Suzuki Mulai Rakit Jimny 5 Pintu Bulan Depan di India

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Suzuki Mulai Rakit Jimny 5 Pintu Bulan Depan di India
0  komentar

AutonetMagz.com – Lupakan sejenak tentang inden dari Suzuki Jimny 3 pintu yang bisa sampai bertahun-tahun itu. Dikutip dari Autocar India, Maruti Suzuki akan memulai produksi dari Suzuki Jimny 5 pintu pada April ini. Suzuki menargetkan untuk memproduksi sekitar 100.000 unit per tahun, dimana 66% di antaranya untuk konsumsi domestik. Sementara 34% lainnya tampaknya akan dialokasikan untuk ekspor. Apakah Indonesia termasuk didalamnya?

Target Produksi

Maruti Suzuki menargetkan untuk mengalokasikan sekitar 7.000 unit untuk pasar India setiap bulannya. Sejauhini, Maruti Suzuki telah mengumpulkan lebih dari 18.000 pemesanan untuk mini off-roader tersebut. Suzuki Jimny tersedia dalam empat varian, Zeta and Alpha dengan pilihan transmisi manual atau otomatis di setiap variannya. Kemungkinan Maruti Suzuki akan memprioritaskan produksi trim Alpha sebagai flagship.

Ditenagai oleh mesin bensin K15B 105hp, 1,5 liter yang dipasangkan dengan transmisi manual 5-speed atau transmisi otomatis torque conventer 4-speed. Menyangkut perlengkapan off-road yang dimilikinya, Suzuki Jimny memiliki sistem AllGrip Pro 4WD. Dilengkapi dengan transfer case manual dan low range gearbox dengan mode ‘2WD-high’, ‘4WD-high’ dan ‘4WD-low’.

Prediksi Harga

Maruti diharapkan dapat membanderol harga Jimny dibawah Rs 12 lakh (Sekitar 240 jutaan) dan kemungkinan akan mulai dijual pada Mei 2023. Saat versi 5 pintu ini diluncurkan, belum ada saingan langsung dari merek lain. Tetapi, sepertinya Mahindra Thar dan Force Gurkha juga mengembangkan versi 5 pintu layaknya Suzuki Jimny.

Sementara itu, Suzuki sedang mempersiapkankan Jimny versi full-electric yang pertama kali akan dijual di Eropa dalam bentuk tiga pintu. Versi EV dengan lima pintu akan menyusul dan akan dirakit di India. belum ada rincian lebih lanjut, tetapi versi setrum dari Suzuki Jimny tersebut bisa saja baterai 60kWh seperti pada konsep eVX yang ditampilkan di Auto Expo 2023.

Bagaimana menurut kalian? apakah Suzuki Jimny 5 pintu ini wajib ada di Indonesia? kira-kira berapa harga yang cocok? sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: