Volkswagen Berambisi Kalahkan Angka Produksi EV Tesla

Volkswagen Berambisi Kalahkan Angka Produksi EV Tesla
0  komentar

Autonetmagz.com – Volkswagen (VW) Group merupakan salah satu perusahaan konglomerat terbesar di dunia dengan kepemilikan mereka atas nama-nama seperti Audi, Porsche, Lamborghini dan masih banyak lagi. Lantas, raksasa Jerman tersebut ingin mencicipi segmen mobil listrik atau EV (Electric Vehicle) yang sangat kompetitif dimana mereka memiliki sebuah tujuan, yaitu mengalahkan Tesla Motors yang telah menjadi market leader penjualan mobil listrik dalam beberapa tahun terkahir.

Pabrikan asal Wolfsburg tersebut menyatakan kalau mereka memiliki satu senjata untuk mengalahkan Tesla dalam perang EV, yakni kekuatan produksi massal. Bernd Osterloh selaku kepala dari Volkswagen Work Council menyatakan kalau VW Group berencana untuk menyalip angka produksi Tesla selama tiga tahun kedepan. Namun ini akan menjadi tugas yang berat untuk VW Group dikarenakan Tesla memiliki dua pabrik produksi mobil listrik terbesar di dunia yakni Gigafactory Fremont dan Gigafactory Shanghai. Manufaktur milik Elon Musk tersebut memiliki kapasitas produksi sebanyak 690.000 mobil dalam kuartal terakhir 2019 kemarin dan berencana untuk meningkatkan angka tersebut untuk mobil-mobil baru mereka yaitu Tesla Model Y beserta model terlarisnya Tesla Model 3.

Tesla pun akan terus menginjak gas produksi dengan dua calon Gigafactory terbaru mereka di Texas dan Berlin dimana masing-masing diproyeksi untuk memproduksi sebanyak 500.000 unit mobil setiap tahunnya. Digabungkan dengan pabriknya di Fremont dan Shanghai, Tesla diprediksi akan memproduksi sebanyak dua juta unit kalau semua berjalan sesuai kapasitas maksimal. Perlu di ketahui bahwa Gigafactory Berlin dan Texas baru akan mulai produksi tahun depan dan akan memerlukan waktu untuk bisa mencapai kapasitas maksimum mereka. Untuk bisa menyalip Tesla, VW Group harus berpikir ambisius demi menambah angka produksinya.

Lantas mereka mengkonversi pabrik Zwickau untuk memproduksi mobil listrik dan VW Group akan mulai melakukan hal yang sama terhadap fasilitasnya di Emden untuk mengeluarkan mobil listrik mulai tahun 2022 mendatang. Dalam rencana ekspansi produksi EV mereka, VW Group akan membangun pabrik baru di Tennessee, berdekatan dengan pabrik yang sudah ada di Chattanooga. Raksasa Jerman tersebut bahkan bersedia untuk mengubah fasilitas Wolfsburg mereka untuk memenuhi kapasitas produksi EV-nya jika diperlukan. Namun, untuk saat ini sebenarnya VW Group sudah memiliki beberapa model EV dalam lineup-nya di Audi dan Porsche. Tetapi mereka ingin gencar memproduksi massal mobil listrik melalui nama Volkswagen itu sendiri.

Akankah Volkswagen menyalip angka penjualan Tesla dalam tiga tahun kedepan? Tulis opini kalian di kolom komentar ya.

Read Prev:
Read Next: