Alasan Mazda Pilih Isuzu Alih – Alih Ford & Toyota

by  in Berita&International&Isuzu
Alasan Mazda Pilih Isuzu Alih – Alih Ford & Toyota
0  komentar

AutonetMagz.com – Kemarin kita telah saksikan bersama kehadiran dari All New Mazda BT-50 di pasar Australia. Dan kehadiran mobil ini menggenapi 9 tahun penantian, karena sebelumnya mobil ini adalah kembaran dari Ford Ranger, dan kerjasama antara Ford dan Mazda di segmen tersebut sudah berakhir. Lantas, mengapa Mazda memilih Isuzu sebagai kompatriot barunya? Mengapa bukan Toyota?

Kita semua tahu bahwa Mazda juga memiliki kedekatan tersendiri dengan pihak Toyota. Terbukti dengan pabrik bersama yang didirikan di Amerika Serikat. Lantas, mengapa pihak Mazda tidak lebih memilih Toyota yang juga baru saja memperbaharui sosok D-Cab mereka yaitu Toyota Hilux? Nah, Pihak Mazda dalam rilis resminya menyatakan bahwa mereka sejatinya sudah berbicara dengan pihak Toyota terkait proyek All New Mazda BT-50. Namun, dari diskusi tersebut, keduanya menemukan bahwa daur hidup model Toyota di segmen ini tidak bisa sesuai dengan permintaan dari Mazda. Belum jelas dimana ketidaksesuaiannya, namun pihak Mazda berjanji akan membahasnya.

Mazda juga menyebutkan bahwa dipilihnya Isuzu juga sudah dikomunikasikan dengan pihak Toyota dan juga mantan kompatriot mereka yaitu Ford, Kita juga tahu bahwa Ford kini menggandeng VW untuk mengembangkan Ranger-Amarok di segmen yang sama. Nah, All New Mazda BT-50 sendiri tidak akan diproduksi di pabrik perakitan milik Mazda. Jadi, seluruh unit All New Mazda BT-50 adalah rakitan pabrik Isuzu di Thailand. Produksi sendiri sudah dimulai di paruh kedua tahun 2020 ini, dan setelah unit dirasa cukup akan langsung didistribusikan ke konsumen. Pihak Mazda sendiri tidak banyak berkomentar terkait produksinya, karena itu adalah ranah dari Isuzu.

Lantas, pertanyaan pamungkas, kenapa dirakit Isuzu? Kan Mazda juga punya pabrik? Mazda menjelaskan bahwa pihaknya ingin memperkuat pasar passenger dan SUV mereka dengan target mencapai 40 ribu unit per tahun yang akan diproduksi di AAT alias Auto Alliance Thailand. FYI, AAT adalah fasilitas perakitan hasil kerjasama Mazda dan Ford yang sebenarnya dialokasikan untuk memproduksi kendaraan komersial seperti Mazda BT-50. Nah, dengan dialihkannya produksi All New Mazda BT-50 ke pabrik Isuzu, maka Mazda bisa menggunakan fasilitas tersebut untuk memproduksi passenger car mereka termasuk SUV – SUV mereka.

Jadi, itulah alasan dibalik kehadiran All New Mazda BT-50 yang melibatkan Isuzu, termasuk mengapa Mazda tidak memproduksi sendiri. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: