Nahloh, Mazda2 SkyActiv Jadi Toyota Yaris Sedan Terbaru!

by  in Mobil Baru&Toyota
Nahloh, Mazda2 SkyActiv Jadi Toyota Yaris Sedan Terbaru!
0  komentar
Toyota-Yaris-USA-Mazda2

AutonetMagz – Di Indonesia, Toyota yaris sedan lebih dikenal dengan nama Toyota Vios, dan untuk versi taksinya memiliki nama Limo. Di beberapa negara seperti Jepang, Timur Tengah, Australia, Eropa dan USA, Toyota Vios dikenal justru dikenal dengan nama Toyota Yaris Sedan. Pembaca setia AutonetMagz pasti tahu kalau Yaris versi Eropa dan Amerika memiliki wujud yang berbeda karena disesuaikan dengan selera negara tempat dijual, tapi bagaimana dengan Yaris Sedan?

Ternyata setelah hadirnya vakum beberapa tahun, Toyota kembali mengeluarkan Toyota Yaris sedan di Kanada dan Mexico, tapi kali ini Toyota rupanya tidak sekedar menambahkan buntut pada Toyota Yaris versi Amerika dan Eropa, namun mereka ternyata mengubah Mazda 2 Sedan dengan tampang depan ala Keen Look dan mengganti logo Mazda di setiap detail mobil ini.

Comparison-Toyota-Yaris-Sedan-vs-Mazda-2-SkyActivMeskipun memiliki basis yang sama, Toyota Yaris Sedan sangat mudah untuk diidentifikasi lewat wajah depannya yang sangat tajam berkat penggunaan desain “keen look”. Sekilas, wajah Yaris Sedan mungkin lebih mirip Ford Fiesta yang bercita-cita menjadi Aston Martin. Soal mana yang lebih baik dari segi tampilan, mungkin ini selera masing-masing ya, tapi menurut selera kami sepertinya masih lebih elegan Mazda2 SkyActiv.

Selain wajah, sepertinya tidak ada lagi yang diubah oleh Toyota, mesin yang digunakan masih mesin 1.500 cc yang sama dengan Mazda2 yang ada di Indonesia, namun tenaganya dipangkas menjadi 106 Ps tanpa penjelasan yang lebih jelas, tetapi kami yakin sekali mesin yang digunakan Yaris sedan sama persis dengan mesin yang digunakan oleh Mazda2 SkyActiv jika kita melihat gambar dibawah. Memang sih nggak ada logo VVT-i, tapi nggak mungkin juga Toyota mencomot logo SkyActiv pada mesin ini.

Engine-Toyota-Yaris-Sedan-vs-Mazda-2-SkyActivMasuk ke dalam interior, mobil ini tidak ada bedanya dengan Mazda2 SkyActiv kecuali pada emblem. Soal trim dan fitur jelas tidak begitu lengkap, eits bukan karena Toyota yah. Mohon dimaklumi saja kalau di Amerika mobil di kelas ini selalu tidak dilengkapi dengan fitur berlimpah, makanya menurut saya Indonesia cukup beruntung karena mendapatkan spesifikasi lengkap, bahkan di Mazda 2 Thailand pun tidak selengkap varian Indonesia dari segi fitur.

Toyota-Yaris-Sedan-interior-Mazda-2Selain dijual dalam bentuk Yaris Sedan, Mazda2 Sedan versi Amerika ini juga dikenal dengan nama Scion iA, karena memang beberapa orang Amerika agak gengsi pakai merek Toyota. Secara fitur dan spesifikasi, antara Toyota Yaris sedan dan Scion iA masih sama dan hanya berbeda emblem seperti Avanza-Xenia.

Kami mendoakan Toyota Yaris Sedan ini bisa laku keras di sana, karena jika laku keras, siapa tau Toyota Yaris Indonesia generasi berikutnya menggunakan basis yang sama dengan Mazda2, sehingga orang-orang yang ingin membeli Mazda2 tapi masih susah move on dari Toyota bisa terselamatkan. Dan resale valuenya lebih bagus juga pastinya. Setuju? Sampaikan opini kalian dalam kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: