Perkenalkan Budd-e, Konsep Microbus Listrik Multifungsi Buatan Volkswagen

Perkenalkan Budd-e, Konsep Microbus Listrik Multifungsi Buatan Volkswagen
0  komentar
vw budd-e

AutonetMagz.com – Tobat dari kasus dieselgate, VW membuktikan wujud pertama langkah barunya dalam perbaikan citra merek. Adalah sebuah mobil listrik berbentuk microbus semisal VW Kombi yang kita kenal, dinamai Budd-e yang kalau diucapkan seperti kata “buddy” yang artinya “kawan”. VW yang satu ini tidak usah dikait-kaitkan dengan dieselgate, soalnya dia ini menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya.

vw budd-e interior

Berkat kemajuan teknologi quick charging, kawan yang satu ini hanya butuh 15 menit untuk diisi dari nyaris nol hingga maksimal 80% dalam metode pengisian daya cepat, sementara kalau mode normal, pasti habis berjam-jam. Meski begitu, jauh lebih baik daripada Mitsubishi i-MIEV yang butuh 30 menit untuk mencapai 80% dalam mode quick charging. Oh ya, karena dia punya 2 motor listrik masing-masing di depan dan belakang, secara teknis Budd-e ini berpenggerak AWD.

vw budd-e baterai

Motor listrik itu bertugas menjalankan keempat roda dengan daya dari baterai berkapasitas 101 kWh, dengan top speed hanya sekitar 150 km/jam. Pelan? Biar saja, ini kan bukan Mercedes Benz SLS AMG Electric Drive, Audi R8 E-Tron atau Tesla P85D, jadi kalau tidak kencang ya tidak masalah. Sebelumnya, mobil ini sangat multifungsi, tapi bukan multifungsi biasa seperti mobil keluarga yang ada di garasi anda sekarang.

vw budd-e powerstation

Maksud multifungsi bagi Budd-e adalah, dia bisa diifungsikan sebagai gardu listrik berjalan untuk menyalakan peralatan elektronik yang butuh energi listrik. Selain itu, segudang konektivitas membuat Budd-e bisa terhubung dengan smart home atau smart office sekalipun. Duh, benar-benar ya, makin hari mobil makin seperti laptop, bukan mobil lagi. Tapi karena mobil konsep ini untuk unjuk gigi dalam hal teknologi, maka sah-sah saja VW pamer segala hal itu.

vw budd-e rear

Budd-e sekarang sedang mejeng di gelaran CES 2016, dan VW berencana meloloskan Budd-e ke jalur produksi pada tahun 2017. Tenang saja, Budd-e tidak akan pakai mesin diesel yang bermasalah itu kok, melainkan pakai mesin bensin 4 silinder atau tetap pakai mesin listrik seperti konsepnya sekarang, tapi pastilah ada penyederhanaan desain. Sekilas saja, menurutmu Budd-e ini cakep nggak? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • dsainbar

    desainya ky di film film fiksi…

  • Ronny Rasdyantoro

    cakep! futuristic