Nissan : SUV Sporty Berbasis Z Selalu Menggoda

Nissan : SUV Sporty Berbasis Z Selalu Menggoda
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam 1 hingga 2 dekade terakhir, pasar SUV terus bertumbuh dan makin lama makin memakan segmen lain yang tergerus oleh jaman. Oleh karenanya, tak mengejutkan kalau segmen baru SUV terus bermunculan, mulai dari crossover, coupe SUV, dan banyak lainnya. Nah, ditengah euforia perkenalan Nissan Z Proto, pihak Nissan menyebutkan bahwa mereka selalu tergoda untuk membuat sebuah Nissan Z berubah menjadi sebuah SUV.

Pernyataan menarik ini disampaikan oleh salah satu pentolan dari Nissan, yaitu Ivan Espinosa. Espinosa yang merupakan Senior Vice President untuk Global Product Planning Nissan menyatakan pada CarAdvicebahwa selalu ada saja godaan untuk membuat sebuah SUV berbasis Nissan Z. Espinosa juga menambahkan bahwa mereka terus melakukan eksplorasi terhadap kemungkinan tersebut. “Kekuatan dari merk Z sangat besar, dan kenyataan ini menghadirkan potensi bagi kami untuk melakukan beberapa ide yang gila”, ujarnya. Walaupun sekilas ide ini cukup nyeleneh, namun masih ada kemungkinan Nissan akan merealisasikannya karena beberapa alasan.

Pertama, segmen SUV adalah segmen yang digemari dunia saat ini, dan Nissan tentu bisa memanfaatkan momen ini. Kedua, hubungan antara SUV dan peforma kini sudah bukan hal asing, banyak SUV kentjang yang sudah dijual di pasaran saat ini. Ide ini sendiri langsung mengingatkan kami pada sebuah SUV yang sempat dan masih dijual oleh Nissan. Yap, Nissan Murano, khususnya generasi pertama. Nissan Murano generasi pertama yang berkode Z50 memiliki beberapa elemen yang diambil dari Nissan Z pada jamannya yaitu Nissan 350Z. Lihat saja bentuk lampu depan dan belakangnya yang dicomot dari 350Z, dan juga mesin VQ35DE 3.500cc 245hp yang juga diambil dari Nissan 350Z.

Hanya saja, tentu kita tidak bisa serta merta menyebutkan bahwa Nissan Murano Z50 adalah 350Z versi SUV. Karena Nissan Murano Z50 pada kenyataanya menggunakan platform Nissan FF-L, sedangkan Nissan 350Z menggunakan platform Nissan FM. Bisa dikatakan bahwa SUV yang paling mendekati sosok Z versi SUV adalah Infiniti QX70 dan QX50 yang sama – sama menggunakan platform Nissan FM dan menggunakan mesin seri VQ Nissan. Ini membuktikan bahwa Nissan bisa – bisa saja kok membuat ide gila itu jadi kenyataan. Hanya saja, butuh biaya yang tidak sedikit. Dan kita tahu, kondisi Nissan masih belum sepenuhnya pulih pasca skandal Ghosn dan pandemi.

Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: