Pabrik Volkswagen Indonesia Rakit 6 Ribu Mobil Setahun, Apa Saja?

by  in Berita&Merek Mobil&Nasional
Pabrik Volkswagen Indonesia Rakit 6 Ribu Mobil Setahun, Apa Saja?
0  komentar

AutonetMagz.com – Volkswagen Indonesia yang digawangi oleh Garuda Mataram Motor (GMM) akhirnya memulai produksi lokalnya di tanah air per bulan lalu. Dan salah satu komoditas yang digarap di pabrik tersebut adalah Volkswagen Tiguan Allspace yang baru diperkenalkan di GIIAS 2019 silam dan dikirim ke konsumen baru – baru ini. Kali ini, kami akan membahas lebih jauh mengenai kabar pabrik Volkswagen Indonesia, termasuk kemungkinan model lain yang dirakit lokal.

Jadi, pabrik perakitan dari Volkswagen Indonesia berada di kawasan Cikampek, dengan luas lahan sebesar 60.000 meter persegi. Nah, proses produksi lokal dari Volkswagen Tiguan Allspace sendiri untuk saat ini sebatas perakitan lokal saja, bukan diproduksi secara part to part di Indonesia. Namun, langkah ini patut diapresiasi karena setidaknya harga jual dari Volkswagen Tiguan Allspace bisa ditekan dengan baik. Untuk saat ini, Volkswagen Tiguan Allspace dibanderol dengan harga 598 jutaan Rupiah. Memang angka tersebut tidak murah, namun setidaknya bisa memperkecil gap dengan harga produk serupa dari merk Jepang.

Nah, pabrik perakitan Volkswagen di Indonesia sendiri memiliki kapasitas produksi mencapai 6.000 unit per tahunnya. Dari angka tersebut, sepertiganya alias 2.000 unit bakal disumbangkan oleh Volkswagen Tiguan Allspace. Untuk penghujung tahun 2019 ini, pihak Volkswagen menargetkan produksi dari Volkswagen Tiguan Allspace mencapai 1.000 unit alias separuh dari target tahunannya. Lantas, kalau Volkswagen Tiguan Allspace hanya ditargetkan 2.000 unit per tahun, bagaimana dengan sisanya? Tentunya ada produk lain yang bisa dirakit di pabrik Volkswagen Cikampek ini.

SAMSUNG CSC

Sekilas pandang saja, saat ini Volkswagen menjual beberapa model lain seperti Volkswagen Polo, Volkswagen Golf, Volkswagen Scirocco, dan Volkswagen Caravelle Multivan. Nah, kecuali Volkswagen Polo, keseluruhan model Volkswagen di Indonesia masih didatangkan utuh dari Jerman yang membuat banderolnya melonjak tinggi diatas para pesaingnya. Jadi, bisa saja ke depannya pihak Volkswagen akan merakit lokal salah satu atau seluruh model yang dijual di Indonesia. Termasuk Polo? Bisa saja, atau malah mungkin Volkswagen Polo Cross.

Selain itu, ada peluang juga untuk berbagi pabrik antara pihak Volkswagen dan Audi yang memang satu aliansi dan juga satu APM di Indonesia. Jadi, apa tanggapan kalian, kawan? Kalau menurut kalian, mobil apa yang layak dirakit lokal oleh Volkswagen di Indonesia?

Read Prev:
Read Next: