TMS 2019 : Suzuki Boyong Duet Gixxer 250, Ada Naked & Fairing!

TMS 2019 : Suzuki Boyong Duet Gixxer 250, Ada Naked & Fairing!
0  komentar

AutonetMagz.com – Kembali ke arena Tokyo Big Sight dimana Tokyo Motor Show (TMS) 2019 masih berlangsung, ada dua buah motor yang menarik perhatian kami di booth dari Suzuki. Mengapa? Mudah, karena keduanya tidak bisa kami temukan di pasar Indonesia, padahal ada peluang bagi keduanya untuk mengaspal di tanah air. Keduanya adalah Suzuki Gixxer 250 Series, hanya yang satu adalah versi naked dan satunya versi Sport Fairing. Mari kita kupas lebih dalam.

Suzuki Gixxer 250 (Naked)

Oke, supaya pembahasannya lebih mudah, maka akan kami pisah dalam subjudul versi naked dan SF. Pertama untuk versi naked, Suzuki Gixxer 250 hadir dengan tampilan yang cukup berotot. Motor dengan bobot 156 kg ini menggunakan shroud yang tergolong sangat besar hingga memberikan kesan gemuk. Lampu depannya sudah LED dengan bentuk semi lonjong-kotak. Sayangnya, suspensi depannya masih menggunakan model teleskopik biasa, pun begitu dengan lampu sein yang masih bohlam. Velg menggunakan model castwheel berkelir hitam dengan spatbor depan yang cukup besar dan piringan cakram yang diameternya juga besar.

Motor ini menggunakan mesin 250cc yang dilindungi di sisi bawah dengan undercrowl. Crankcase-nya diberi warna copper. Sedangkan tangkinya berkapasitas 12 liter dan dibuat cantik dan muscular dengan lekukan di sisi samping. Jok-nya model split seat, dan knalpotnya memiliki dua lubang. Rem belakang sudah cakram, walaupun swing arm-nya masih kotak. Di ban belakang juga mendapatkan tambahan mud guard yang ditempel ke swing arm. Untuk ban, Suzuki Gixxer 250 menggunakan profil 110/70 di depan dan 150/60 di sisi belakang. Tenaga maksimal motor ini mencapai 26 hp dengan torsi 22,6 Nm.

Suzuki Gixxer SF 250

Oke, kita beralih ke versi sport fairing, atau dengan mudah kita singkat SF. Suzuki Gixxer SF 250 mendapatkan semua yang dimiliki oleh Suzuki Gixxer 250 versi naked. Ada beberapa titik yang menjadi pembeda antara versi naked dan SF. Pertama, tentunya pada penggunaan fairing di motor ini. Penggunaan fairing di Suzuki Gixxer SF 250 ini jujur saja langsung mengangkat tampilan dari motor ini menjadi lebih cantik. Apalagi, lampu utama berteknologi LED yang dimiliki oleh Suzuki Gixxer SF 250 ini memiliki bentuk yang sporty sekaligus cantik dan merujuk pada GSX-Series berkubikasi besar.

Selain penggunaan fairing, bisa dikatakan perbedaan dari Suzuki Gixxer SF 250 dengan versi naked-nya hanya berkutat di sekitaran komposisi warna saja. Untuk mesin pun sama persis dengan milik versi naked-nya, hanya saja dalam tabel spesifikasi torsi dari Suzuki Gixxer SF 250 lebih besar. Jika Suzuki Gixxer 250 memiliki torsi 22,6 Nm, maka Suzuki Gixxer SF 250 memiliki torsi 23 Nm. Transmisi yang diusung pun masih sama – sama 6 percepatan manual. Penambahan fairing di Suzuki Gixxer SF 250 juga memberikan tambahan bobot mencapai 5 kg, sehingga untuk versi SF ini bobotnya mencapai 161 kg.

Jadi, bagaimana menurut kalian sosok Suzuki Gixxer SF 250 dan Suzuki Gixxer 250 yang dipajang di TMS 2019 ini? Cocokkah kalau dimasukkan ke Indonesia? Kami paham bahwa beberapa dari kalian akan mengernyit dengan spesifikasi silinder jomblonya, namun kalau dibuat 2 silinder bagaimana?

Read Prev:
Read Next: