Maruti Swift Dzire Generasi Ketiga Tertangkap Kamera, Lebih Cantik?

Maruti Swift Dzire Generasi Ketiga Tertangkap Kamera, Lebih Cantik?
0  komentar

AutonetMagz.com – Pasar sedan nampaknya tak terlalu dilirik oleh Suzuki di Tanah air, hal itu terbukti karena PT SIS hanya memasukkan Ciaz saja untuk mengisi pasar compact sedan yang dirajai oleh Honda City dan Toyota Vios. Padahal, Suzuki masih memiliki sebuah sub-compact sedan yang diambil basisnya dari Suzuki Swift, mobil ini juga menyandang nama Swift karena identik fascia depannya, namun sisi belakangnya diberikan tambahan sehingga memenuhi syarat sebuah sedan, seperti Suzuki SX-4 dan Neo Baleno. Dan mobil ini dikenal dengan nama Suzuki Swift Dzire.

Mobil ini bisa dikatakan sebagai pundi pundi uang bagi Maruti Suzuki di India sana, padahal jika kita lihat, bentuknya terlihat kurang proporsional, bahkan cenderung tidak enak dipandang. Tampang kalem Swift di depan dipadukan dengan bentuk yang agak maksa di belakang. Nah, beberapa waktu lalu saat menuliskan artikel tentang peluang kemunculan All New Swift, kami sempat memberikan bocoran bahwa Swift Dzire akan meluncur lebih dahulu di bulan mei nanti, dan kini sang sedan telah tertangkap kamera bentuknya tanpa kamuflase, bahkan tak hanya sisi ekteriornya yang terungkap, namun juga sisi interiornya.

Dikutip dari Sahabat kami di India, Indianautosblog.com, Swift Dzire ini terlihat mengambil rupa All New Suzuki Swift seperti pendahulunya, namun dengan beberapa ubahan. Dzire memiliki grill yang besar dengan bertaburkan ornamen krom di sana – sini, serta logo S ala Suzuki yang tak kecil. Lampu depan menggunakan model proyektor, dan dihiasi dengan LED DRL. Desain bumper-nya dilengkappi juga dengan lis krom yang diapit sepasang foglamp. Pilar A Dzire tidak dibuat ala floating roof seperti Swift, namun diwarna sewarna bodi.

Beralih ke sisi belakang, tampilannya memang masih belum bisa dikatakan cantik, namun setidaknya Maruti Suzuki bisa memperbaiki desainnya dibandingkan pendahulunya. Chrome Garnish menghiasi sisi belakang sedan ini, tidak terdeteksi adanya sensor parkir ataupun kamera parkir. Gambar yang terlampis menunjukkan mobil ini masih menggunakan velg kaleng biasa, bisa saja ini varian entry level dari Dzire. Lampu belakangnya tak terlalu spesial dari sisi desain, namun terlihat Dzire sudah menggunakan teknologi LED pada stoplamp-nya. Namun terlihat mobil ini sudah menggunakan antena model shark fin, well done walau tidak signifikan.

Masuk ke dalam, mungkin kita bisa berspekulasi bahwa Swift generasi terbaru akan memiliki beberapa detail interior yang mirip dengan versi Dzire ini. Pertama tentu yang paling mencolok adalah model setir yang baru, tak seperti model Swift yang ada sekarang. Foto terlampir sepertinya adalah tipe Z dari Dzire yang merupakan tipe tertinggi. Hal ini terlihat dari beberapa ornamen, termasuk setirnya. Kini setir kulitnya terlihat lebih sporty dengan bentuk membulat ditengah, dan flat bottom serta tentunya ada audio steering switch control tanpa cruise control. Selain itu ada panel kayu yang mungkin terlihat kurang pas dan murahan saat diaplikasikan di setirnya.

Interiornya menggunakan model two tone color seperti Dzire yang ada saat ini di India. Dzire mendapatkan model instrumen yang serupa dengan All New Suzuki Swift, namun perbedaan sangat kentara di kisi AC. Kisi AC membulat ala Swift terbaru absen di Dzire, diganti dengan model yang serupa milik Suzuki SX-4 S-Cross. Selain itu teknologi AC sudah menganut tipe AC Digital. Sebuah panel kayu  yang senada dengan yang diaplikasikan di setir juga diaplikasikan di dashboard. Head unit-nya sudah menggunakan layar sentuh yang memiliki fitur Android Auto dan Apple CarPlay.

Dari sisi mesin, nantinya Swift Dzire akan menggunakan mesin Diesel 1.300cc DDiS 190 4 silinder seperti yang digunakan generasi sebelumnya. Mesin tersebut akan memproduksi tenaga 75 PS dan torsi super 190 Nm untuk mobil yang cukup mungil. Selain varian diesel, ada pula varian mesin bensin yang berkubikasi 1.200 cc 4 silinder berkode K12B. Tak asing dengan kode tersebut? Tentu, karena itu adalah mesin yang serupa dengan milik Suzuki Splash. mesin tersebut bertenagan 84 hp dan torsi 114 Nm. Transmisi untuk Dzire ada 3 macam, pertama transmisi manual 5 percepatan untuk kedua varian mesin. Lalu matik 5 percepatan AGS untuk varian diesel, dan  4 percepatan automatic untuk varian bensin.

Dengan ubahannya kini, Dzire tentu diharapkan menjadi pundi pundi Rupee bagi Maruti. Nah, kira2 apakah mobil ini terlihat oke? Bagaimana bila masuk Indonesia? Sampaikan komentarmu ya.

Read Prev:
Read Next: