Nissan 370Zki Concept : Fairlady Yang Pintar Bermain Salju

Nissan 370Zki Concept : Fairlady Yang Pintar Bermain Salju
0  komentar

AutonetMagz.com – Biasanya kalau kita menyambut sebuah pameran otomotif tahunan yang skalanya besar, maka jelas akan ada banyak teaser yang muncul baik mobil baru ataupun mobil konsep. Namun mobil konsep selalu lebih menarik, karena pabrikan biasanya menuangkan ide ‘tergila’ mereka di mobil – mobil konsep mereka. Nah, kali ini Nissan juga melakukan hal yang sama untuk menyambut Chicago Auto Show 2018.

Chicago Auto Show 2018 sendiri dilaksanakan di di bulan Februari 2018 ini, tepatnya pada tanggal 10 Februari mendatang hingga 19 Februari 2018. Nah, untuk memeriahkan gelaran ini, pihak Nissan memang sengaja membuat sebuah mobil konsep yang ‘nyeleneh’, namun tak sepenuhnya aneh karena Nissan sudah pernah melakukan hal ini sebelumnya. Yap, pihak Nissan Amerika Serikat memperkenalkan Nissan 370Zki Concept, sebuah Nissan 370Z Fairlady yang punya kapabilitas untuk menjinakkan trek bersalju. Kehadiran Nissan 370Zki Concept sendiri bukanlah yang pertama kali bagi Nissan, karena di tahun 2016 kemarin Nissan juga sudah pernah meluncurkan Nissan Winter Warrior series.

Di 2016 silam, Nissan Winter Warrior terdiri atas tiga model yang kesemuanya adalah SUV, yaitu Nissan Rogue, Nissan Pathfinder, dan Nissan Murano yang punya spesifikasi yang bisa menjinakkan trek bersalju. Nah, jika kemarin model SUV sudah, Nissan menggali kembali ide gila dengan melakukan treatment yang sama ke sebuah sportcar mereka. Nissan 370Zki Concept sendiri diperkenalkan lebih cepat, yaitu pada hari Minggu, 4 Februari 2018 silam, dan akan dibawa ke publik di ajang Chicago Auto Show 2018.  Nah, berbeda dengan ketiga SUV yang kami sebutkan sebelumnya, Nissan 370Zki Concept hanya mengaplikasikan American Track Truck’s Rubber tracks pada bagian belakang mobil saja, sedangkan di posisi ban depan diisi dengan papan ski sesuai dengan namanya.

Nissan 370Zki Concept sendiri merupakan hasil dari The Westside Group, California yang ditunjuk langsung oleh pihak Nissan. Penggarapan Nissan 370Zki Concept sendiri tidaklah mudah, karena para pekerja harus mengganti keseluruhan dari drivetrain standar milik Nissan 370Z untuk memberi ruang bagi modifikasi yang akan dilakukan. Selain itu perlu juga dilakukan penyesuaian pada rem dan juga knalpot dari mobil ini karena adanya modifikasi yang ekstrim ini. Berikutnya, sektor suspensi dari mobil juga menjadi perhatian karena medan yang akan dihajar oleh mobil ini cukup ekstrim, dimana set suspensinya membuat mobil ini meninggi 3 inci dan juga ditambahkan pula adapter sehingga papan ski bisa bermanuver dengan baik.

Secara umum, pihak Nissan sudah cukup baik menerjemahkan Nissan 370Zki Concept ini sebagai penjinak salju, dan bagi kalian yang beranggapan bahwa mobil semacam ini akan diproduksi, maka kalian harus kecewa karena sudah jelas Nissan hanya membuat mobil macam ini untuk dipamerkan saja, bukan diproduksi. Jadi, menurut kalian bagaimana Nissan 370Zki Concept ini? Kalau di Indonesia mungkin bisa membuat Nissan 370Z anti banjir atau anti macet.

Read Prev:
Read Next: