Paten Haojue HJ300 : Calon Suzuki GSX-S250 di Masa Depan

Paten Haojue HJ300 : Calon Suzuki GSX-S250 di Masa Depan
0  komentar

AutonetMagz.com – Segmen motor naked dengan mesin berkubikasi 250cc di Indonesia cukup ramai peminatnya, dan hal ini terbukti dengan beberapa produk yang muncul di segmen ini, baik yang menggunakan satu silinder maupun yang menggunakan dua silinder. Namun, ada dua pabrikan besar yang absen di segmen ini yaitu Suzuki dan juga Honda.

Nah, mungkin kalian akan protes, “Kan Suzuki punya Suzuki Inazuma alias Suzuki GW 250”. Yap, hal tersebut benar, namun pada kenyataanya pihak Suzuki agaknya sudah menyerah dengan motor CBU ini, dan memilih fokus ke segmen 150cc. Hal yang serupa pun terjadi pada Honda yang memiliki Honda CB250 Twister ataupun Honda CB300R di luar negeri, namun keduanya tak masuk ke pasar Indonesia. Nah, kita tinggalkan Honda, dan kembali ke Suzuki, dimana sebuah paten dari produk yang disinyalir adalah sosok motor naked Suzuki. Paten ini sendiri merupakan paten dari Haojue, China. Jika kalian tak tahu, Haojue sendiri adalah partner Suzuki di China yang menggarap beberapa produk Suzuki.

Produk – produk yang pernah digarap oleh Haojue sendiri adalah Suzuki GW250 alias Suzuki Inazuma 250, lalu Suzuki GSX-250R, dan juga Suzuki V-Storm 250. Nah, paten produk dari Haojue ini sendiri bernama Haojue HJ300, dan jika melihat kubikasinya, nampaknya motor ini akan diperlengkapi dengan mesin berkubikasi 300cc yang mana lazim di luar negeri. Nah, ada beberapa detail yang bisa kita tangkap dari produk ini, yaitu penggunaan suspensi depan model terbalik, alias USD. Selain itu, Haojue HJ300 ini sendiri juga menggunakan kaki – kaki yang gambot, hal yang memang selayaknya ada di motor di segmen ini. Di paten tersebut juga terlihat bahwa Haojue HJ300 menggunakan lengan ayun model biasa, dan jok model split seat.

Tangki dari Haojue HJ300 ini sendiri juga cukup berotot, pun begitu dengan shroud yang tajam dan berkarakter. Pindah sedikit ke bawah, Haojue HJ300 punya mesin yang cukup padat berisi, dan ada dua pipa yang keluar dari mesin, apa artinya? Mesin motor ini sudah dua silinder, dan semoga bukan mesin Suzuki GW250. Nampaknya mesin ini sendiri memang bukanlah milik Suzuki GW250 karena crankcase-nya relatif berbeda. Haojue HJ300 juga mempunyai undercrowl di sisi bawah, spatbor model gantung di sisi belakang, dan lampu depan belakang, dan lampu sein yang nampaknya sudah menggunakan teknologi LED.

Secara umum, tampilan dari Haojue HJ300 ini cukup cakep, dan sangat berbeda secara konsep jika dibandingkan dengan Suzuki GW250, sehingga nampaknya motor ini bukanlah suksesor dari motor tersebut melainkan motor baru. Nampaknya Haojue HJ300 sendiri bisa menjadi Suzuki GSX-S250 di masa depan, dan jika benar, kami berharap motor ini sudi menyambangi Indonesia. Bagaimana kalau menurut kalian? yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Sumber Gambar : Motorcycle

Read Prev:
Read Next: