Nissan X-Trail T33 Versi China : Akhirnya Pakai Mesin Turbo!

Nissan X-Trail T33 Versi China : Akhirnya Pakai Mesin Turbo!
0  komentar

AutonetMagz.com – Tahun lalu pihak Nissan telah memperkenalkan secara resmi generasi terbaru dari Nissan Rogue, atau yang lebih kita kenal dengan nama Nissan X-Trail. Mengusung kode body T33, Nissan X-Trail melakukan debutnya di negeri Paman Sam dengan ubahan masif dan juga mesin baru. Mesin QR25 yang selama ini identik dengan Nissan X-Trail pun sudah dimusiumkan, dan digantikan oleh mesin PR25 yang lebih modern. Penggunaan mesin ini memperlihatkan Nissan masih kekeuh dengan mesin n/a. Namun, sebuah informasi yang penting muncul dari China, dimana Nissan X-Trail T33 juga termonitor akan segera rilis, namun dengan mesin turbo.

Pakai Mesin Turbo & Sistem Gerak 4 Roda

Mengutip informasi via AutoHome, Nissan X-Trail T33 telah terpantau ada di China, dan nampaknya memang akan segera dirilis ke publik. Sebuah detail menarik ditemukan di emblem buritan Nissan X-Trail T33 versi China ini. Ada 2 emblem yang menarik perhatian, antara lain adalah “4×4-i” dan “300 VC TURBO”. Oke, kita akan bedah satu per satu. Pertama, untuk emblem “4×4-i” merujuk pada teknologi intelligent 4×4 milik Nissan. Sebenarnya, ini bukanlah teknologi yang baru, karena Nissan X-Trail T32 pun sudah menggunakan teknologi ini. Teknologi 4×4-i memanfaatkan fitur Yaw Movement Control untuk memastikan mobil bisa bermanuver dengan smooth dan meminimalkan gejala understeer ataupun oversteer. Sistem ini juga akan mengatur distribusi torsi saat mobil bermanuver dan berakselerasi di beberapa kondisi jalan. Jadi, Nissan X-Trail T33 versi China akan dijual dengan sistem gerak 4 roda ini.

Oke, kita bergeser ke emblem berikutnya. Ada 2 bagian penting dari emblem “300 VC TURBO”. Pertama, adalah angka 300 yang kami duga kuat adalah keluaran torsi dari mesin milik Nissan X-Trail T33 versi China. Sedangkan emblem ‘VC TURBO’ merupakan nama teknologi Turbo milik Nissan, singkatan dari Variable Compression Turbo. Apakah ini mesin baru? Tidak. Karena teknologi VC Turbo milik Nissan sudah dikembangkan sejak tahun 1998 silam. Beberapa mobil Nissan juga sudah memanfaatkan teknologi ini, seperti mesin KR20DDET milik Infiniti QX50 ataupun Nissan Altima. Untuk Nissan X-Trail T33 ini, nampaknya Nissan akan menggunakan opsi mesin 1.500cc 4 silinder dengan bantuan teknologi VC Turbo. Kombinasi ini dirasa paling pas untuk bersaing dengan beberapa rival bebuyutannya, apalagi Honda CR-V Turbo. Namun, beredar kabar juga kalau mesin yang digunakan bisa jadi 3 silinder. Mana yang benar? Biar waktu yang menjawab.

Persaingan Makin Ketat, Semua Berturbo!

Yang jelas, secara desain, Nissan X-Trail T33 di China masih sama persis dengan Nissan Rogue T33 di US. Wajah depannya sama persis, dengan grille V-Motion yang besar, dan di sisi samping ada velg yang identik. Selain kedua emblem di belakang, beda Nissan X-Trail T33 dengan Rogue T33 hanya pada penempatan emblem Dongfeng Nissan dan emblem X-Trail di buritan. Dengan hadirnya Nissan X-Trail bermesin Turbo, maka peta persaingan di segmen SUV akan makin ketat. Kalau nantinya Nissan X-Trail T33 masuk ke pasar Indonesia, maka jelas SUV di segmen yang dihuni mobil ini akan bersaing dengan mesin turbo. Kita harus ingat bahwa di segmen ini, ada Wuling Almaz dan DFSK Glory i-Auto yang menggunakan mesin serupa, selain Honda CR-V Turbo. Oiya, ada juga VW Tiguan Allspace yang juga mengusung konfigurasi serupa.

Jadi, apa tanggapan kalian, kawan? Sudah tak sabar berharap T33 masuk ke tanah air?

Read Prev:
Read Next: