Nahloh, Mazda2 SkyActiv Jadi Toyota Yaris Sedan Terbaru!

by  in Mobil Baru&Toyota
Nahloh, Mazda2 SkyActiv Jadi Toyota Yaris Sedan Terbaru!
0  komentar
Toyota-Yaris-USA-Mazda2

AutonetMagz – Di Indonesia, Toyota yaris sedan lebih dikenal dengan nama Toyota Vios, dan untuk versi taksinya memiliki nama Limo. Di beberapa negara seperti Jepang, Timur Tengah, Australia, Eropa dan USA, Toyota Vios dikenal justru dikenal dengan nama Toyota Yaris Sedan. Pembaca setia AutonetMagz pasti tahu kalau Yaris versi Eropa dan Amerika memiliki wujud yang berbeda karena disesuaikan dengan selera negara tempat dijual, tapi bagaimana dengan Yaris Sedan?

Ternyata setelah hadirnya vakum beberapa tahun, Toyota kembali mengeluarkan Toyota Yaris sedan di Kanada dan Mexico, tapi kali ini Toyota rupanya tidak sekedar menambahkan buntut pada Toyota Yaris versi Amerika dan Eropa, namun mereka ternyata mengubah Mazda 2 Sedan dengan tampang depan ala Keen Look dan mengganti logo Mazda di setiap detail mobil ini.

Comparison-Toyota-Yaris-Sedan-vs-Mazda-2-SkyActivMeskipun memiliki basis yang sama, Toyota Yaris Sedan sangat mudah untuk diidentifikasi lewat wajah depannya yang sangat tajam berkat penggunaan desain “keen look”. Sekilas, wajah Yaris Sedan mungkin lebih mirip Ford Fiesta yang bercita-cita menjadi Aston Martin. Soal mana yang lebih baik dari segi tampilan, mungkin ini selera masing-masing ya, tapi menurut selera kami sepertinya masih lebih elegan Mazda2 SkyActiv.

Selain wajah, sepertinya tidak ada lagi yang diubah oleh Toyota, mesin yang digunakan masih mesin 1.500 cc yang sama dengan Mazda2 yang ada di Indonesia, namun tenaganya dipangkas menjadi 106 Ps tanpa penjelasan yang lebih jelas, tetapi kami yakin sekali mesin yang digunakan Yaris sedan sama persis dengan mesin yang digunakan oleh Mazda2 SkyActiv jika kita melihat gambar dibawah. Memang sih nggak ada logo VVT-i, tapi nggak mungkin juga Toyota mencomot logo SkyActiv pada mesin ini.

Engine-Toyota-Yaris-Sedan-vs-Mazda-2-SkyActivMasuk ke dalam interior, mobil ini tidak ada bedanya dengan Mazda2 SkyActiv kecuali pada emblem. Soal trim dan fitur jelas tidak begitu lengkap, eits bukan karena Toyota yah. Mohon dimaklumi saja kalau di Amerika mobil di kelas ini selalu tidak dilengkapi dengan fitur berlimpah, makanya menurut saya Indonesia cukup beruntung karena mendapatkan spesifikasi lengkap, bahkan di Mazda 2 Thailand pun tidak selengkap varian Indonesia dari segi fitur.

Toyota-Yaris-Sedan-interior-Mazda-2Selain dijual dalam bentuk Yaris Sedan, Mazda2 Sedan versi Amerika ini juga dikenal dengan nama Scion iA, karena memang beberapa orang Amerika agak gengsi pakai merek Toyota. Secara fitur dan spesifikasi, antara Toyota Yaris sedan dan Scion iA masih sama dan hanya berbeda emblem seperti Avanza-Xenia.

Kami mendoakan Toyota Yaris Sedan ini bisa laku keras di sana, karena jika laku keras, siapa tau Toyota Yaris Indonesia generasi berikutnya menggunakan basis yang sama dengan Mazda2, sehingga orang-orang yang ingin membeli Mazda2 tapi masih susah move on dari Toyota bisa terselamatkan. Dan resale valuenya lebih bagus juga pastinya. Setuju? Sampaikan opini kalian dalam kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Indra Rahman

    Wkwkwk…yaris yang tertukar..masi bagusan mazda 2 lah..tapi ane pake inova..hmm..?!@(#%$?

  • Aryo Wicaksono

    mudah-mudahan cepat masuk Indonesia
    mudah-mudahan cepat masuk Indonesia
    mudah-mudahan cepat masuk Indonesia

    please, TAM, masukin ke Indonesia!

    • Bullbull

      Please jadiin sibiru2 di indonesia..

    • Levi

      Boleh lah, jd kayak dibuat alternatif gt, salah satu diantara Vios dan Yaris Sedan dibuat taksi, jd satunya lg msh bs laku jadi entry level sedan

      • Oki Ngew

        Kalo buat taxi mending vios ah.. mazda kayaknya sempit banget. Entar supirnya kesenengen

        • ekkyfir

          Hahaha “kesenengan”

  • Levi

    Entah kenapa masih sulit mencerna bahasa desain keen look Toyota ?

  • putra

    Lah kan emang iya.. Vios sini sama sana beda. Tapi tetep lebih sedep dipandang vios indonesia ya ._.

  • nenn

    toyota bikin cewek cantik mazda2 jadi muka badut gitu.. njis butut pisan!!

  • Oki Ngew

    Bukannya udah lama ya? Kalo gak salah di kanada

    • Yang scion ia udah lama, yang yaris sedan baru baru ini bro

      • Oki Ngew

        Kayaknya yg yaris juga udah pernah dibikin artikelnya deh disini

  • Andy

    Klo di Amerika, sebagian org malu pake Toyota.. Klo di Indo?

    • ekkyfir

      Org indo bangga pake toyota karena “resale value” (bagi penggemar toyota)

      • njk888 nik

        Namun mereka nggak tau bahwa hari ini, justru nilai jual kembali ” Resale Value ” toyota salah 1 paling lemah iya di Indonesia (nggak di banding ama Ferrari gitu ya, kita bicara class yang sama). Silahkan cek di situs mobil123 dotcom, lihat minimal 5 iklan showroom pedagang mobkas, akan mulai sadar,

        Contoh, fortuner vnt 2012 aja udah banyak yang jual di bawah 300 juta. Padahal Santa Fe CRD 2012 (yang sering di gosipin jatuh), justru rata rata di jual 360-385 juta ! Jauh banget bedanya. Mazda CX-5 juga sama, meski di gosipin juga, ternyata nilai jualnya juga lebih tinggi banding fortuner. Silahkan cek sendiri.

        yaris juga kalah puluhan juta vs jazz. avanza sendiri juga udah nggak bisa ” untung lagi “, malah dengan usia yang sama, harga jual kembali avanza udah nyaris sama ama Nissan Evalia. Masih lebih tinggi mobilio dan ertiga.

        1 contoh lagi, silahkan cek sendiri, toyota rush 2014 harga jual kembalinya juga udah kalah ama Ford Ecosport. Jadi kalau masih ada orang yang bangga ama ” resale value ” toyota, ane mah cuman bisa ketawa ” Lo belum tau sih “….Belum cek dan recek. Masih pegang pikiran 15 tahun lalu..

        • turbo2an

          ini toyotaman, resale value yg suka main di forum sebelah ya? :v

          • njk888 nik

            Iya iya, seolah yang bisa buka situs mobil123 untuk cari tau info cuman dia….Dan orang Indonesia lain buta semua..

          • njk888 nik

            Kalau gitu ini pasti turboman di forum sebelah yang kerjaannya komporin orang modifikasi mesin diesel toyota sampai angka yang nggak realistis, tanpa bukti risikonya sampai kemana. 🙂 Lah designer toyota sendiri aja cuman berani jamin garansi mesin dengan spek torsi sekitar 250 Nm untuk D4D, tapi para anggota forum sebelah yakin mereka lebih pintar dari designer mesin toyota, yakin torsi diesel toyota bisa di modif sampai torsi gila gilaan, TANPA RISIKO untuk jangka entah sampai kapan.

            Kalau benar, idiot banget team toyota cuman berani garansi mesin dengan spek cuman 250 Nm. Coba tanya sendiri siapa sih yang lebih ngerti ? Orang toyota sendiri atau se-kelompok orang di forum sebelah yang claim nggak ada risiko modif mesin sampai angka edan.

          • HaHaHa

            Hahahaha, iya juga…
            Banggain HP sama torsinya gede, tapi bodinya innova itu bisa mampu nahan gak ya kalo lari kenceng?
            Downforcenya gak banget deh kayaknya

        • ekkyfir

          Wah ane blm nge cek harga2 mobkas lg, biasa nya liat mobkas antik, baru tau ane, akhir nya sebagian org udh kebuka mata nya mana yg berkualitas mana yg basic
          Thankyou bro info nya

    • Levy Pillar

      Tapi banyak juga loh prius disana

      • njk888 nik

        Karena beli hybrid di sono di kasih insentif pajak yang lumayan.

    • pescarolo

      Di sini sebagian juga malu kok pake Toyota. Tapi, definisi sebagian itu ga selalu mayoritas, bisa jadi minoritas.
      Kalo ngga, ga mungkin Toyota Camry jadi best selling sedan 2015 di sana.

  • lemu

    ini designer toyota kehabisan ide atau gmn sih? apa bayarannya kurang?

    • ekkyfir

      Desainer toyota sudah kehabisan ide buat desain yg sporty dan dinamis

  • ekkyfir

    Yaris yg tertukar?
    Boleh lah

  • papa kodok

    Tumben loe ngomongin harga jual kembali Nif….ngikutin selera Indonesia yang acuan buat beli mobil itu dari Kitab Harga jual kembali?

  • NAistheBest

    Yak ini namanya awal kerjasama yang emang direncanakan dari pertengahan 2015 toyota mazda, toyota memberikan teknologi HSD + mesin hidrogen dan mazda memberikan teknologi skyactive.

    • Teknologi skyactiv dan platform beberapa mobil juga… hehehe

  • joshua theo

    Desainnya kalo dari depan ama samping depan mirip mazda 2,toyota 86 samping mazda banget,interiornya kaya cuman ganti logo wkwkwk
    Hanya opini pribadi aja sih heheheh