Nissan Skyline 2020, Facelift Persekutuan GT-R

by  in Mobil Baru&Nissan
Nissan Skyline 2020, Facelift Persekutuan GT-R
0  komentar

Autonetmagz.com – Ingat saat Nissan yang kala itu berada dalam pimpinan Carlos Ghosn, mengambil keputusan untuk memisahkan marga Skyline dengan gelar GT-R? Hal tersebut membuat perbedaan strata yang cukup signifikan antara sang sedan garis langit dengan kaiju khas Nissan dari mulai performa, platform, hingga bentuknya yang sudah tidak sebelas duabelas lagi. Tengok saja Nissan Skyline (Infiniti Q50) dengan Nissan GT-R tahun lalu, seperti membandingkan seorang yang maskulin dengan seorang lagi yang lebih atletis. Sejauh itu memang gap yang dibuat oleh Nissan untuk memisahkan dengan jelas Skyline dan GT-R saat ini. Tapi mungkin, sekarang kita bisa mengucapkan selamat tinggal kepada gap antar Skyline dan GT-R tersebut.

Baru-baru ini, Nissan mengambil sebuah ‘keputusan’ yang cukup heboh, yaitu dengan merilis Nissan Skyline Facelift 2020 dengan beberapaelemen khas yang dapat ditemukan pada GT-R. Anda langsung sadar bukan saat melihat foto thumbnail di atas tadi, elemen apa saja yang dicomot dari GT-R? Mari kita sebut satu persatu, mulai dari fascia depan ada V-Motion grille khas GT-R yang lebih diperbesar. Untuk rupa headlamp serta housing foglamp dan daytime running light (DRL), Nissan masih menyamakannya dengan yang terdahulu. Pindah ke samping, kesan Skyline atau Q50 terdahulu masih sangat kental karena tidak ada ubahan bentuk sama sekali dari pilar sampai ke kaki-kakinya.

Namun, menurut kami yang paling menarik dalam facelift 2020 ini justru ada di bagian belakangnya. Taillight yang sekarang berisi signature paling khas dari GT-R yaitu lampu bergaya ‘Oo oO’ membuat perbedaan buritan Skyline jadi signifikan. Mungkin anda belum sadar sebelum kalimat ini selesai, bahwasannya ubahan yang terjadi pada sektor ini benar-benar hanya pada bagian lampunya saja. List chrome masih serupa, outline taillight sama, hingga ke bagian diffuser dan exhaust juga belum berubah. Skyline terbaru ini juga lebih Panjang 20 mm dibandingkan versi sebelumnya. Truly, little detail that can change our perspective about this Skyline. Eh tunggu dulu, antena shark fin-nya kemana?

Anyway, mari kita pindah ke bagian interiornya. Melihat sekilas ke dalam, nuansa yang dikeluarkan Skyline memang masih kental akan tema luxurious. Penambahan aksen panel kayu dari mulai door trim hingga ke bagian konsol tengah semakin menguatkan tema tersebut. Sedan yang di luar terkenal dengan nama Q50 ini juga sudah dipasangkan monitor Advanced Drive Assist Display 7-inci, NissanConnect yang support in-car wifi, dan pastinya sistem semi-autonomous yang telah dijanjikan oleh Nissan saat mobil ini sudah dalam tahap pre-release, ProPilot 2.0.

Pindah ke bagian utama dari sebuah mobil yaitu sektor permesinan. Dilengkapi mesin bensin V6 twin turbo berkapasitas 3.000cc (VR30DDTT) yang disalurkan ke penggerak roda belakang, menghasilkan tenaga sebesar 300 hp dengan torsi 475 Nm. Mesin tersebut nantinya tersedia pada trim GT SP, GT P, dan GT. Adakah pilihan mesin yang lebih hemat? Tenang, Nissan menyiapkan pilihan mesin hybrid yang menggabungkan V6 3.000cc n/a (VQ35HR) ditambah motor listrik (HM34) yang menghasilkan output sebesar 302 hp dengan torsi 350 Nm dan dikawinkan dengan transmisi 7-percepatan. Mesin hybrid ini juga tersedia dalam pilihan RWD maupun 4WD.

Lalu adakah pilihan trim yang jauh lebih ganas? Eh banyak maunya ya hehe tapi tenang Nissan mengeluarkan versi 400R yang memaksimalkan mesin VR30DDTT dikawinkan transmisi 7-percepatan yang menyemburkan tenaga hingga 400 hp dengan torsi 475 Nm. Semua output tersebut disalurkan ke penggerak roda belakang. Ngomong-ngomong soal 400R, jadi teringat nomenklaturnya yang juga menjadi salah satu versi terbuas dari GT-R R33 nih.

Itulah Nissan Skyline 2020 facelift yang membuat kami sedikit kaget. Untuk harganya sendiri mobil ini berkisar pada rentang harga Rp 550 jutaan hingga Rp 780 jutaan, sayangnya Nissan baru merilis mobil ini untuk pasar Jepang saja, belum ada kabar lebih lanjut apakah versi facelift internasional juga akan seperti ini. Karena munculnya mobil ini yang memakai kembali elemen bahkan nomenklatur dari sang Gojira, apakah nantinya Nissan memiliki niat untuk menyatukan kembali Skyline dengan GT-R? Sambil menunggu konfirmasi resmi dari pihak Nissan, bagaimana jika kalian mengisi kolom komentar di bawah dengan opini mengenai Skyline terbaru ini?

Read Prev:
Read Next: