Mobil Listrik Mazda Akan Rilis di 2020, Model Yang Sepenuhnya Baru

by  in Berita&International&Mazda
Mobil Listrik Mazda Akan Rilis di 2020, Model Yang Sepenuhnya Baru
0  komentar

AutonetMagz.com – Mazda dalam beberapa tahun terakhir nampak sangat getol untuk mengembangkan jajaran teknologi SkyActiv-nya, dan baru – baru ini berhasil meluncurkan mesin SkyActiv-X yang digendong oleh Mazda 3 generasi terbaru. Namun untuk urusan mobil listrik, merk yang disebut – sebut sebagai bimmer-nya Jepang ini nampak tak terlalu terdengar. Selain munculnya Mazda Axela Hybrid beberapa tahun lalu, dan kabar produksi mobil Hybrid di Thailand, nyaris tak terdengar kabar mengenai proyek mobil ramah lingkungan dari Mazda. Itu baru Hybrid, apalagi mobil listrik penuh.

Namun, walaupun tak ada kabar, bukan berarti pihak Mazda tak aware dengan kondisi tersebut. Karena, dari kabar terbaru menunjukkan bahwa ada keseriusan dari Mazda untuk membuat mobil listrik pertama mereka, dan akan diperkenalkan di tahun 2020 mendatang. Mengutip dari AutoCar, mobil listrik pertama dari Mazda ini akan menjadi mobil yang sepenuhnya baru, jadi tak akan menjadi tambahan varian dari model yang sudah ada. Pun begitu dengan basis produksinya, mobil listrik ini tak akan menggunakan basis dari mobil yang sudah ada. Nah, jikalau benar – benar dibangun from scratch, dan akan diperkenalkan di 2020, berarti pengembangan dari mobil tersebut jelas sudah berjalan saat ini.

Ikuo Maeda, bos desain Mazda, menyebutkan bahwa pihaknya tak ingin mobil ini nantinya terlihat ‘Terlalu Digital’. Hmm? Apa maksudnya? Jadi, Maeda-san lebih memilih untuk membuat desain mobil listrik pertama Mazda ini untuk bisa blend in dengan mobil – mobil Mazda lainnya, jadi tidak akan ada ‘kesenjangan desain’ karena mobil listrik punya desain lebih futuristis. Bos desain Mazda dari Eropa, Jo Stenuit pun sependapat. Beliau menyebutkan bahwa pihaknya tak ingin mobil listrik mereka bentuknya seperti ‘Kulkas’, seperti kebanyakan mobil listrik yang ada di pasaran sekarang. Nah, kabar mengenai mobil listrik ini sendiri mengingatkan kita pada munculnya kerjasama antara Mazda, Toyota dan Denso pada tahun 2017 silam terkait rancang bangun mobil listrik.

Bisa jadi, mobil ini dikembangkan dari hasil kerjasama ketiganya, toh sudah setahun bekerja sama. Namun, CEO Mazda Eropa, Jeff Guyton menyebutkan bahwa mobil listrik pertama miliknya bukanlah hasil kerjasama ini, karena mobil ini sudah dikembangkan sebelum adanya kerjasama diantara ketiganya. Sampai saat ini memang belum ada bocoran lebih dalam mengenai mobil listrik dari Mazda ini, apakah akan mengambil segmen terlaris saat ini yaitu SUV, atau malah masuk ke segmen hatchback maupun sedan. Namun yang jelas, proyek ini sedang berjalan dan membuat Mazda akan mendampingi merk – merk lainnya asal Jepang yang sudah berkecimbung di segmen mobil bertenaga listrik murni.

Jadi, apa tanggapan kalian mengenai kabar ini? Yuk sampaikan di kolom komentar di bawah ini.

Read Prev:
Read Next: