NJKB Nissan Leaf Muncul, Kicks Tambah Trim?

NJKB Nissan Leaf Muncul, Kicks Tambah Trim?
0  komentar

AutonetMagz.com – Persaingan mobil dengan inovasi powertrain semakin memanas dalam skenario pasar otomotif Tanah Air. Berbagai kendaraan hybrid hingga fully electric mulai hadir memberikan masyarakat Indonesia berbagai macam jenis kendaraan. Hal ini tak mau didiamkan saja oleh PT Nissan Motor Indonesia (NMI) selaku agen tunggal pemegang merk (ATPM) pabrikan asal Jepang tersebut. NMI melihat peluang pergeseran pasar otomotif Indonesia ke ranah yang lebih ‘menyetrum’ semakin terbuka lebar.

Panas melihat Hyundai, Lexus, dan BMW yang sudah mengeluarkan mobil listrik, Nissan akhirnya memulai pergerakannya dengan memasukkan jagoan electric vehicle (EV) mereka yaitu Leaf. Tak tanggung-tanggung, small SUV dengan teknologi e-power khas Nissan yaitu Kicks juga turut ditambahkan lagi trim-nya lewat bukti nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) Nissan per 2021 ini. Berikut fakta menarik yang ada pada NJKB tersebut.

Satu Trim Saja Untuk Leaf

Melihat dari lampiran Permendagri no. 1 tahun 2021, terlihat adanya nama Leaf yang tercantum dalam urutan ke 231 dalam kategori minibus. Itu berarti pihak NMI telah mendaftarkan EV unggulan Nissan tersebut untuk masuk ke dalam list pasar mobil listrik di Indonesia. Walaupun terlihat hanya ada satu trim saja yang didaftarkan, mobil ini termasuk yang ditunggu-tunggu setelah direncanakan muncul sejak 2019 lalu. Akhirnya setelah dua tahun ya, Nissan.

Di luar negeri, Nissan Leaf memiliki dua powertrain dengan pilihan baterai 40 kWh (Leaf) atau 62 kWh (Leaf Plus). Trim Leaf memiliki output 147 hp dengan torsi 320 Nm dan range 220 km, sementara Leaf Plus punya output hingga 215 hp dengan torsi 340 Nm dan range 325 km. Melihat dari spesifikasinya, Leaf ini cocok menjadi rival Ioniq untuk saat ini. Namun melihat harga NJKB yang menyentuh Rp 534 juta, Leaf sepertinya akan lebih mahal dibandingkan Ioniq dengan kompensasi performa yang lebih mumpuni. Hayo Nissan jangan tanggung ya sekalian masukin trim Leaf Plus aja.

Trim Kicks Bertambah?

Selain nama Leaf yang menarik perhatian, tepat di atasnya ada Kicks e-power yang sekarang memiliki tipe High, Mid, serta Upper. Sebelumnya diketahui bahwa Nissan Kicks e-power dijual hanya satu trim saja di Indonesia yaitu e-power 1.2L dengan harga Rp 451 juta. Kini dengan penamaan trim mengikuti cara Nissan terbaru seperti yang diaplikasikan pada Magnite, calon konsumen Nissan Kicks e-power diberikan range pilihan yang semakin bervariasi dengan tambahan dua trim ini.

Masih menggunakan embel-embel e-power, ketiga trim Kicks ini diprediksi tetap menggunakan mesin HR12DE dengan motor listrik EM57 serta bertransmisi otomatis. Perbedaan sepertinya ada pada fitur yang disediakan oleh pihak NMI. Dengan urutan trim dari yang paling rendah yaitu Mid (Rp 282 juta), High (Rp 303 juta), dan Upper (Rp 319 juta), Kicks e-power sepertinya mencoba untuk menggapai konsumen baru dengan range harga yang variatif.

Dengan kemunculan Leaf serta trim Kicks e-power terbaru, akankah Nissan bisa menarik hati masyarakat Indonesia? Berhasilkah strategi NMI dalam memasuki segmen EV serta mobil hybrid yang semakin memanas? Mari kita ikuti update berikutnya dari Nissan sembari memberikan komentar kalian pada kolom di bawah.

Read Prev:
Read Next: