Mazda RX-9 Berpotensi Pakai Mesin Rotary Hybrid AWD

Mazda RX-9 Berpotensi Pakai Mesin Rotary Hybrid AWD
0  komentar

AutonetMagz.com – Sepeninggal Mazda RX-8 Spirit R yang jadi edisi terakhir Mazda bermesin rotary, Mazda benar-benar berpikir keras bagaimana mereka bisa membuat mesin rotary dapat kesempatan hidup yang kedua saat ia lahir kembali. Soal berhasil atau tidak itu urusan nanti, yang penting usaha dulu. Berita soal kemunculan Mazda RX-9 beberapa tahun terakhir selalu timbul-tenggelam, khususnya setelah kemunculan konsep Mazda RX-Vision.

Kabar soal teknologi di balik Mazda RX-9 nampaknya kini timbul kembali. T’s Media dari Jepang telah menemukan paten yang didaftarkan Mazda berupa sistem penggerak mobil dengan formula sebagai berikut : Mesin rotary, kapasitor, motor listrik kecil, dan AWD hybrid. Motor listrik kecil yang tergambar di paten akan ditanam di dalam poros roda depan, dan ia akan mendapat tenaga dari kapasitor dan baterai lithium ion yang kecil, hanya 3,5 kWh. Ada juga 1 motor listrik untuk roda belakang.

Karena ukurannya sangat kecil, jangan harap kalau motor listrik ini tenaga dan torsinya bakal besar-besar amat. Desain ini sebenarnya agak rumit, karena ada 3 inverter buat masing-masing motor listrik kecilnya (2 depan, 1 belakang). Baterai lithium ion kecil di skema ini dipasang di tengah-tengah mobil, sehingga Mazda harus meletakkan girboksnya di as roda belakang. Konfigurasi penempatan girboks di belakang ini juga dipakai mobil performa tinggi lain seperti Ferrari, Porsche dan Nissan GT-R.

Keuntungan penempatan girboks belakang adalah bisa memberikan distribusi bobot yang lebih merata dan seimbang, Kalau melihat sketsa mesinnya, sebenarnya Mazda mendaftarkan lebih dari 1 sketsa mesin. Ada yang bentuknya ringkas seperti mesin rotary yang kita kenal dan ada juga mesin yang digambarkan punya 2 cylinder bank berbentuk huruf V, alias kita kenal dengan mesin V.

Mazda memang sedang mengerjakan sebuah mesin 6 silinder segaris baru, tapi seingat kami Mazda belum punya produk road legal bermesin V. Mungkin saja Mazda baru mendaftarkan paten ini buat jaga-jaga, apalagi mereka punya seabrek produk baru yang sedang digodok seperti Mazda 6 baru. Jujur sih, kalau RX-9 pakai teknologi rotary hybrid ini, bakal memberi warna baru di kancah mobil sport. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: