Xpander Cross Hadir, X-Gear Berpotensi Kembali?

Xpander Cross Hadir, X-Gear Berpotensi Kembali?
0  komentar

AutonetMagz.com – Kemunculan Mitsubishi Xpander Cross untuk pasar Indonesia memang menjadi sebuah kejutan tersendiri. Selain karena sosok Mitsubishi Xpander saja sudah berpotensi untuk ‘memakan’ pasar LSUV, kehadiran Mitsubishi Xpander Cross memperpanjang jajaran MPV yang didandani ala SUV dan masuk ke dalam kelas LSUV. Menariknya, mobil yang menjadi salah satu inisiator segmen ini berasal dari rekanan Mitsubishi melalui Nissan Livina (SWB) di tahun 2008, dan diikuti oleh versi Nissan Grand Livina di tahun 2013 silam.

Oke, mungkin beberapa dari kalian cukup teliti untuk melihat bahwa di tahun 2012 Daihatsu sudah memulai tren ini dengan menelurkan Daihatsu Xenia Attivo. Namun, ubahan pada Daihatsu Xenia Attivo nampak kurang ‘totalitas’, karena body cladding yang digunakan tidak terlalu menonjol. Walaupun begitu, skid plate silver di sisi depan dan belakang cukup menegaskan bahwa mobil tersebut adalah trim Attivo. Kembali ke Nissan, pada 2008 Nissan Livina alias versi SWB dari Nissan Grand Livina mendapatkan treatment ‘Crossoverisasi’ untuk menghadapi beberapa lawan baru di segmen tersebut seperti Suzuki SX-4 dan Nissan Juke.

Sayangnya, di generasi tersebut pihak Nissan belum mengaplikasikan treatment tersebut pada Nissan Grand Livina. Di facelift pada tahun 2013-lah pihak NMI akhirnya memberikan treatement ala Crossover pada Nissan Grand Livina. Langkah ini menjadikan mobil tersebut menjadi salah satu LMPV pertama yang didandani ala SUV, selain Daihatsu Xenia Attivo tadi. Menyusul kemudian muncul Chevrolet Spin Activ, Honda BR-V, dan Daihatsu Xenia Custom. Suzuki turut memperkenalkan Suzuki XL6 di India, dan Mitsubishi Xpander Cross menjadi yang teranyar di segmen ini. Lantas, dengan hadirnya Mitsubishi Xpander Cross, maka bagaimana peluang Nissan Livina X-Gear kembali?

Tentu ada, dan sangat mungkin untuk diwujudkan. Tentunya semua kembali ke pihak Nissan dan Mitsubishi, termasuk deal antara keduanya. Nampaknya, pihak Mitsubishi akan menikmati terlebih dahulu ‘kue’ di segmen LSUV ini, sama seperti kehadiran Mitsubishi Xpander yang lebih dahulu 2 tahun sebelum disusul oleh Nissan Livina. Nissan sendiri juga punya catatan positif dalam segmen SUV, karena pabrikan asal Jepang ini cukup dikenal di tanah air berkat Nissan X-Trail. Jadi, kita berharap saja pihak Nissan dan Mitsubishi bisa menemukan kata sepakat untuk mewujudkan versi crossover dari Nissan Livina alias si X-Gear Reborn.

Kalau menurut kalian bagaimana? Oiya, kami iseng saja membuat olah digital. Terima kasih untuk kang idhuy yang sudah meluangkan waktunya membuat olah digital tersebut.

Sumber:

Read Prev:
Read Next: