Nissan Leaf Merayakan HUT-nya Yang Ke-10!

by  in  Berita & Merek Mobil & Mobil Baru
Nissan Leaf Merayakan HUT-nya Yang Ke-10!
0  komentar

Autonetmagz.com – Nissan Leaf merupakan salah satu mobil listrik paling laku di dunia dan ia merayakan ulang tahunnya dengan pencapaian yang luar biasa. Mobil kecil ini berhasil menjual 500.000 unit selama 10 tahun produksinya dan unit ke-500.000 tersebut sudah terjual kepada pemiliknya di Norwegia pada bulan September lalu. Jadi untuk merayakan HUT serta pencapaian si Nissan Leaf, mari kita bahas sejarahnya secara singkat.

Nissan Leaf memulai kehidupannya saat Nissan memperkenalkannya pada tahun 2010 lalu. Generasi pertama Nissan Leaf menghasilkan 107 hp dan torsi sebesar 280 nm dari motor listriknya yang digerakan oleh baterai lithium ion berkapasitas 24 kWh. Generasi pertama Nissan Leaf dengan kode chasis ZE0 hanya memiliki jarak tempuh 175 km yang bisa dibilang cukup pendek untuk mobil listrik modern. Selain itu harganya tidak berbeda dengan kompetitor-kompetitornya yang masih menggunakan mesin injeksi. Lantas konsumen masih memilih mobil konvensional ketimbang si Nissan Leaf.

Namun dalam 7 tahun produksinya, Nissan terus memperbarui Leaf generasi pertama dengan penambahan jarak tempuh serta memberikan baterai lebih besar. Mencapai akhir tahun produksinya di 2017, Nissan berhasil menjual 303.768 unit Leaf secara global. Selama periode 7 tahun, Nissan Leaf generasi pertama berhasil mendapat penghargaan diantaranya mobil listrik (EV) terlaris di dunia dan World Car of The Year pada 2011.

Setelah kesuksesan generasi pertamanya, Nissan langung meluncurkan generasi kedua Leaf dengan kode chasis ZE1 pada kuartal akhir 2017. Kali ini Nissan Leaf menggunakan motor listrik lebih besar yang menghasilkan 147 hp dan torsi sebesar 320 nm. Baterainya juga mendapat upgrade menjadi 40 kWh yang membuat Nissan Leaf generasi kedua bisa berjelajah sejauh 243 km. Nissan Leaf generasi kedua juga mendapatkan semua fitur-fitur keselamatan serta teknologi terbaru Nissan dalam bentuk Nissan Pro Pilot Assist. Nissan Leaf generasi terkini juga mendapatkan varian e+ dimana jarak tempuhnya ditambah menjadi 385 km dengan bantuan baterainya yang lebih besar, 62 kWh lebih spesifiknya. Tenaga juga mengalami peningkatan dimana sekarang Nissan Leaf e+ menghasilkan 214 hp, nice!

Nah sekarang pada 2020, Nissan Leaf akhirnya bisa merayakan ulang tahunnya yang ke-10 dan kesuksesan menjual 500.000 unit selama umur produksinya menjadi kado ulang tahun terbaik untuknya. Dengan lebih banyaknya mobil-mobil listrik affordable yang masuk ke pasar seperti Tesla Model 3, Volkswagen ID 3, Hyundai Kona Electric, MINI Electric dan Kia Soul EV jelas si Nissan Leaf akan memiliki kompetisi berat. Tapi ia spesial karena telah menjadi salah satu pelopor munculnya mobil listrik murah.

Bagaimana menurut kalian soal Nissan Leaf dan sejarahnya? Tulis di kolom komentar ya.

Read Prev:
Read Next: