Masalah Pompa Bahan Bakar, Volkswagen Recall 280 Ribu Mobil

Masalah Pompa Bahan Bakar, Volkswagen Recall 280 Ribu Mobil
0  komentar

AutonetMagz.com – Volkswagen sepertinya masih belum lepas dari perkara recall yang bertubi – tubi harus dilakukan pada produk – produknya. Namun kali ini recall dari VW tak akan berhubungan dengan skandal dieselgate yang menimpanya beberapa waktu terakhir. Sebuah program recall disuarakan oleh pabrikan asal Jerman ini di Amerika Serikat, dan program ini ditujukan pada model Volkswagen Passat dan Volkswagen Passat CC.

Kedua mobil ini sendiri mengalami masalah di pompa bahan bakarnya, dan masalah ini sendiri diketahui oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), lalu ditindak lanjuti dengan mengharuskan VW untuk memberikan pembenahan terkait produknya tersebut. Pihak VW sendiri menyatakan bahwa pihak berwenang di China-lah yang pertama kali menemukan masalah ini, dimana kontrol modul dari pompa bahan bakar untuk mesin empat silinder mereka tersebut rentan terjadi kesalahan.

Dan investigasi yang dilakukan di China sendiri menghasilkan sejumlah recall  yang akhirnya juga diperluas ke Amerika Serikat di bawah pengawasan NHTSA yang membuat 280.915 unit Volkswagen Passat dan Volkswagen Passat CC harus di recall. Untuk kedua mobil yang bermasalah adalah yang diproduksi dari tahun 2009 hingga tahun 2016 untuk model Volkswagen Passat CC, sedangkan untuk Volkswagen Passat Wagon dan Volkswagen Passat Sedan adalah unit yang diproduksi tahun 2006 hingga tahun 2010.

Kesalahan yang terjadi di modul kontrol pompa bahan bakar kedua mobil ini sendiri dapat terjadi saat adanya tekanan secara mekanikal yang membuat komponen elektronika ini melakukan interupsi yang tak seharusnya pada power supply menuju pompa bahan bakar. Tentunya malfungsi pada sektor pompa akan terjadi saat kegagalan modul kontrol ini terjadi. Untuk menanggulangi perkara ini, pihak Volkswagen sendiri akan mengganti pompa bahan bakar lama yang terpasang pada mobil dengan pompa bahan bakar baru yang diambil dari supplier  yang berbeda.

Ya, walaupun dengan tereksposnya masalah ini, terlihat bahwa Volkswagen masih memiliki masalah internal terkait quality control dari para supplier-nya, namun patut kita hargai usaha mereka untuk bertanggung jawab terhadap lebih dari 280 ribu unit produk mereka. Bagaimana kalau menurut kalian? Yuk sampaikan di kolom komentar.

Read Prev:
Read Next: