All New Nissan Z Rilis Tanggal 17 Agustus Mendatang

All New Nissan Z Rilis Tanggal 17 Agustus Mendatang
0  komentar

AutonetMagz.com – Sejak Nissan memperkenalkan Nissan NEXT Transformation Plan di tahun lalu, salah satu produk yang paling menarik perhatian adalah Nissan Z. Versi konsep dari mobil ini juga sudah diperkenalkan dalam bentuk Nissan Z Proto. Kehadiran Nissan Z Proto pun mendapatkan banyak apresiasi dari sejumlah petrolhead, karena mobil ini adlaah bukti bahwa Nissan masih menaruh perhatian pada segmen niche ini. Hampir setahun sejak Nissan memperkenalkan Nissan Z Proto ke publik, kini muncul sebuah teaser berupa video singkat yang memperlihatkan logo Nissan Z dan juga sebuah tanggal. Dan tanggalnya adalah 17 Agustus 2021.

Debut 17 Agustus, Di New York?

Mungkin, bagi beberapa orang di luar sana, tanggal tersebut dianggap biasa saja. Namun, kita semua tahu bahwa 17 Agustus adalah hari spesial untuk Indonesia. Sayangnya, Nissan Z tidak akan menjalani debutnya di Tanah Air. Besar kemungkinan Nissan Z terbaru akan menjalani debutnya di Amerika Serikat. Apalagi, tanggal tersebut cukup dekat dengan pelaksanaan New York International Auto Show (NYIAS) 2021 yang comeback di tahun ini. Nissan sendiri telah mengkonfirmasi keikut sertaan mereka di ajang ini, dan kami menduga, Nissan Z terbaru akan jadi pemeran utama di booth Nissan di NYIAS 2021. Hadirnya All New Nissan Z juga akan menjadi jawaban Nissan atas usia Nissan 370Z yang sudah terbilang uzur. Nissan 370Z sudah dijual sejak tahun 2008 silam, dan mendapatkan versi final di tahun 2020 kemarin. Artinya, tahun ini Nissan memang harus mengisi kekosongan yang ditinggalkan Nissan 370Z dengan produk baru. Dan jelas, All New Nissan Z adalah jawabannya. Akankah mobil ini bernama Nissan 400Z? Kita tunggu saja.

Mendekati jadwal debutnya, sejumlah informasi terkait All New Nissan Z juga muncul. Pertama adalah opsi mesin yang ditawarkan Nissan untuk mobil ini. All New Nissan Z akan menggunakan mesin 3.000cc V6 twin-turbo yang merupakan unit mesin yang sama dengan milik Infiniti Q60. Harapannya, mesin ini bisa membuat Nissan Z terbaru memiliki tenaga standar di atas 400 hp. Untuk urusan sistem gerak, sudah jelas All New Nissan Z akan menggunakan format RWD. Sedangkan masalah transmisi, Nissan akan menawarkan Nissan Z terbaru dengan transmisi manual sebagai standar. Sedangkan transmisi otomatis akan hadir sebagai opsional. Petrolhead banget kan? Tinggal bagaimana pricing yang akan diterapkan Nissan untuk mobil ini. Dan dalam hal ini, rumor pun berkembang. Kabarnya, Nissan Z generasi terbaru akan dijual mulai 34.995 US Dollar.

Rumor Harga di Bawah 500 Jutaan

Kalau dirupiahkan, maka harga jual Nissan Z terbaru ada di angka 496 jutaan Rupiah, angka yang jelas sangat menggiurkan untuk pecinta mobil sport. Eits, tapi ini baru sekedar rumor, bisa benar, bisa salah, bisa juga meleset. Rumor lain menyebutkan bahwa Nissan akan menawarkan sebuah paket peforma senilai 5.000 US Dollar atau setara 71 jutaan Rupiah yang meliputi beberapa komponen. Komponen yang masuk dalam paket peforma itu adalah rem Brembo, sway bar yang lebih tebal, sistem pendinginan yang lebih bagus, dan sejumlah fitur tambahan lainnya. Sepertinya Nissan akan all out untuk peluncuran All New Nissan Z ini. Mereka seolah ingin menunjukkan bahwa mereka masih peduli dengan segmen sport car dan pecintanya. Terutama disaat merk – merk lain melupakan segmen ini dan berfokus pada SUV dan elektrifikasi.

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: