung jatuhnya lebih murah ketimbang fortuner.

  • SUV

    Keren ah bang ridwan hanif pembahasannya, jaya terus autonetmagz (y)

  • SUV

    Keren ah bang ridwan hanif pembahasannya, jaya terus autonetmagz (y)

  • Wahyu Pradana

    Awal paragraf ke 22 harusnya toyota fortuner bukan toyota hilux heheee

  • geox

    Ttp aja lah fortuner no 1 diikuti pajero sport lalu fors..kalau ford ttp lah mah jauh dibawah duo jepang…

    Tp kalau model keren pajero lah..tampang sangarnya mantap..fortuner ama ford terkesan gendut dan bulat kyk tak berotot..

    Tinggal harga aja yg menentukan utk pajero maupun fortuner..apalagi skrng indonesia lg lesu di semua bidang
    .jgn sampe mendekati 600jt lah utk sebuah suv beginian…

    • Ujuktye

      “kalau ford ttp lah mah jauh dibawah duo jepang.”

      nge fans apa nge fans? sampe sampe bikin komentar super subjektif gini? jauh dari mananya? penjualan? ya jelas tapi itu ga bisa dijadilan pembanding apapun. dasar WEEABOO

      “Tp kalau model keren pajero lah..tampang sangarnya mantap..”
      yg pasti perspektifnya “die hard fan” sama orang kebanyakan pasti beda. udah ditulis disitu kalau rear lampsnya pajero aneh dan sama sekali ga ada sangarnya. Kalo komen please yg objektif

  • jelaga

    bung, kalau di website resmi ford, everest juga ada Lane Departure Warning dan Adaptive Cruise Control. Emang kalo urusan fitur, everest lumayan berlebih juga yah. Untuk kemampuan water wading pajero sport ama fortuner bagaimana yah?

  • Aloysius Sugiyanto

    Saluuut atas ulasannya yg menarik dan penuh wawasan. Kalau saya pribadi tertarik Pajero sport terbaru tuuuhhh !”.

  • NN

    Review ini terlihat dengan jelas berat sebelah dimana lebih mengunggulkan Fortuner. sekedar meluruskan bahwa All New Everest yang masuk ke Indonesia unggul dibandingkan dengan Fortuner dan Pajero Sport baru. Sebagian besar teknologi yang dimiliki oleh Everest baru adalah fitur-fitur first in class dan best in class. Feedback aja buat authornya untuk menuliskan fitur-fitur yang dimiliki oleh produk-produk yang dibahas secara lengkap. Thanks.

    • hilius

      Yoi kalau fitur jelas ford lebih berkelas alias lebih nyata suatu teknologi dlm fitur..kalau fortuner itu bukan fitur2..abs airbag hill start assist itu lebih kelengkapan kendaraan yg wajib..fitur parkinf assist itu kan nyata suatu teknologi ..setuju utk fitur jelas ford menang sbnrnya..hanya saja fitur2 canggih itu kdng di indo belum kepakai

    • ardana Bali

      Thanks buat ulassnnya..jadi saya ada baysngan sekarang..dari dulu saya selalu pake mobil eropa..and sementara memag belum terkalahkan secara kenyamanan dan keamanannya…tapi memag purna jual KO…but kali ini sy akan cobak pindah ke Jepang punya produk..tapi masih bingung tadinya dan sekarang tentunya sy sudah bisa tentukan yang mana akan masuk garasi saya nanti…thnks sekali lagi bang rynald…for your information

  • muda

    everest tampangnya amerika banget.. macho.

  • Marco

    Toyota wins this round period!

  • Hot marulitua

    Ini maticnya udah dual clutch blom semua?

  • Pradhana Rizki Wibowo

    Mau koreksi aja, kemarin liat beberapa review Thailand soal Pajero Sport, Kisi AC belakang nya masih ditaruh di atas kok…. Posisinya kayak AC nya Mitsubishi Pajero (yg bukan sport), di pinggir dekan grab rail… Makasih sebelumnya…

  • edy

    aduh pada ribut.. yg jelas untuk new fortie n PS yg bakalan msk indo kemungkinan bakalan pakai mesin lama melihat new triton & hilux tetap pake mesin lama. apakah fitur2 juga akan lgkp spt yg di luar??? fakta bahwa ford tidak menyunat apapun keluar dgn harga >500jt.. jd jika fortie & PS ga disunat apa2 ya harganya pasti > 500jt..

  • raden prb

    Aduh si ipoh ama samsul ribut di sini

  • Kevin Zikry

    MAZDA AK kelapa gading
    info dan pemesanan,hub :

    keevin (sales consultant)
    0812-2424-7133

  • fahri

    belum keluar di indonesia,tapi kemaren liat ford everest titanium di tangcity tangerang…joss mobilnya…

  • Reza Toro

    nice review (y)
    mas ridwan, klo boleh komparasi ford focus dngan kelasnya bisa ngk? soalnya mau tau siapa aja tandingannya

  • Aloysius Sugiyanto

    Ulasan anda bagus sekali, saya suka membacanya !

  • Barry

    Pendapat saya salah ngga ya, new Fortuner/new Innova, new Everest, dan new Pajero Sport ini All new di body saja. Ladder chassis masih pakai yang lama. Wheelbase dan lebar sama persis. Jadi ibarat mobil Lego, hanya ganti body atas saja. Please contact me if I’m wrong.

  • Deddi

    hanya berbagi pengalaman aja Gan, sy pakai all new everest mulai akhir des’15 yg paling sy sukai fitur cruise control nya…tinggal setting speed, setting jarak antar kend. depan trus lepas gas…mobil otomatis melambat/melaju sesuai mobil depan kita…istilahnya bisa nyetir sambil kaki bersila di kursi…hihi

  • Muhammad Fauzi Fanani

    Bissmillah. Everest tahun depan ?

  • Afat Mitsubishi

    yg mau test drive all new pajero sport , call ane aj agan agan . tq

    salam sukses